Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rute dan Harga Tiket Bukit WIsata Pulepayung Yogyakarta

KOMPAS.com – Bukit Wisata Pulepayung berlokasi di Soropati, RT.007/RW.003, Hargotirto, Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta.

Tempat wisata ini sempat diperbincangkan di Instagram lantaran menawarkan wisata malam yang menarik, juga beragam aktivitas asyik yang patut dicoba.

Rute menuju Pulepayung Yogyakarta

Jika ingin berkunjung ke sana, kamu bisa memulai perjalanan dari Alun-alun Yogyakarta. Jarak tempuhnya adalah 34,3 kilometer atau sekitar 1 jam 4 menit menggunakan mobil.

Dari sana, kamu hanya perlu berjalan ke arah Pulo Cemeti di Jalan Polowijan dan belok kanan di belokan kedua dekat tempat wisata tersebut menuju Jalan Ngasem melewati Gerbang Jagasura, atau barat Alun-alun Utara.

Tidak jauh dari gerbang Keraton adalah perempatan. Ambil belokan ke kiri menuju Jalan H. Agus Salim dan tetap berjalan lurus mentok sebelum ambil belokan ke kanan melewati Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Rachmi.

Selanjutnya, kamu hanya perlu berjalan lurus mentok dan ambil belokan ke kiri melewati Jembatan Serangan dan Museum Bahari Yogyakarta.

Tetap berjalan lurus mentok mengikuti jalur hingga akhirnya tiba di sebuah jalur besar. Ambil belokan ke arah kiri dan tetap berjalan lurus mengikuti jalur tersebut.

Kulineran di pinggir jalan

Jika merasa lapar, kamu tidak perlu khawatir lantaran jalur besar tersebut memiliki sejumlah warung makan di sisi kanan dan kirinya.

Kendati demikian, agar lebih mudah, berhentilah di tempat makan di sisi kiri jalur. Salah satu yang bisa dikunjungi adalah Sate Tongseng Gule Tengkleng dekat Halte Transjogja Gamping.

Ada juga Soto Sapi Sabar, Wachid Degan, Bakso Marem, RM Padang Shenur Raso, dan Warung Berkah Ayam Geprek.

Lanjutkan perjalanan usai perut kenyang

Setelah mengisi perut agar tidak merasa lapar sepanjang perjalanan, kamu bisa lanjut berjalan lurus mengikuti jalur besar hingga melewati Jembatan Bantar dan Sungai Progo.

Setelah melewati jembatan, terus berjalan lurus mengikuti jalur besar melewati SMP Negeri 1 Sentolo dan Pecel Lele Lamongan Bumi Pitu.

Tidak jauh dari rumah makan tersebut adalah Pos Polantas Perempatan Ngelo. Belok kanan di perempatan dekat pos tersebut menuju Jalan Sentolo – Brosot.

Ikut jalan tersebut dan tetap berada di jalur hingga melewati Balai Desa Sentolo. Setibanya di pertigaan besar, belok kiri ke Jalan Pengasih dan tetap berjalan lurus di jalur tersebut.

Selanjutnya, tetap berjalan lurus melewati GKJ Kalipenten, Sate Kelinci Pak Gundul, dan Mie Ayam Pak Wakit.

Dari Mie Ayam Pak Wakit, kamu akan melihat pecahan jalan. Ambil jalur ke kanan dan tetap berada di jalur tersebut hingga menemui pecahan jalan. Ambil jalur kanan menuju Jalan Jembatan Clereng.

Di jalur tersebut, tetap berjalan lurus melewati Karst Tubing Kaliserang Kulonprogo dan Purnama Swalayan. Dari toko tersebut, tetap berjalan lurus hingga menemui pecahan jalan.

Belok kiri ke Jalan Dipowono hingga tiba di SD Negeri Widoro. Sekolah tersebut berada di pertigaan. Ambil belokan ke arah kanan dan tetap berjalan lurus hingga bertemu dengan pertigaan besar.

Pada pertigaan tersebut, belok kanan dan ikuti jalur hingga melewati SD Muhammadiyah Girinyono, Wisata Kalibiru, dan tetap berada di jalur Jalan Kalibiru – Clapar.

Kamu hanya tinggal berjalan lurus terus mengikuti jalur hingga tiba di Bukit Wisata Pulepayung.

Harga tiket Bukit Wisata Pulepayung

Tempat wisata tersebut buka setiap hari mulai pukul 08:00 – 21:00 WIB. Harga tiket masuknya adalah Rp 10.000 per orang. Jika ingin berfoto-foto ria di sejumlah spot yang ada, berikut rincian biaya yang harus dibayar:

  • Spot Angkasa: Rp 15.000 per orang belum termasuk foto
  • Flying Fox: Rp 30.000 per orang termasuk tiga file foto
  • Jembatan Syurga dan ayunan: Rp 10.000 per orang belum termasuk foto
  • Sepeda Langit: Rp 25.000 per orang termasuk tiga file foto
  • Spot Lolipop: Rp 10.000 per orang belum termasuk foto

Apabila ingin foto menggunakan jasa foto yang disediakan tempat wisata, kamu bisa merogoh kocek tambahan yakni Rp 3.000 per file foto.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu dengan mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

https://travel.kompas.com/read/2020/09/30/145000427/rute-dan-harga-tiket-bukit-wisata-pulepayung-yogyakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke