Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Waspada Penipuan Paket Umrah, Periksa Dulu 3 Hal Ini

KOMPAS.com - Beberapa tahun terakhir sempat muncul sejumlah kasus penipuan berkedok biro perjalanan umrah yang menawarkan paket-paket murah di bawah harga pasaran. Kasus penipuan ini pun masih sering terjadi hingga saat ini.

  • Visa Turis Bisa untuk Umrah, Tak Berlaku bagi Jemaah Indonesia
  • Sejarah Shafa dan Marwah, Dua Bukit dalam Ibadah Haji dan Umrah

Oleh sebab itu, berikut sejumlah tips yang Kompas.com rangkum untuk menghindari penipuan sejenis ke depannya.

3 hal yang diperhatikan agar tidak tertipu paket umrah

1. Cek perizinan

Hal pertama yang harus dipastikan adalah perizinan operator perjalanan selaku Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) yang terdaftar di Kementerian Agama (Kemenag).

"Lihat izin dari travel operator tersebut, sudah berizin atau belum karena untuk umrah itu ada ijin dari Kemenag namanya PPIU," kata Direktur Operasional Tazkia Tours and Travel, Dian Aristia, saat ditemui Kompas.com dalam Kompas Travel Fair 2022, Sabtu (10/9/2022).

2. Cek lama operasionalnya

Selanjutnya calon jemaah bisa menilai sudah berapa lama penyedia jasa itu beroperasi.

Menurut Dian, kepercayaan muncul dari pengalaman. Hal ini juga sejalan dengan ulasan pelanggan-pelanggan yang pernah menggunakan jasa tersebut sebelumnya.

Terakhir, calon jemaah diimbau untuk teliti soal perbandingan harga paket yang ditawarkan dengan memperkirakannya secara manual menurut harga tiket pesawat, tarif akomodasi, dan pengurusan dokumen yang diperlukan untuk umrah.

Selain itu, jangan mudah tergiur dengan iming-iming tiket murah.

"Harus teliti juga, harga semurah itu cocok atau tidak, pas atau tidak bila dilihat dari harga tiket yang berkembang sekarang, berapa tiketnya, kemudian mereka juga harus melihat harga hotelnya berapa, visanya berapa," jelas Dian.

  • Ditjen Imigrasi Ajak Jemaah Haji dan Umrah Buat Paspor Lewat Eazy Passport
  • Bandara Juanda Buka Lagi Penerbangan Umrah, 366 Jamaah Diberangkatkan

Jika sekiranya perhitungan tidak masuk akal, tinggalkan. Hal ini karena bisa saja, kalau pun jemaah berangkat, penyelenggara malah memberikan fasilitas berbeda dengan apa yang mereka tawarkan.

"Pada dasarnya mungkin jemaah akan berangkat, tapi bisa jadi hotelnya berubah, tidak sesuai dengan yang ditawarkan. Jadi kehati-hatian, cek identitas, cek kredibilitasnya dia, cek harga tiketnya juga," ujarnya.

Dian mengungkapkan, saat ini rata-rata biaya paket umrah sebesar Rp 27 juta untuk standarnya.

"Sebenarnya untuk yang terendah saat ini bisa di Rp 27 juta, itu yang bisa dianggap harga normal dalam artian apa yang ditawarkan sesuai dengan apa yang diberikan," katanya.

Adapun di Tazkia Tours and Travel, misalnya, terdapat paket perjalanan umrah seharga Rp 27,7 juta.

"(Paket ini) menggunakan penerbangan Oman Air, kemudian hotelnya di Makkah itu Olayan Ajyad, sembilan hari full board, itu harga terbaik kami yang bisa dipertanggungjawabkan penawarannya," pungkas dia.

https://travel.kompas.com/read/2022/09/10/193558227/waspada-penipuan-paket-umrah-periksa-dulu-3-hal-ini

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke