Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Gempa Banten, Kemenpar Sebut Wisata Kepulauan Seribu Aman dari Potensi Tsunami

"Sejauh ini aman, tidak termasuk dalam daerah terdampak gempa yang dirilis oleh BMKG, namun BMKG juga menghimbau semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan, tentunya informasi Kemenpar juga merujuk ke MBKG sebagai instansi resmi penanganan bencana," kata Guntur saat dihubungi KompasTravel, Jumat (2/8) malam.

Guntur mengatakan saat ini BMKG telah mencabut peringatan dini tsunami akibat gempa di Banten. Ia juga mengimbau wisatawan untuk tetap tenang dan tak terpengaruh isu-isu yang tidak benar.

"Pemerintah tetap hadir memberi informasi resmi, jangan terpengaruh isu isu yang tidak benar. Tetap utamakan keselamatan sebelum memutuskan untuk berwisata, jangan berpikir untung rugi dulu," ujar Guntur.

Langkah terdekat saat ini yang bisa dilakukan adalah memitigasi dan mencegah dampak dari bencana gempa. Guntur juga mengimbau wisatawan untuk terus memperbaharui informasi resmi dari instansi penanggulangan bencana.

"Dalam kondisi saat ini wajar semua pihak meningkatkan kewaspadaan, utamakan dulu keselamatan. Saat ini semua informasi dapat kita up date di semua lini," tambahnya.

Sebelumnya, ratusan wisatawan membatalkan liburan ke Kepulauan Seribu, Jakarta untuk keberangkatan Sabtu (3/8) pagi pasca-gempa bermagnitudo 7.4 berpusat di 147 km barat daya Sumur, Banten.

Wisatawan khawatir gempa di Banten menimbulkan tsunami hingga Kepulauan Seribu.

Sejumlah biro perjalanan juga berharap Badan Metereologi Klimatologi Geofisika (BMKG) memberikan informasi tentang status keamanan Kepulauan Seribu dari potensi ancaman tsunami.

Hal itu menyusul banyaknya pembatalan wisatawan untuk berlibur ke Kepulauan Seribu.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di akun Twitter miliknya mencatat, gempa berpusat di 7.54 LS,104.58 BT, 147 km barat daya Sumur, Banten dengan pusat di kedalaman 10 km.

Awalnya, BMKG menyebut gempa di Banten berpotensi tsunami. Dalam perkembangannya, BMKG telah mencabut peringatan dini potensi tsunami akibat gempa Banten.

https://travel.kompas.com/read/2019/08/02/234328727/ada-gempa-banten-kemenpar-sebut-wisata-kepulauan-seribu-aman-dari-potensi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke