Salin Artikel

Resep Lakso Khas Bangka, Bisa Dibikin di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu kuliner khas Bangka yang memiliki adonan berbentuk seperti mi dengan tekstur lembut dan kenyal adalah lakso.

Biasanya, lakso dihidangkan dengan campuran tauge, potongan daun bawang, dan perasan jeruk kunci.

Kamu juga bisa tambahkan sedikit sambal dan potongan daging ayam suwir agar rasanya semakin nikmat.

Bila ingin menikmati lakso, kamu bisa membuat sendiri di rumah. Bahan lakso mudah ditemukan, cara membuatnya pun cukup mudah.

“Bahan-bahan lakso terdiri dari tepung beras 500 gram, tepung sagu 600 gram, air 1.400 ml, dan garam 1 sdm,” kata Cook Supervisor Novilla Boutique Resort, Melianty, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (10/3/2020).

Setelah adonan yang berwarna putih tersebut hampir matang, diamkan hingga setengah dingin sebelum dicampur dengan tepung sagu yang telah disiapkan.

Adonan kemudian diaduk kembali hingga kalis. Selanjutnya, timbang adonan hingga lebih kurang masing-masing 350 gram dan dibentuk bulat hingga siap cetak.

“Air yang sudah disiapkan direbus hingga mendidih. Cetak adonan langsung di atas air mendidih seperti pembuatan cendol. Setelah adonan mengapung, angkat dan rendam di dalam air matang hingga dingin. Setelah adonan dingin, tiriskan,” kata Melianty.

Membuat kuah lakso

Langkah selanjutnya adalah membuat kuah lakso. Bahan-bahan yang disiapkan antara lain adalah ikan sebanyak 300 gram yang telah direbus dan digiling halus dan bumbu halus.

Bumbu halus yang digunakan terdiri dari bawang merah sebanyak 14 siung, bawang putih 6 siung, jahe dan lengkuas masing-masing 2 ruas, kunyit 4 ruas, dan kemiri 4 butir.

“Lalu siapkan juga santan kental 400 ml, air sebanyak 1.200 ml, serai 2 batang dan digeprek, garam 3 sdt. Tambah msg ½ sdt, dan gula 2 sdm,” tutur Melianty.

Tahap pertama dalam membuat kuah lakso adalah seluruh bahan-bahan bumbu dihaluskan kecuali serai. Kemudian, tumis hingga harum.

Setelah itu, tuangkan air dan santan. Jangan lupa untuk masukkan garam, penyedap rasa bila diperlukan, dan gula.

Lalu, masukkan ikan yang sudah digiling. Aduk rata semuanya hingga mendidih, kemudian matikan api.

“Sajikan lakso dengan kuah. Biasanya lakso akan lebih sedap dihidangkan dengan bawang goreng dan sambal terasi,” tutur Melianty.

https://travel.kompas.com/read/2020/03/19/183200827/resep-lakso-khas-bangka-bisa-dibikin-di-rumah

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.