Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

24 Wisata Sleman Populer, Ada Lokasi Syuting Film KKN di Desa Penari

KOMPAS.com - Kabupaten Sleman di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) punya sederet daftar tempat wisata populer yang menawarkan beragam daya tarik, dari alam hingga budaya.

Jarak tempuh ke Kabupaten Sleman dari Tugu Yogyakarta pun tak terlalu jauh sehingga beberapa tempat wisata di wilayah ini bisa ditempuh dengan berkendara sekitar 30 menit.

  • 6 Wisata Dekat Ledok Sambi Sleman, Ada The Lost World Castle
  • 34 Wisata Yogyakarta yang Pas Dikunjungi Saat Libur Panjang

Berikut Kompas.com rangkum pilihan tempat wisata populer di Kabupaten Sleman.

Tebing Breksi yang berada di Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY, ini berjarak sekitar 18 kilometer (km) dari Kota Yogyakarta, dengan waktu tempuh kurang-lebih setengah jam.

Saat berkunjung pagi sampai sore, wisatawan bisa melihat perbukitan di sekeliling Tebing Breksi. Pada malam hari, cahaya lampu membuat Tebing Breksi kian unik.

Candi Ijo disebut sebagai salah satu candi tertinggi di Indonesia sebab lokasinya dibangun di atas bukit dengan ketinggian sekitar 425 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Terletak di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY, candi ini bisa dicapai dengan durasi berkendara sekitar 40 menit dari pusat Kota Yogyakarta.

Salah satu aktivitas di candi ini ialah berburu foto saat sore tiba. Harga tiket masuk ke Candi Ijo mulai Rp 5.000 per orang.

Obelix Hills menyajikan berbagai spot foto, kuliner, dan aktivitas di atas tebing. Lokasinya di Wukirharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY, dengan waktu tempuh sekitar 45 menit hingga satu jam dari pusat Kota Yogyakarta.

Harga tiket Obelix Hills mulai Rp 20.000 per orang pada hari biasa dan Rp 20.000 per orang pada akhir pekan dan hari libur. Harga ini belum termasuk dengan kuliner dan wahana di dalamnya.

Obelix Hills buka mulai pukul 10.00-21.00 WIB pada hari Senin-Jumat, dan mulai pukul 07.00-21.00 WIB pada Sabtu-Minggu dan hari libur nasional.

4. Candi Ratu Boko

Ratu Boko atau Situs Ratu Boko bisa dikunjungi di Jalan Raya Piyungan-Prambanan Nomor 2, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Candi Prambanan, hanya sekitar tiga kilometer di sebelah selatan candi tersebut.

Situs Ratu Boko terkenal sebagai salah satu lokasi untuk menikmati panorama matahari terbenam lantaran berpadu dengan gerbang utama.

Dilansir dari Kompas.com, Minggu (5/6/2022), harga tiket masuk Candi Ratu Boko mulai Rp 40.000 per orang untuk wisatawan nusantara (wisnus) dewasa, Rp 20.000 untuk wisnus usia 3-10 tahun, dan Rp 20.000 per grup untuk wisatawan lokal rombongan pelajar serta mahasiswa.

Candi Sambisari berada di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, DIY. Jaraknya sekitar 15 kilometer dari pusat kota Yogyakarta dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit.

Candi Hindu beraliran Syiwa ini diperkirakan dibangun pada awal abad ke-9 oleh Rakai Garung, seorang Raja Mataram Hindu dari Wangsa Syailendra.

Menariknya, candi terletak sekitar 6,5 meter di bawah permukaan tanah sehingga tidak terlihat dari kejauhan, dikutip dari Kompas.com, Kamis (10/3/2022).

Spot Riyadi jadi salah satu tempat favorit berburu momen matahari terbit dan terbenam, sebab lokasinya yang berada di ketinggian sekitar 200 mdpl.

Dari lokasi ini, kamu bisa menyaksikan panorama lainnya, meliputi Candi Prambanan dan Sojiwan di sebelah utara, pemandangan Gunung Merapi-Gunung Smbing-Gunung Lawu di sisi timur.

Spot Riyadi berada di Dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Jarak tempuh dari Kota Yogyakarta sekitar 19 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih 45 menit.

Candi Barong merupakan salah satu candi peninggalan agama Hindu yang berada di kompleks Ratu Boko. Letaknya di Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY.

Jika cuaca mendukung, maka sore hari menjadi waktu terbaik untuk mengunjungi Candi Barong. Selain cahaya dari barat yang membuat bangunan candi terlihat unik, matahari terbenam juga akan terlihat di sisi barat.

Jika ingin nongkrong sembari menikmati panorama Candi Prambanan dan Gunung Merapi, Suwatu Mill and Bay jadi salah satu pilihan. Lokasinya di Sumberwatu, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY.

Selain menyajikan masakan, Suwatu Mill and Bay juga memiliki area Pasar Suwatu yang menjual aneka jajanan pasar, serta galeri yang mengoleksi aneka furnitur.

Wahana Jogja Bay yang berganti nama jadi Waterboom Jogja ini menawarkan berbagai fasilitas bermain air dengan tema bajak laut. Di dalam Jogja Bay terdapat banyak wahana, di antaranya seperti Volcano Coaster, Brando Boomeranggo, Ziiggy Giant Barrel, kolam ombak South Beach, dan kolam arus Donte Wild River.

Waterboom Jogja terletak di Kabupaten Sleman, tepatnya di sebelah utara Stadion Maguwoharjo. Tempat rekreasi ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-16.00 WIB.

Bukit Klangon terletak di Dusun Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, DIY. Berada di ketinggian 1.200 mdpl, tempat ini cocok sebagai lokasi berkemah.

Harga tiket masuk Bukit Klangon mulai Rp 4.000, sedangkan tarif parkir kendaraan roda dua mulai Rp 3.000 dan tarif kendaraan roda empat mulai Rp 5.000. Jika ingin berkemah, dikenakan tarif mulai Rp 15.000 per orang.

Bukit Klangon buka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB sampai 17.00 WIB untuk wisata biasa, dan 24 jam untuk yang ingin berkemah.

The Lost World Castle berada di kaki Gunung Merapi dan menawarkan banyak spot foto Instagramable, jadi pas buat anak muda yang suka mengunggah konten ke media sosial.

The Lost World Castle berlokasi di Jalan Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, DIY. Jaraknya sekitar 27 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta, atau sekitar satu jam bila ditempuh menggunakan kendaraan.

Plunyon Kalikuning beberapa waktu lalu naik daun lantaran menjadi lokasi syuting film KKN di Desa Penari. Letaknya ada di kawasan Kedungsriti, Umbulharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, DIY.

Salah satu icon tempat itu adalah Jembatan Plunyon yang sempat viral karena menjadi salah satu tempat syuting film KKN di Desa Penari.

Di atasnya, pengunjung bisa berfoto dengan latar Gunung Merapi, sedangkan dari bawah, pengunjung bisa berfoto dengan latar kaki Jembatan Plunyon.

Wisata Lava Tour Merapi berada persis di bawah kaki Gunung Merapi. Tur ini mengajak wisatawan menyusuri bekas aliran lahar pasca-letusan Gunung Merapi sambil naik Jeep.

Beberapa tempat yang dikunjungi oleh wisatawan, seperti Museum Sisa Hartaku dan Bunker Kaliadem. Wisatawan yang ingin mencoba tur ini sebaiknya pada musim kemarau agar panorama Gunung Merapi terlihat jelas.

Bila ingin mencoba wisata sejarah dan budaya Kerajaan Mataram, bisa berkunjung ke Museum Ullen Sentalu yang terletak di Jalan Boyong kilometer 25, Kaliurang Barat, Kabupaten Sleman, DIY.

Kamu akan menemukan gamelan antik yang dipamerkan. Ada pula lukisan tarian Jawa beserta sebuah lukisan perempuan yang sedang menarikan tarian Serimpi Sari Tunggal.

Perempuan dalam lukisan tersebut adalah Gusti Nurul yang merupakan putri dari Mangkunegara dan cucu Hamengkubowono VII. Gusti Nurul adalah icon dari Museum Ullen Sentalu.

Agrowisata Bhumi Merapi merupakan tempat wisata edukasi yang terletak di lereng Gunung Merapi. Lokasinya di Jalan Kaliurang Km 20 (belakang Balai Desa Hargobinangun), Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DIY.

Tempat rekreasi ini cocok sekali bagi anak-anak lantaran memfasilitasi mereka untuk berinteraksi langsung dengan sejumlah hewan, seperti memberi makan kelinci dan menyentuh ular.

Agrowisata Bhumi Merapi buka mulai pukul 09.00-17.00 WIB, setiap Senin sampai Minggu, dikutip dari Kompas.com, Kamis (18/8/2022). Jarak Agrowisata Bhumi Merapi dari Kota Yogyakarta kurang lebih 22,6 kilometer dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

Studio Alam Gamplong berlokasi di Dusun Gamplong, Desa Sumberrahayu, Moyudan, Sleman, DIY.. Tempat wisata tersebut cocok untuk dijadikan spot berfoto sebab kamu bisa berpura-pura menjadi seorang pemain film yang sedang melakukan pengambilan gambar.

Sebelum dijadikan tempat wisata, Studio Alam Gamplong merupakan tempat pengambilan gambar untuk film Sultan Agung: The Untold Love Story dan Bumi Manusia.

Grojogan Watu Purbo terletak di Bangunrejo, Tempel, Sleman, DIY. Kawasan ini merupakan tempat wisata air terjun bertingkat.

Dilansir dari Kompas.com, Kamis (4/8/2022), Grojogan Watu Purba buka mulai pukul 06.00 - 18.00 WIB. 

Tidak ada tiket masuk bagi mereka yang ingin berwisata di Grojokan Watu Purba. Pengunjung hanya dikenai tarif parkir mulai Rp 2.000 untuk sepeda, Rp 5.000 untuk motor, Rp 10.000 untuk mobil, Rp 30.000 untuk bus kecil, dan Rp 50.000 bus besar.

Bagi kamu yang suka berfoto-foto dengan aneka miniatur spot ikonis dunia seperti Patung Liberty dan Menara Pisa, bisa berwisata ke Merapi Park.

Tempat rekreasi yang berada di Hargobinangun, Kepanewon atau Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DIY, ini berjarak sekitar 21 kilometer dari Kota Yogyakarta dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam.

Desa Wisata Pentingsari terletak di lereng Gunung Merapi, sekitar 22,5 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta.

Ada beberapa program wisata desa yang bisa dinikmati wisatawan, seperti live in, kemah, trekking, atau outbound. Untuk kegiatan wisata budaya, wisatawan bisa ikut belajar gamelan, menari, membatik, membuat wayang rumput, dan membuat janur.

Jika ingin mencoba sensasi piknik atau kemah di pinggir sungai dan lembah, salah satu tempat wisata yang bisa dikunjungi adalah Ledok Sambi. Lokasinya di Jalan Kaliurang KM 19, Pakem, Kabupaten Sleman, DIY.

Wisatawan bisa menikmati sejumlah kegiatan, antara lain menjajal flying fox, bermain paint ball, dan piknik di pinggir sungai.

Taman Bunga Alamanda menjadi salah satu obyek wisata yang pas dikunjungi bagi pencinta warna-warni taman bunga. Lokasinya di samping jalan utama Tempel-Turi Kilometer 5, Desa Bangunkerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, DIY.

Jarak Taman Bunga Alamanda dengan Tugu Yogyakarta adalah sekitar 19 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih 30 menit saat lalu-lintas lancar. Rute bisa melalui Jalan Magelang, kemudian lanjut ke Jalan Turi.

Seperti namanya, banyak terdapat bunga alamanda yang tersebar di taman ini. Tidak hanya alamanda, bunga celosia berwarna kuning dan merah cerah juga bisa dijumpai.

Penikmat pertunjukan tradisional wajib mengunjungi Ramayana Ballet Prambanan yang berlokasi di Jalan Jogja-Solo KM 16, Sleman, DIY. Ramayana Prambanan adalah sebuah pertunjukan yang menggabungkan unsur tari dan drama tanpa dialog.

Kisah yang dibawakan berdasarkan epos Ramayana dan pertunjukan ini diketahui sudah ada sejak 1961.

Dilansir dari akun Instagram resminya, selama periode Natal 2022 dan tahun baru 2023, pentas seni Ramayana Ballet dan Legenda Loro Jongrang akan berlangsung setiap hari mulai Senin (26/12/2022) hingga Sabtu (31/12/2022).

Dari jadwal tersebut, nantinya special show Legenda Roro Jonggrang dimulai setiap pukul 19.30 WIB untuk tanggal pentasnya pada 2, 9, 23, 26, 28, dan 30 Desember 2022. Untuk pertunjukan Legenda Roro Jonggrang, semuanya akan dilakukan di dalam ruangan (indoor). 

Kemudian untuk Ramayana Ballet Prambanan, akan digelar di area outdoor (luar ruangan) dan indoor setiap pukul 19.30 WIB.

Untuk indoor, jadwal pelaksaannya yakni pada tanggal 1, 6, 8, 13, 15, 20, 22, 27, dan 29 Desember 2022, sedangkan jadwal outdoor-nya yakni di tanggal 3, 10, 17, 24, dan 31 Desember 2022.

Lava Bantal merupakan wisata geo heritage yang ada di bantaran Sungai Opak, Dusun Watugedhe, Desa Jogotirto, Berbah, Sleman, DIY.

Lava bantal terbentuk karena lahar panas yang keluar dari gunung api bawah laut langsung masuk ke air yang dingin. Bebatuan yang lebih dikenal dengan sebutan lava bantal ini dipercaya sebagai bukti yang menunjukan proses awal gunung api purba di pulau Jawa.

Monumen Jogja Kembali (Monjali) terletak di Dusun Jongkang, Kelurahan Sarihardjo, Kecamatan Ngaglik, Sleman, DIY. Monjali merupakan tempat wisata sejarah tentang peristiwa kembalinya Yogyakarta ke tangan pemerintahan Republik Indonesia.

Monjali menyimpaan sebanyak 1.108 buah koleksi, di antaranya heraldika, replika, miniatur, kendaraan, senjata api, senjata tradisional, dan relief.

Jarak tempuh Monjali dari Kota Yogyakarta sekitar 7,5 kilometer dengan waktu tempuh kira-kira 16 menit, dikutip dari Kompas.com, Rabu (8/10/2022).

https://travel.kompas.com/read/2022/12/24/093742227/24-wisata-sleman-populer-ada-lokasi-syuting-film-kkn-di-desa-penari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke