Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pecinta Makanan Manis, Begini Kisah Penemuan Gula...

Bicara mengenai makanan manis tentu tak dapat dilepaskan dari pembahasan mengenai gula, bahan utama penghasil rasa manis. Namun, tahukah kamu bagaimana asal-usul ditemukannya gula?

Sejarah gula ini dapat kamu ketahui ketika berkunjung ke De Tjolomadu, bekas pabrik gula di Solo, Jawa Tengah yang kini dimanfaatkan menjadi museum. Di De Tjolomadu, ditampilkan silsilah panjang ditemukannya tebu hingga pengolahan tebu menjadi gula.

Menurut silsilah tersebut, tanaman tebu atau yang memiliki nama latin Saccharrum officinarum diperkirakan berasal dari wilayah Pasifik Selatan dan pertama kali ditemukan di Papua Nugini.

“Beberapa literatur menyebutkan bahwa tebu diperkirakan sudah ada sejak 8.000 SM. Pada masa itu masyarakat mengonsumsi tebu hanya dengan cara menyesap batangnya,” isi keterangan dalam silsilah tersebut.

Dalam silsilah itu disebutkan, catatan mengenai gula pertama kali disinggung dalam teks kuno Budhagosa yang ditulis di India sekitar tahun 500 SM. Pada masa-masa itu pengolahan tebu menjadi gula sudah disebutkan.

Dalam teks tersebut, dikatakan bahwa cita rasa manis gula membuat Raja Darius yang merupakan raja dari Kerajaan Persia mengatakan bahwa tanaman tebu merupakan “batang rerumputan yang menghasilkan madu tanpa lebah”.

Kemudian sekitar abad ke 283 SM dari India pengetahuan mengenai gula menyebar ke China bersamaan dengan ajaran Buddha. Hingga abad ke-11 gula telah menyebar ke wilayah Mediterania hingga Eropa.

“Pada abad ke-15 gula dibawa masuk ke Nusantara oleh pedagang dari Cina,” isi dalam silsilah tersebut.

Hingga pada tahun 1830 sistem tanam paksa berlaku di Hindia Belanda. Tebu menjadi salah satu komoditas utama. Saat itu pabrik gula mulai dibangun.

Barulah pada tahun 1861 untuk pertama kalinya nusantara memiliki pabrik gulanya sendiri yang diberi nama De Tjolomadu. Pabrik gula ini dibangun oleh pemerintahan Mangkunegaran IV.

Dari sejarah panjang itu, kini manisnya gula dapat dengan mudah kita rasakan.

https://travel.kompas.com/read/2019/06/07/190100927/pecinta-makanan-manis-begini-kisah-penemuan-gula-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke