Salin Artikel

Libur Sekolah, Tempat Wisata di Gunungkidul Diimbau Ketat Prokes

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kunjungan wisata ke Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diperkirakan meningkat selama libur sekolah seperti saat ini.

Terkait situasi tersebut, Dinas Pariwisata (Dinpar) Kabupaten Kabupaten Gunungkidul mengingatkan agar protokol kesehatan tetap diterapkan secara ketat terhadap pengunjung.

Meski demikian, peningkatannya disebut tak setinggi saat periode libur panjang.

"Ada peningkatan kunjungan, tapi tidak setinggi saat long weekend atau hari libur keagamaan," kata Kepala Dinpar Gunungkidul, Muhammad Arif Aldian saat dihubungi wartawan melalui sambungan telepon, Minggu (26/06/2022).

Ia menambahkan, sejak pelonggaran aturan Covid-19 dan penerapan PPKM Level 1, destinasi wisata bisa menampung hingga 100 persen pengunjung atau sama seperti sebelum pandemi.

Sementara penyelenggaraan acara masih harus melalui koordinasi dengan kepolisian dan satgas Covid-19.

"Kami juga berkoordinasi dengan asosiasi wisata, pokdarwis, hingga SAR terkait penerapan protokol kesehatan," kata Arif.

Senada, Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty juga mengingatkan potensi peningkatan kasus karena berbagai acara sudah mulai diselenggarakan kembali dan masyarakat mulai melonggar dalam menerapkan protokol kesehatan.

Selain menggunakan masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak, Dewi juga mengimbau agar masyarakat yang belum divaksin lengkap segera datang ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkannya.

"Tinggal datang (faskes) dan menunjukkan kartu identitas," kata dia.

Data Dinkes saat ini ada 5 kasus aktif dan terbaru dilaporkan Jumat (24/06/2022).

https://travel.kompas.com/read/2022/06/26/190400327/libur-sekolah-tempat-wisata-di-gunungkidul-diimbau-ketat-prokes

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.