Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Hindari Kelebihan Bagasi Pesawat, Pilih Tas yang Tepat

KOMPAS.com - Penumpang pesawat dengan bagasi yang beratnya melebihi ketentuan akan dikenakan biaya tambahan.

Biayanya bervariasi, umumnya tergantung maskapai penerbangan, jenis pesawat, dan rute penerbangan.

Bila ingin menghindari kelebihan bagasi, berikut sejumlah tips yang dirangkum oleh Kompas.com dari berbagai sumber, Sabtu (17/9/2022):

Salah satu tips yang kerap disarankan guna menghindari bayar tambahan bagasi adalah menimbang bawaan terlebih dahulu. Di pasaran sudah banyak timbangan bagasi elektronik (luggage scale) yang ukurannya minimalis, sehingga mudah dibawa. 

Dilansir dari skyscanner.net, cara ini bisa dilakukan agar calon pelaku perjalanan tidak dikejutkan dengan berat bagasi saat ditimbang di bandara. 

Bila ragu, mereka juga dianjurkan untuk mengecek kembali, atau mengeluarkan beberapa baju hingga sepasang sepatu tambahan jika masih ada waktu tersisa untuk pengepakan.

Ukuran tas dapat memengaruhi perilaku seseorang ketika mengepak barang.

Dilansir dari Kompas.com, Senin (13/1/2022), jika tas berukuran sangat besar, maka calon pelaku perjalanan dinilai cenderung akan berusaha mengisinya sampai penuh. Secara tidak langsung hal ini akan menambah berat bagasi.

Oleh sebab itu, jika memungkinkan, pilih tas yang ukurannya lebih kecil agar menjadi batasan barang bawaan. 

Ada banyak cara untuk mengepak barang dengan baik, sehingga calon pelaku perjalanan tidak perlu membayar tambahan bagasi. 

Salah satu cara yang paling mendasar adalah menyortir barang bawaan. Selain itu, mereka juga bisa menggulung pakaian untuk menghemat ruang di koper dan membawa produk kosmetik berukuran kecil (travel size). 

Bila berencana membawa pakaian yang berat, sebaiknya dipakai saat naik ke pesawat.

Setiap maskapai penerbangan memiliki ketentuan berat bagasi yang berbeda. 

Penumpang maskapai Citilink, misalnya, mendapat kuota bagasi gratis sebesar 20 kilogram untuk rute domestik. Namun, bila naik pesawat jenis ATR72-600, maka kuotanya menjadi 10 kilogram.

Dilansir dari Kompas.com, Selasa (8/2/2022), calon penumpang juga wajib memahami dimensi barang bawaan, khususnya untuk bagasi kabin. Untuk pesawat Airbus A320, maka dimensinya 56x36x23 sentimeter (cm), sedangkan untuk pesawat ATR72-600 dimensinya 41x34x17 cm.

Citilink juga menyediakan bagasi prabayar atau pre-book baggage bagi penumpang yang pasti membawa bagasi dengan berat lebih dari ketentuan.

Calon pelaku perjalanan dianjurkan untuk memahami ketentuan tersebut agar lebih mudah dalam menyortir barang, sekaligus mengantisipasi jika ada biaya tambahan.

Selain cara-cara di atas, terdapat pula tips atau travel-hack unik guna menghadapi kelebihan bagasi.

Seorang awak kabin bernama Kat Kamalani, contohnya, menyarankan calon penumpang pesawat untuk membawa sarung bantal. Menurutnya, tips ini bisa dilakukan saat penerbangan pulang (return flight).

"Anda bisa membawa sarung bantal di dalam tas karena, jika bagasi anda terlalu berat, Anda bisa memasukkan pakaian-pakaian Anda ke sarung tersebut dan menggunakannya sebagai alas tidur di pesawat," ujarnya, dikutip dari express.co.uk.

Saran tersebut mengundang tanggapan beragam, termasuk keraguan soal apakah tips tersebut sepadan dengan risikonya.

https://travel.kompas.com/read/2022/09/17/141036127/5-tips-hindari-kelebihan-bagasi-pesawat-pilih-tas-yang-tepat

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+