Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rekomendasi Kuliner Surabaya dari Menteri Pariwisata

“Saya kangen dengan masakan Suroboyoan kulinernya maknyus, dan itu saya temukan salah satu tempatnya di sini,” kata Arief sesuai siaran pers yang diterima KompasTravel, Sabtu (9/2/2019).

Arief pernah bertugas di Surabaya saat dirinya menjadi Kepala Divisi Regional 5 Telkom Jawa Timur. Beberapa kuliner kesukaannya adalah penganan khas lokal yang rata-rata sulit ditemukan di kota lain selain Surabaya.

Contoh makanan yang disukai Arief adalah Iwak Pe atau mangut ikan pari seperti ikan mangut di Jawa Tengah. Kemudian ada Lorjuk khas Madura, bentuknya menyerupai kerang bambu dan disiram dengan kuah segar layaknya soto.

"Semuanya enak. Kalau ke Surabaya, jangan lupa wisata kuliner yang khas dan enak-enak,” kata Arief.

Selama kunjungan kerja ke Subaya dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2019, Arief juga menyempatkan diri berkunjung ke salah datu destinasi wisata yakni Museum House of Sampoerna.

Musem House of Sampoerna menempati bangunan bergaya Indies yang dibangun pada 1858 dan saat ini menjadi situs bersejarah yang dilestarikan.

Koleksi museum merangkum cerita tentang keluarga pendiri sampai melihat dari dekat proses penggulungan rokok yang masih dilakukan secara manual dalam produksi rokok Dji Sam Soe.

Di halaman museum terparkir sebuah bus berwarna merah khusus untuk mengantarkan pengunjung yang ingin berkeliling Kota Surabaya. Di sini pengunjung akan ditawarkan agenda keliling Surabaya gratis yang dikemas dalam acara Surabaya Heritage Track. (*)

https://travel.kompas.com/read/2019/02/09/160300427/rekomendasi-kuliner-surabaya-dari-menteri-pariwisata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke