Salin Artikel

10 Kegiatan Virtual untuk Dilakukan Bersama Pasangan di Hari Valentine

KOMPAS.com – Di masa pandemi seperti ini, mungkin kamu masih sedikit takut untuk merayakan Valentine di luar rumah seperti biasa.

Jangan khawatir, selain makan malam mewah atau liburan romantis, kamu juga masih bisa merayakan Valentine bersama pasangan secara virtual.

Ada beragam kegiatan virtual yang bisa kamu coba bersama pasangan. Kamu bisa berjalan-jalan keliling dunia, ke destinasi macam Verona yang jadi rumah cerita romantis Romeo-Juliet, bermain escape room, nonton bareng, hingga trivia night.

1. Tur ke rumah Romeo-Juliet

Kamu pasti kenal dengan cerita romantis-tragis dari Romeo dan Juliet. Kamu dan pasangan bisa mengunjungi Verona, Italia, yang jadi setting untuk cerita karya Shakespeare tersebut lewat tur virtual ini.

Seperti dilansir dari Los Angeles Time, tentu saja Romeo dan Juliet sebenarnya adalah cerita fiksi dan tidak benar-benar pernah berjalan-jalan di jalanan kota tersebut.

Namun, tetap saja. Ahli kota Verona bernama Marina Sorina akan mengajakmu ke Casa di Giulietta atau yang dikenal juga sebagai Rumah Juliet. Tak itu saja, kamu juga akan diajak mengunjungi Piazza delle Erbe dan Scaliger Tombs.

Bagi para pencinta literasi, tur tersebut juga memasukkan satu bagian tentang Dante dan waktu yang ia habiskan di Verona.

Tiket untuk tur langsung selama satu jam harganya 13.99 dollar AS atau sekitar Rp 195.000. Kamu dan pasangan juga bisa memesan tur privat jika ingin lebih personal.

2. Museum Kisah Cinta

Kota Dubrovnik di Kroasia tak hanya punya Old Town dan tur Game of Thrones yang fenomenal. Di sana juga terdapat Museum Kisah Cinta yang menawarkan pameran mitologi romantis dari Dubrovnik Lama, serta sejarah di balik lagu cinta yang terkenal.

Kamu tak perlu bepergian jauh-jauh ke sana. Kamu dan pasangan masih bisa berinteraksi dengan Museum Kisah Cinta. Caranya adalah mengirimkan surat cinta pribadimu. Jika beruntung, surat tersebut bisa ditampilkan sebagai salah satu koleksi museum.

Siapa tahu nantinya jika pandemi sudah mereda dan kamu berkesempatan datang langsung ke sana, kamu bisa melihat kisah cintamu diabadikan lewat koleksi museum.

3. Tur virtual museum

Kencan ke museum memang jadi salah satu aktivitas klasik. Beberapa museum di dunia juga menawarkan pengalaman tur virtual yang bisa kamu coba bersama pasangan.

Seperti dilansir CNet, kamu bisa menemukan berbagai macam tur di akun YouTube museum-museum di seluruh dunia. Ada satu series, sebagai contoh, yang menampilkan slideshow banyak karya seni penting yang ada di Prado Museum di Madrid, Spanyol.

Selain di YouTube, kamu juga bisa mengikuti walking tour dari Museum Louvre di Paris, Perancis atau Museum Sejarah Nasional Smithsonian.

Google Arts and Culture juga menawarkan sejenis pengalaman virtual interaktif dari banyak museum.

Tergantung dari penawaran apa yang ditampilkan setiap museum, kamu bisa melihat koleksi-koleksi tersebut seakan-akan seperti menggunakan Google photo milikmu sendiri.

Kamu dan pasangan juga bisa melihat pameran online, lengkap dengan informasi latar belakang karya seni tersebut.

Jika kamu dan pasangan tidak bisa melakukannya di tempat yang sama, kamu bisa coba melakukan sinkronisasi atau berbagi layar. Sehingga kamu dan pasangan bisa melihat karya seni yang sama pada waktu yang sama.

Dilansir dari Parade, kamu juga bisa melakukan virtual tur tentang para wanita NASA di National Women’s History Museum atau mempersiapkan peluncuran digital dengan aplikasi Space Center Houston.

Kamu dan pasangan bahkan bisa mengambil tur stasiun ruang angkasa internasional dengan tur NASA berikut.

 


4. Nonton rekaman konser

Bagi kamu dan pasangan yang pencinta musik, sekarang mungkin masih tidak mungkin menonton konser secara langsung. Namun, kamu bisa mengakalinya dengan menonton rekaman konser legendaris yang bisa diakses gratis di YouTube atau situs lainnya.

Misalnya, penampilan Radiohead di Lollapalooza pada 2016, atau Billie Eilish di Music Midtown tahun 2019, serta masih banyak lagi.

Jika tak mau berkomitmen menonton sesuatu yang terlalu lama, kamu bisa mengunjungi akun YouTube NPR dengan seri Tiny Desk Concert mereka. Di mana penampilannya lebih pendek.

5. Membuat karya seni

Bagi kamu para jiwa kreatif, bisa mencoba melakukan proyek seni yang dilakukan bersama pasangan. Baik secara langsung atau pun via video call.

Kamu bisa menggunakan alat seni apa pun yang kamu miliki di rumah. Cukup tentukan hal apa yang mau kamu gambar atau lukis.

Kamu dan pasangan bisa meniru gambar yang ada di Google, atau bahkan mencetak lembar mewarnai untuk dewasa. Misalnya dari Crayola yang menawarkan lembar mewarnai gratis untuk dewasa.


6. Escape room

Ingin tahu sebaik apa kamu dan pasanganmu menyelesaikan masalah? Kamu bisa coba escape room virtual.

Escape room, yang biasanya dilakukan secara langsung, adalah sebuah skenario yang mendorong pemainnya untuk bisa memecahkan masalah untuk bisa keluar dari ruangan tertentu.

Kamu akan ditempatkan di sebuah ruangan dan harus mengikuti berbagai petunjuk. Biasanya bekaitan dengan situasi fiksi, dalam waktu yang terbatas. Namun kini, kamu bisa melakukan aktivitas tersebut secara virtual.

Misalnya, Perpustakaan Umum Peters Township di McMurray, Pennsylvania. Mereka membuat ruangan bertemakan Harry Potter menggunakan Google Docs.

Jika kamu mencari tantangan yang lebih besar, The Escape Game juga menawarkan escape room virtual dengan berbagai tema dan harga yang beragam.

7. Nonton bareng

Layanan macam Teleparty, sebuah ekstensi yang bisa dipasang di Google Chrome memungkinkan kamu untuk melakukan sinkronisasi terhadap layanan streaming milikmu dan pasanganmu.

Memungkinkan kalian untuk menonton film yang sama di waktu yang bersamaan. Selain itu, di bagian sisinya pun terdapat kolom chat yang bisa dipakai untuk berbincang sepanjang film berlangsung. Jadi benar-benar seperti nonton bareng, walaupun hanya virtual.

Jika kamu ingin berkomunikasi tak hanya lewat chat saja, kamu juga bisa menggunakan platform seperti Discord yang memungkinkanmu untuk berbicara langsung lewat suara. Alternatif mudahnya, kamu bisa menonton sambil melakukan telepon dengan pasangan.

 


8. Main game online

Ada banyak game online yang bisa dimainkan bersama. Beberapa di antaranya adalah Animal Crossing, Tabletopia, Table Top Simulator, hingga permainan di Jackbox Games yang bisa dilakukan screen-sharing.

Jika ingin sesuatu yang lebih tradisional, kamu bisa mencoba permainan semacam Battleship. Permainan tersebut hanya memerlukan kertas dan pulpen saja.

Kamu juga bisa mengerjakan teka teki silang. The Washington Post, misalnya, memungkinkanmu untuk mengirimkan sebuah link teka teki silang pada temanmu.

Sehingga kamu bisa mengerjakan teka teki silang yang sama, di waktu yang sama, dengan gratis. New Yorker juga memiliki “mode partner”, jika kebetulan kamu berlangganan layanan mereka.

9. Melihat binatang

Kamu dan pasangan pencinta binatang? Kamu bisa coba melihat binatang-binatang yang lucu. Seperti dilansir Parade, beberapa kebun binatang dunia menyediakan fasilitas live cam untuk menunjukkan kondisi para binatang secara virtual.

Misalnya, adalah Kebun Binatang San Diego. Ada pula tur virtual lantai-per-lantai di National Aquarium yang terkenal di Baltimore, Maryland.

10. Trivia night

Trivia night selalu jadi malam yang menyenangkan untuk dilalui bersama pasangan. Kamu bisa coba melakukannya secara langsung.

Cukup ambil selembar kertas, pensil, dan buka situs Random Trivia Generator untuk menemukan berbagai pertanyaan seputar fakta menarik yang benar-benar acak. Cukup perhatikan pertanyaan tersebut, dan tulis jawabannya.

Ketika semua jawaban sudah muncul, orang yang memiliki jawaban benar terbanyak adalah pemenangnya.

https://travel.kompas.com/read/2021/02/14/073100927/10-kegiatan-virtual-untuk-dilakukan-bersama-pasangan-di-hari-valentine

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.