Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Makanan Khas Natuna, Wajib Coba Saat Liburan di Sana

Berikut ini delapan makanan khas Natuna yang wajib kamu coba langsung jika liburan di Natuna:

1. Tabel Mando

Bentuknya bulat besar dan agak pipih. Bahannya merupakan campuran dari berbagai makanan laut seperti daging ikan tongkol, ikan tuna, kepiting, atau bahkan gurita.

Setelahnya, dicampur dengan sagu butir dan kelapa muda parut yang gurih. Cara masaknya mirip dengan martabak, menggunakan sedikit minyak dan dipanggang hingga matang.

3. Latoh Silong

Latoh Silong sedikit unik. Biasanya disajikan dalam bentuk mentah, mirip dengan lalapan segar dari Sunda. Latoh Silong sendiri merupakan tumbuhan laut yang juga sering disebut anggur laut. Biasanya disajikan dengan sambal. Bentuknya mirip rumput laut berwarna hijau.

4. Calok

Jika suka pedas, kamu bisa mencoba penganan ini. Calok merupakan sejenis sambal yang dibuat dari udang kecil. Rasanya pedas segar, biasa disajikan bersamaan dengan ikan asap atau ikan salai dan juga lalapan segar.


5. Pedek

Pedek atau pedok juga merupakan sejenis sambal. Bedanya, bukan dibuat dari udang layaknya calok tapi dibuat dari ikan bilis atau teri yang diasinkan. Biasanya masyarakat Natuna memakan pedek bersamaan dengan lalapan dan mangga mentah.

6. Kercak

Jika kamu penyuka sup ikan, kercak bisa jadi pilihan. Kercak merupakan sejenis gulai atau pindang ikan dengan kuah bening berwarna kekuningan.

Pembuatannya bisa menggunakan ikan jenis apapun yang dicampur dengan sayur serta bumbu dan rempah. Pembeda kercak dengan gulai atau pindang ikan lain adalah penggunaan sagu butir.

7. Kuah Tiga

Kuah tiga jadi makanan khas Natuna sejak lama. Disebut kuah tiga karena selain gulai ikan yang berkuah, ada juga tiga makanan lainnya yang disajikan bersamaan. Ada sagu butir, singkong rebus, dan parutan kelapa.

8. Lempar

Lempar berbentuk agak panjang dan dibungkus daun pisang. Terdapat dua macam lempar, yang terbuat dari parutan ubi kayu dan beras ketan. Isinya sama-sama abon ikan pedas.

Pembuatannya dengan cara dipanggang sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan berasap. Lempar paling enak jika disantap saat masih panas.

https://travel.kompas.com/read/2020/02/03/190700627/8-makanan-khas-natuna-wajib-coba-saat-liburan-di-sana

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke