Salin Artikel

Kopi Tubing, Svargabumi-nya Bogor dengan Kegiatan River Tubing

KOMPAS.com – Kabupaten Bogor menambah deretan tempat wisata dengan adanya Kopi Tubing di Kecamatan Pamijahan yang konsepnya mirip Svargabumi Borobudur.

Marketing Kopi Tubing Novia mengatakan, Jumat (26/2/2021), wisatawan tidak hanya bisa ngopi sambil menikmati pemandangan, tetapi juga melakukan kegiatan river tubing di sana.

“Kita ada dua lokasi (wisata) dalam satu wilayah. Ada resto, ada river tubing untuk wahana air. Kalau mau masuk ke area river tubing harus lewat pintu masuk Kopi Tubing,” tuturnya kepada Kompas.com.

Awalnya, pihak Novia berencana untuk membuat Cikuluwung River Tubing terlebih dahulu. Namun karena kafe-kafe di pinggir sungai saat itu belum ada, pihaknya pun turut serta membangun Kopi Tubing.

Novia menambahkan, pembangunan Kopi Tubing pun lantaran saat ini sedang marak tempat makan di dekat sungai di sejumlah daerah.


Punya banyak spot foto

Bagi yang hendak berkunjung ke tempat makan tersebut, kamu tidak perlu khawatir karena kegiatan wisata di sana tidak hanya sekadar makan-makan dan bermain river tubing.

“Banyak spot foto, ada di berbagai area. Dari atas, pemandangan gunung dapat. Pemandangan alam. (Juga) foto-foto di depan restoran dengan konsep Instagramable,” kata Novia.

Salah satu spot foto atau dapat dikatakan sebagai fitur ikonik dari Kopi Tubing yang kerap menarik perhatian pengunjung adalah area sawah.

Sebab, area tersebut memiliki sejumlah dek bulat dengan tempat duduk yang menyerupai ayunan gantung, sepasang bangku dan meja kecil, serta kursi santai dihiasi payung-payung berwarna putih.

“Yang di sawah konsepnya ala Svargabumi Borobudur. Tapi orang malan lebih menyangka konsep kita ke Ubud,” jelas Novia.

Menurut dia, sejauh ini spot foto tersebut adalah yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan, terlebih saat padi sedang berwarna hijau dan menawarkan pemandangan yang bagus.

Lalu, spot foto lainnya adalah area pinggir sungai, area sungai, serta area bean bag yang menghadap langsung ke area persawahan.

Ada juga spot semi-outdoor di bawah pepohonan rindang, serta jalur-jalur kecil di area sawah yang dapat dijadikan sebagai tempat berfoto.

“Pemandangannya ke sungai. Ada juga spot foto di dalam restoran yang memiliki hiasan tanaman rambat,” kata dia.

Apabila wisatawan ingin coba foto tematik, saat ini pihak tempat nongkrong kekinian tersebut menyediakan paket foto tematik ala petani dengan kisaran harga sekitar Rp 30.000-Rp 45.000.

Harga yang ditawarkan tergantung apakah hasil foto akan dicetak, berbentuk file, atau dicetak dan berbentuk file. Namun dengan nominal tersebut, pengunjung sudah dipinjami properti seperti topi ala petani.


Bisa makan di mana saja

Bagi sebagian orang, nama tempat wisata ini mungkin membuat mereka mengira bahwa menu yang dihidangkan hanya seputar kopi.

Namun, Kopi Tubing menawarkan beragam pilihan menu yang dapat dicicipi oleh wisatawan seperti Nasi Goreng Seafood, Kwetiaw, Beef Burger, Sausage Korea BBQ, dan Gurame Salad Mangga.

Ada juga Sapi Dalam Kelapa, Ayam Dalam Nanas, Brokoli Saus Tiram, Singkong Goreng, Dimsum, Pisang Bakar, Brownies Ice Cream, Banana Split, Cheese Cake, dan Es Kopi Susu Tubing.

Kemudian Caramel Latte, Cube Coffee, Afogato, Red Velvet, V60, Vietnam Drip, Americano, Mojito Mint Tea, Lemongrass Tea, Banana Smoothies, Milkshake Oreo, dan Strawberry Squash.

Harga menu di Kopi Tubing berada pada kisaran Rp 6.500-Rp 75.000 yang dibagi menjadi kategori Rice & Noodles, Western Foods, dan Indonesian Foods.

Ada pula Appetizer, Dessert, Ice Coffee & Latte, Tea, Juice & Other, Smoothies, Milkshake, dan Soda.

“Kita ada dua kasir. Konsumen ke restoran dan pesan, langsung di antar. Tapi menu-menu makanan berat hanya untuk di dalam restoran. Di outdoor, ada satu kasir lagi hanya untuk menu terbatas dalam kemasan sekali buang,” kata Novia.

Bagi yang ingin menikmati makanan ringan sambil jalan-jalan keliling area Kopi Tubing, Novia menuturkan bahwa hal tersebut dapat dilakukan.

Bahkan, wisatawan juga boleh makan sambil duduk-duduk di pinggir sungai atau di sawung semi-outdoor yang menghadap ke sungai. Namun saat melakukan pemesanan di kasir kedua, mereka tidak boleh bepergian dan harus menunggu.

“Makan dekat sungai boleh, asal pesanan kita antar dulu. Konsumen isi nomor meja. Sebelum kanan datang, jangan beranjak dulu karena itu (nomor meja) jadi patokan pelayan. Kasihan nanti pelayan kami bingung,” ujar dia.

Namun, Novia mengatakan bahwa area sawah hanya untuk foto-foto saja dan pengunjung tidak boleh makan di meja kecil yang ada dalam salah satu dek bulat di spot foto tersebut.


River tubing dengan pendamping

Wisatawan tidak harus melakukan river tubing hanya untuk bermain atau berfoto-foto di pinggir sungai. Namun, mereka hanya diizinkan jika keadaan sungai sedang aman dan arus tidak terlalu deras.

“Kalau keadaan tidak aman, konsumen tidak boleh ke bawah karena bahaya. Kita tutup. Kalau keadaan sedang oke dan ada petugas yang mengawasi, itu boleh,” tutur Novia.

Namun, wisatawan yang turun ke sungai akan dibatasi sekitar 20-30 orang saja agar pengawasan yang dilakukan para petugas lebih mudah dilakukan.

Sementara itu jika ingin river tubing, terdapat dua paket yang bisa dipilih yaitu Fun Ride dan Adventure Ride.

“Fun Ride biasanya anak-anak. Jaraknya 100 meter dan dua kali balik, harganya Rp 55.000 per orang,” ujarnya.

Apabila arus sungai sedang santai, para pemandu river tubing biasanya melatih anak-anak agar mereka berani untuk turun ke sungai.

“Anak kami biarkan pakai pelampung main di sungai. Untuk Fun Ride bisa satu orang peserta saja,” sambung Novia.

Selanjutnya, Adventure Ride harganya adalah Rp 127.000 per orang untuk minimal enam orang peserta. Makin banyak peserta, lanjut dia, maka harga per orang makin murah.

Dalam paket untuk orang dewasa tersebut, pihak Kopi Tubing akan mengajak mereka mengarungi jalur sepanjang 800 meter-1 kilometer.

“Untuk Adventure Ride, pemesanan minimal tiga hari sebelum kedatangan karena kita harus cek jalur dan keamanan. Kalau ada Adventure Ride, tim kita survei dulu jalurnya supaya aman saat mengarungi sungai,” ucap Novia.

Kopi Tubing terletak di Jalan Gunung Menir, Ciasihan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Tempat wisata tersebut buka setiap Senin-Kamis pukul 09.00-20.00 WIB dan Jumat-Sabtu pukul 08.00-21.00 WIB.

Harga tiket masuk Kopi Tubing adalah Rp 50.000 dalam bentuk voucher yang bisa ditukar dengan makanan atau minuman, atau kegiatan river tubing. Namun, anak berusia di bawah lima tahun bisa masuk gratis. Informasi lebih lanjut, kunjungi akun Instagram @kopitubing.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

https://travel.kompas.com/read/2021/02/28/170500427/kopi-tubing-svargabumi-nya-bogor-dengan-kegiatan-river-tubing

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.