Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siap-siap, Bintan Akan Kembali Gelar Triathlon "Ironman 70.3"

KOMPAS.com – Bintan kembali menjadi tuan rumah untuk event sport tourism bertaraf internasional lomba triathlon, Ironman 70.3. Namun kali ini, pesertanya ditenggarai bakal lebih membludak.

Pasalnya, sebanyak 882 peserta dari 55 negara sudah mendaftarkan diri dalam kompetisi olahraga yang akan digelar pada Minggu (25/8/2019) mendatang. Jumlah ini pastinya masih terus bertambah.

“Karena target kami adalah 1.200 peserta,” papar Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau, Buralimar.

Ketua Tim Pelaksana Calendar of Event Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty membenarkan bahwa kegiatan Ironman 70.3 selalu dibanjiri peserta.

Itu dibuktikan dengan meningkatnya jumlah peserta tahun 2018 dari tahun sebelumnya.

Bahkan Eshty semakin optimis, karena para atlet yang ambil bagian dalam Ironman 70.3 kali ini pun berasal dari negara yang terbilang tidak main-main dalam olahraga triathlon.

Sebut saja Singapura, Indonesia, Australia, Great Britain, Filipina, Japan, India, Prancis, New Zealand, dan Amerika Serikat.

Menariknya, 34 persen peserta yang teregistrasi adalah wajah-wajah lama alias peserta lomba tahun lalu.

Sisanya adalah para peserta baru, yang mengaku mengetahui event tersebut lewat email, mesin pencarian Google, media sosial Facebook dan Instagram, serta dari rekan satu tim.

Di sisi lain, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan untuk mendatangkan banyak wisatawan mancanegara ke event sport tourism ini caranya adalah lewat promosi.

“Dalam sport tourism, hal terpenting adalah hadiah. Namun itu juga tidak ada artinya jika promosi tidak dilakukan dengan benar,” tegasnya.

Beruntungnya, lanjut Arief, Bintan sudah mengetahui strategi guna mempromosikan event tersebut.

“Sebagai border area, Bintan menyasar peserta asal Singapura dan Malaysia. Apalagi di sana banyak ekspatriat. Ini yang membuat event mereka selalu ramai,” pungkasnya.

https://travel.kompas.com/read/2019/08/13/110151227/siap-siap-bintan-akan-kembali-gelar-triathlon-ironman-703

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke