Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga Menu dan Rute Kala Cemara Bandung, Ada Minuman ala Harry Potter

KOMPAS.com - Kala Cemara merupakan kafe baru dengan konsep outdoor di Bandung. Kafe yang lokasinya berada di kawasan di Horison Greenforest Bandung ini menawarkan sejumlah menu menarik.

Pemilik dan Pendiri Kala Cemara, Titanium mengatakan, menu yang disajikan Kala Cemara merupakan hidangan lokal yang memberikan rasa nyaman serta bahagia bagi penikmatnya, atau dikenal sebagai comfort food. Namun, adapula menu-menu kekinian yang sudah familiar di lidah konsumen.

“Kami menyesuaikan dengan comfort food lokal, jadi kalau di sini kami menjualnya seperti soto, sop iga bakar, rice box dan lain-lain, jadi lebih ke comfort food masyarakat,” ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (11/02/2022).

Titanium menuturkan, menu andalan Kala Cemara adalah soto susu Lembang. Ini adalah soto sapi dengan susu Lembang yang disajikan bersama nasi hangat, emping, dan sambal. Menu ini dipatok dengan harga Rp 42.000 per porsi.

“Karena di sini tempatnya dingin, maka cocok untuk makan soto yang hangat-hangat pakai susu Lembang yang segar jadi pas sekali,” jelas Titanium.

Selain soto susu Lembang, Kala Cemara juga memiliki menu lainnya, seperti aneka mi, seperti mi ayam, mi bakso, mi ekstra pedas, mie kari, dan beef noodle. Harga aneka mi adalah di rentang Rp 28.000 per porsi hingga Rp 48.000 per porsi.

Lalu, ada pula aneka makanan berkuah seperti cuankie Bandung, soto Bandung, soto ayam, sop daging sapi, sop buntut, iga bakar madu, sop iga goreng sambal ijo, dan sop buntut bakar madu. Aneka makanan berkuah ini harganya mulai dari Rp 34.000 hingga Rp 78.000 per porsi.

Kala Cemara juga menawarkan berbagai menu rice bowl, seperti ayam saus wijen, ayam sambal bawang, Japanese chicken curry, sapi cabe ijo, spicy cajun beef bowl, beef curry rice, mozzarella beef, beef bulgogi, dan lainnya. Harga rice bowl ini di rentang Rp 38.000 hingga Rp 58.000 per porsi.

Bagi pengunjung yang mencari kudapan, Kala Cemara juga menyediakan makanan ringan seperti bola-bola keju, sayap ayam, kentang goreng, keripik singkong, nachos, tahu walik, cireng, pisang goreng, dimsum, dan lainnya. Harga makanan ringan di Kala Cemara berkisar mulai dari Rp 28.000-Rp 52.000 per porsinya.

Untuk minumannya, Titanium menuturkan menu favorit pelanggan adalah butterbeer ala film Harry Potter. Meskipun namanya beer, namun minuman ini tidak mengandung alkohol. Satu porsi minuman butterbeer dibanderol Rp 35.000.

“Satu minuman unggulan yang konsumen banyak sukai ada butterbeer, tampilannya seperti beer tapi sebetulnya non alkohol,” ujarnya.

Selain butterbeer, Kala Cemara memiliki pilihan minuman lain bagi pelanggan yakni strawberry cheesecake latte, cookie monster, London fog, oreo cheesecake latte, watermelon loops, matcha cream cheese, mango cheesecake latte, kala berry, popcorn latte, aneka mocktail non alkohol, aneka float, aneka kopi, teh, dan sebagainya.

Harga minuman pun beragam, mulai dari Rp 15.000-Rp 35.000 per porsi. Jika kamu berminat mencicipi aneka menu di Kala Cemara, bisa datang langsung ke kafe ini tanpa proses reservasi.

Kala Cemara berada di Jalan Sersan Bajuri No.102, Cihideung, Parongpong, Bandung Barat. Lokasinya masih satu kawasan dengan Horison Greenforest Bandung, jadi cukup mudah ditemukan.

Pada hari kerja, Kala Cemara buka dari pukul 15.00-21.00 WIB. Sedangkan, pada akhir pekan pada pukul 09.00-21.00 WIB.

Pemilik dan Pendiri Kala Cemara Yonathan Chandra menyarankan untuk berkunjung pada hari kerja karena jumlah pengunjung lebih sedikit sekitar 100 orang. Sedangkan, pada akhir pekan jumlah pengunjung bisa mencapai 400 orang.

Namun, meksipun ramai pada akhir pekan, pengunjung tidak akan berdesakan karena kapasitas maksimal Kala Cemara adalah 600 orang.

Yonathan menuturkan, pihaknya juga telah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat sesuai dengan anjuran pemerintah.

“Ada pemindaian PeduliLindungi, lalu setiap tenda kami sediakan hand sanitizer, dan tempat cuci tangan kami tambahkan, serta kapasitas pengunjung dibatasi,” terangnya.

Dari Kota Bandung, misalnya Gedung Sate, jaraknya sekitar 12,1 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang lebih 35 menit.

Dari Gedung Sate, pengunjung bisa mencari jalan menuju jembatan layang Pasupati, kemudian turun ke arah exit Cihampelas.

Saat berkendara di Jalan Pasteur, tetaplah pada jalur kanan untuk kemudian belok ke Kalan Pasar Kaliki dan melanjutkan perjalanan ke Jalan Sukajadi, hingga bertemu Jalan Sersan Bajuri.

Sepanjang perjalanan, wisatawan akan menemui Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Farm House Lembang. Memasuki kawasan Horison Greenforest Bandung, lokasi Kala Cemara berada dalam area tersebut.

Pengunjung tak perlu khawatir mengenai akses jalan maupun penerangan jika berkunjung malam hari. Pasalnya, akses jalan Kala Cemara semuanya aman meskipun di malam hari.

“Aksesnya masih memungkinkan, karena Jalan Sersan Bajuri lumayan ramai jadi aman, dan lokasi kami tidak masuk gang, jadi masih menyambung akses dari jalan utama tersebut,” terang Yonathan.

https://travel.kompas.com/read/2022/02/20/160628827/harga-menu-dan-rute-kala-cemara-bandung-ada-minuman-ala-harry-potter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke