Salin Artikel

Lembang Wonderland, Tempat Wisata Hits dan Instagramable di Bandung

KOMPAS.com – Saat berlibur ke Lembang di Kabupaten Bandung Barat, ada salah satu tempat wisata yang patut dikunjungi, yakni Lembang Wonderland.

Tempat wisata di Bandung ini sudah buka sejak 22 Juni 2020. Selain banyak spot Instagramable, tempat wisata tersebut menawarkan berbagai macam atraksi wisata unik yang bisa dinikmati wisatawan.

"Lembang Wonderland sebagian besarnya tempat foto outdoor, untuk kegiatan semuanya sudah berjalan," kata Pengelola Lembang Wonderland, Faturocks, kepada Kompas.com, Senin (10/8/2020).

Salah satu atraksi foto di sanaadalah area Snow Village. Mengutip Instagram resminya, wisatawan bisa melihat salju turun dalam beberapa jam sekali.

Tidak hanya itu, area tersebut juga telah didekorasi sedemikian rupa sehingga wisatawan akan benar-benar merasa seperti sedang berada di Kutub Utara.

Pihak tempat wisata menyediakan beberapa bangunan transparan berukuran kecil menyerupai iglo. Saat bermain di zona Snow Village, wisatawan bisa berswafoto ria di sana sembari bermain salju.

Kendati seluruh kegiatan sudah berjalan, Faturocks menuturkan, beberapa hiburan khusus pada akhir pekan masih dilakukan secara terjadwal dan tidak rutin.

"Hiburan khusus weekend seperti kabaret, pertunjukan, dan lain-lain masih terjadwal. Tidak bisa rutin setiap weekend seperti biasa," ungkap Faturocks.

"Biasa pertunjukan sebelum pandemi ada Live Music, Cabaret Show, The Greatest Showman, Dance, dan Magic Show," lanjutnya.

Selain zona Snow Village, pengelola tempat wisata juga menyediakan area wisata lainnya yang tidak kalah unik yaitu Sweet Field, Magic Forest, dan Taman Ice Cream.

Ketiga area wisata tersebut sangat ramah anak sehingga wisatawan yang membawa anak kecil tidak perlu khawatir.

Berikut keunikan dari masing-masing area wisata Lembang Wonderland yang telah Kompas.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (8/8/2020).

  • Area Sweet Field

Di Sweet Field, pihak tempat wisata menyediakan area dalam ruangan yang memiliki balon udara, serta kolam mandi bola yang terdapat perahu di dalamnya.

Kendati demikian, kolam mandi bola tidak seperti tempat wisata pada umumnya. Sebab, Lembang Wonderland memiliki sebuah area seperti sungai kecil yang dijadikan kolam mandi bola.

Saat bermain di sana, mungkin anak-anak akan merasa seperti sedang mengarungi sungai bola dalam dunia fantasi yang unik.

Suasana yang didesain agar memberi kesan seperti sedang berpetualang dalam dunia kurcaci mungkin akan membuat si kecil merasa senang.

Meski lebih ditujukan bagi anak-anak, namun keunikan suasana Sweet Field membuatnya terlihat Instagramable. Kamu bisa berswafoto ria di sana dengan latar belakang dan obyek-obyek unik yang ada.

Untuk berkunjung ke Sweet Field, pihak tempat wisata mengimbau agar wisatawan tetap menggunakan kaus kaki.

  • Area Magic Forest

Di Magic Forest, pengunjung bisa melihat berbagai macam rumah pohon dengan tema dan desain unik. Jika berkunjung ke sana, kamu akan memiliki banyak sekali spot foto unik yang Instagramable.

Adapun beberapa tema dari rumah pohon yang ada adalah tema tarzan, pisang, dan dasar laut. Setiap rumah pohon pun menawarkan dekorasi bagian luar yang berbeda satu sama lain.

Selain memiliki deretan rumah pohon yang unik, jalur dalam Magic Forest terbilang cukup menarik lantaran dihiasi oleh gambar pepohonan.

Lampu-lampu yang menghiasinya pun ada yang berbentuk bunga. Jika berkunjung di malam hari, wisatawan akan merasa seperti tengah berjalan-jalan dalam dunia dongeng.

Sementara jika berkunjung pada siang hari, wisatawan akan merasa seperti sedang berjalan di atas sungai yang mengitari pulau dengan rumah-rumah pohon.

  • Area Taman Ice Cream

Saat berkunjung ke Taman Ice Cream, mungkin ada baiknya wisatawan makan es krim terlebih dahulu agar tidak merasa lapar.

Sebab, area tersebut dipenuhi dengan berbagai patung es krim warna-warni yang terlihat nyata. Hal tersebut mungkin akan membuatmu merasa ingin makan es krim pada saat itu juga.

Sama seperti area lain dalam Lembang Wonderland, hampir setiap sudut Taman Ice Cream menawarkan spot Instagramable.

Mulai dari miniatur es krim, permen raksasa, hingga kolam ikan mainan, wisatawan bisa berfoto sambil bermain tangkap ikan dengan asyik.

Protokol kesehatan Lembang Wonderland

Sebelum berkunjung, ada baiknya wisatawan pahami terlebih dahulu protokol kesehatan yang diterapkan di Lembang Wonderland agar liburan semakin aman dan nyaman.

Adapun protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh pengunjung seperti yang tertera dalam Instagram resminya adalah sebagai berikut:

  1. Wajib menggunakan masker.
  2. Wajib cek suhu tubuh.
  3. Wajib sterilisasi di box yang sudah disediakan.
  4. Wajib mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer yang sudah disediakan.
  5. Jangan lupa selalu jaga jarak.

Faturocks menambahkan, wisatawan yang berasal dari luar area Jawa Barat (Jabar) bisa berkunjung ke Lembang Wonderland.

Adapun wisatawan non-Jabar yang dimaksud antara lain adalah masyarakat Jawa Tengah, Banten, dan DKI Jakarta.

"Wisatawan KTP Jawa Barat dan sekitarnya boleh masuk. Untuk Jawa Timur kita sedang dalam anilsa dan sedang dikaji," tutur Faturocks.

Harga tiket Lembang Wonderland

Lembang Wonderland terletak di Jalan Raya Lembang No. 177, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Harga tiket masuknya adalah Rp 35.000 per orang. Anak dengan tinggi di bawah 80 cm bisa masuk tanpa biaya. Dengan harga tersebut, wisatawan bisa berkunjung ke seluruh area.

Jika pengunjung ingin bermain di area Carnival Games dan Carousel, mereka harus membayar Rp 25.000 pada setiap permainan yang ada.

Jam operasionalnya adalah mulai pukul 10:00 – 18:00 WIB setiap Senin – Kamis. Sementara pada Jumat mulai pukul 10:00 – 19:00 WIB, dan Sabtu – Minggu mulai pukul 10:00 – 20:00 WIB.

Cara menuju Lembang Wonderland

Cara menuju Lembang Wonderland yang paling mudah adalah dari Alun-alun Lembang. Jarak tempuhnya adalah 1,8 km dengan waktu tempuh sekitar 9 menit menggunakan mobil.

Dari Alun-alun Lembang, wisatawan hanya perlu berjalan ke arah SMPN 1 Lembang sebelum belok kanan pada belokan dekat Rumah Makan Rusnia Minang.

Selanjutnya, kamu hanya perlu berjalan lurus mentok sebelum belok kanan ke arah Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Buah Hati.

Usai melewati RSIA Buah Hati, kamu bisa berjalan lurus mentok sebelum belok ke arah kiri dan belok kanan pada perempatan setelah Hotel Pelangi.

Setelah belok kanan, wisatawan bisa langsung belok kanan kembali sebelum sampai ke Lembang Wonderland.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu dengan mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

https://travel.kompas.com/read/2020/08/11/180700827/lembang-wonderland-tempat-wisata-hits-dan-instagramable-di-bandung

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.