Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Liburan ke Flores, Cobalah Mampir ke Air Terjun Ngabatata

Air terjun ini terletak di Desa Rendu Butowe, Kecamatan Aesesa Selatan, Kabupaten Nagekeo, Flores.

Lokasi Air Terjun Ngabatata dari Ibukota Kabupaten Nagekeo, Mbay berjarak sekitar 20 kilometer dan bis ditempuh dalam waktu sekitar dua jam. Kondisi jalan juga masih banyak berlubang.

Kamu tak perlu ragu untuk berkunjung ke Air Terjun Ngabatata. Letih melintasi jalan jauh dan rusak akan terbayar begitu tiba di kawasan Air Terjun Ngabatata.

Sebelum memasuki air terjun ini, kamu harus berjalan kaki sejauh dua kilometer. Melintasi jalan itu, kamu bakal dimanjakan dengan alam sekitar yang begitu indah. Angin bertiup sepoi-sepoi menemani perjalanan menuju bibir Air Terjun Ngabatata.

Dari ketinggian 83 meter, aliran air jernih keluar dari bukit pelan-pelan turun membasahi dinding tebing bebatuan. Percikan air yang meluncur dari bukit itu seolah seperti sedang menyapa wisatawan.

Keindahan alam yang sekitar yang asri membuat para pengunjung terasa betah berada di tempat ini.

Suasana di tempat ini juga sangat sejuk dan tenang. Jauh dari kebisingan membuat para pengunjung bisa lupa pulang.

Selain menikmati alam yang begitu indah, kamu juga bisa berenang menikmati segarnya air yang keluar dari hutan asli pegunungan. Apalagi jika kamu datang bersama keluarga dan sahabat.

Di bawah air terjun ini juga, pengunjung bisa berswafoto ria dengan latar air terjun jernih dan alam sekitar yang asri nan hijau.


Pesona yang indah dan menakjubkan membuat para wisatawan lokal selalu memilih air terjun Ngabatata sebagai tempat rekreasi di akhir pekan.

Tak sedikit pula wisatawan asing yang sudah pelisir menyaksikan pesona air terjuan ini. Semuanya mengaku takjub dengan pesona alam Air Terjun Ngabatata.

Di balik pesona alam yang begitu memesona, pengelolaan Air Terjun Ngabatata ini secara serius. Padahal, belum ditata saja, sudah banyak wisatawan berkunjung ke tempat ini.

"Pemandangan di sini sangat indah. Apalagi suasananya sejuk dan tenang. Tempat ini cocok untuk tempat rekreasi di akhir pekan dan hari libur," ujar Arton, seorang pengunjung kepada Kompas.com, Minggu (13/10/2019).

Ia mengungkapkan, meski belum ditata baik, pesona air terjun Ngabatata tetap memikat hati para wisatawan. Itu dibuktikan dengan banyak wisatawan mancanegara yang sudah mengunjungi air terjun itu.

"Belum ditata saja sudah ramai dikunjungi. Apalagi kalau sudah ditata. Pasti tempat ini ramai diserbu wisatawan," ungkap Arton.

Arton berharap Pemerintah Kabupaten Nagekeo agar memerhatikan akses jalan dan menata obyek wisata itu demi kenyamanan para wisatawan yang hendak berkunjung.

"Saya pikir, air terjun Ngabatata ini salah satu aset wisata yang luar biasa Nagekeo. Kalau perlu secepatnya ditata baik," ujar Arton.

https://travel.kompas.com/read/2019/10/16/180000327/liburan-ke-flores-cobalah-mampir-ke-air-terjun-ngabatata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke