Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lionel Messi Pulang Kampung ke Rosario, Ini 7 Tempat Wisata di Sana

KOMPAS.com-Tim Nasional Argentina berhasil memboyong trofi pemenang Piala Dunia 2022. Sosok sang kapten, Lionel Messi pun menjadi sorotan dunia dalam beberapa waktu terakhir.

Melansir dari Daily Mail, ratusan penggemar membanjiri rumah Lionel Messi di Rosario pada Rabu (21/12/2022) kemarin untuk menyambut kepulangan sang bintang.

Pemain bola berusia 35 tahun itu kembali ke rumahnya di Rosario usai mengikuti selebrasi bersama masyarakat Argentina di Obelisk Buenos Aires.

Rosario merupakan kota yang bermakna bagi Lionel Messi. Selain kota kelahiran, Rosario merupakan tempat Lionel Messi memulai karir sepak bolanya, tepatnya bersama klub bola Newell's Old Boys yang berbasis di kota tersebut.

Sekilas tentang Rosario 

Rosario merupakan kota terbesar ketiga di Argentina, seperti dikutip dari The Culture Trip. Lokasinya berada di tepi Sungai Parana yang masuk dalam wilayah Provinsi Santa Fe.

Dari ibu kota Argentina, Buenos Aires, jaraknya sekitar 300 kilometer ke arah barat laut, bisa ditempuh selama 3-4 jam perjalanan dengan berkendara.

Selain menjadi kota kelahiran tokoh ternama Argentina, Rosario memiliki sejumlah atraksi wisata menarik seperti sungai, museum, dan taman.

Tempat wisata di Rosario 

Berikut sejumlah tempat wisata di Rosario yang bisa dikunjungi wisatawan seperti dihimpun Kompas.com dari sumber The Culture Trip.

Monumen Bendera atau Monumento Nacional a la Bandera merupakan salah satu ikon Kota Rosario. Monumen ini dibangun untuk memperingati pencipta bendera Argentina, Manuel Belgrano.

Sementara, di bawah monumen terdapat makam Manuel Belgrano.

Selain wisata sejarah, pengunjung yang datang bisa menikmati panorama Kota Rosario dari menara monumen yang terbuka bagi pengunjung.

Seperti disampaikan sebelumnya, Kota Rosario berada di tepi Sungai Parana. Wisatawan yang berkunjung ke Rosario bisa menjelajahi Sungai Parana dengan naik kayak.

Selain naik kayak, wisatawan bisa bersepeda santai di tepian sungai dan berkeliling kota. Keindahan panorama Sungai Parana yang bersanding dengan kemegahan gedung pencakar langit di Rosario menjadi atraksi menarik.

Obyek wisata ini merupakan tempat yang tepat untuk mengenal sejarah Rosario. Berada di tengah Parque Independencia, Museo Historico Provincial adalah adalah museum sejarah utama Rosario.

Wisatawan bisa melihat aneka koleksi seperti artefak, koleksi keagamaan pasca era kolonial, dan koleksi yang berhubungan dengan mate atau minuman tradisional.

Bangunan museum bergaya arsitektur neoklasik, art nouveau dan art deco. Museum ini dapat dikunjungi wisatawan dari berbagai usia.

4. Parque Independencia

Rosario memiliki beberapa taman kota yang indah sebagai area hijau. Adapun taman kota terbesar di Rosario adalah Parque Independencia.

Wisatawan yang berkunjung bisa menikmati panorama danau buatan, air mancur, tanaman dan bunga, kuliner, dan lainnya.

Pengunjung dapat menyewa perahu dayung untuk menjelajahi danau. Area hijau ini juga memiliki area bermain untuk anak-anak.

Wisata taman lainnya di Rosario adalah Parque de Espana. Daya tarik area publik ini adalah berada di tepian Sunga Parana sehingga menyajikan panorama menarik.

Ada sejumlah kegiatan yang dapat dilakukan wisatawan di Parque de Espana seperti jalan santai, olahraga, kegiatan komunitas, atau sekadar duduk santai.

6. La Florida

Rosario memiliki zona pantai yang indah di bagian utara. Salah satu pantai terkenal di Rosario adalah La Florida.

Daya tarik pantai ini adalah pasir yang berwarna coklat. Wisatawan yang berkunjung akan menjumpai banyak restoran di Pantai La Florida yang menyajikan banyak olahan seafood.

Adapun waktu terbaik mengunjungi pantai ini adalah Oktober hingga Mei. Lokasi ini menjadi tempat untuk berkumpul, berjemur, turnamen bola voli, olahraga air, dan menikmati bar di tepi pantai.

Museo de Arte Contemporaneo (Macro) atau Museum Seni Kontemporer Rosario menjadi obyek wisata selanjutnya yang bisa dikunjungi wisatawan.

Bangunan museum ini cukup unik karena berbentuk tabung. Ternyata dulunya museum seni ini merupakan gudang biji-bijian, yang merupakan bagian dari industri Rosario masa lampau.

Gudang tersebut kini menjadi bangunan museum seni sepuluh lantai. Pada bagian puncak gedung, terdapat area pandang yang menyajikan panoramasungai dan kota yang indah.

https://travel.kompas.com/read/2022/12/24/130300427/lionel-messi-pulang-kampung-ke-rosario-ini-7-tempat-wisata-di-sana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke