Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Masjid Terbesar di Jawa Barat Al Jabbar Segera Diresmikan, di Mana Lokasinya?

KOMPAS.com - Masjid terbesar di Jawa Barat, Masjid Raya Al Jabbar atau Masjid Al Jabbar akan diresmikan pada Jumat (30/12/2022) mendatang.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan, proses pembangunan masjid yang dimulai sejak 2017 tersebut, hampir selesai.

“Saya laporkan tanggal 30 Desember ini (diresmikan) masjid terbesar se-Jawa Barat, Masjid Raya Al Jabbar," kata Ridwan Kamil dikutip dari Kompas.com, Kamis (15/12/2022).

Bangunan Masjid Al Jabbar dilengkapi empat menara setinggi 99 meter, seperti dikutip dari Kompas.com (17/9/2022). Tinggi menara ini terinspirasi dari jumlah Asmaul Husna.

Keunikan lainnya adalah masjid ini didirikan di atas kolam retensi atau embung seluas 25,997 hektar di kawasan Gedebage, Kota Bandung. Selain itu, akan dibangun taman-taman hijau sebagai area rekreasi bagi keluarga di sekitar masjid.

Masjid yang mampu menampung hingga 60.000 jamaah itu ditargetkan menjadi destinasi wisata religi  sekaligus pusat edukasi di Kota Bandung.

Adapun filosofi nama Al Jabbar merupakan salah satu Asmaul Husna, yang bermakna Maha Perkasa. Untuk diketahui, desain Masjid Raya Al Jabbar merupakan rancangan dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang juga memiliki latar belakang arsitektur. 

Lokasi Masjid Al Jabbar 

Lokasi Masjid Raya Al-Jabbar berada di Kota Bandung, tepatnya di Jalan Cimincrang Nomor 14, Cimenerang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung.

Lokasi masjid dekat dengan Stadion Gelora Bandung Lautan Api, sekitar 2 kilometer (km) dengan waktu tempuh berkendara 5 menit.

Rute ke Masjid Al Jabbar 

Lokasi Masjid Al Jabbar dapat diakses menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. 

Mengutip laman Portal Pemerintah Provinsi Jabar, ada dua akses jalan menuju Masjid Al Jabbar.

Pertama, dari Jalan Soekarno Hatta menuju Jalan Cimincrang. Kedua, dari Jalan Gedebage Selatan menuju kawasan Plaza Summarecon Bandung, kemudian melalui Jalan Rancapanci.

Sementara, untuk memudahkan akses pengunjung dari luar Kota Bandung tengah direncanakan pembukaan jalur baru. 

Mengutip Tribun Jabar, Selasa (12/7/2022), pihak Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Provinsi Jawa Barat tengah mengajukan tiga pembangunan akses jalan menuju Masjid Raya Al Jabbar, sehingga memudahkan pengunjung dari luar Kota Bandung. 

Akses jalan yang diusulkan tersebut berkaitan dengan pengajuan pembukaan Exit Tol Purbaleunyi KM 149 di Gedebage. 

Pertama, dari Exit Tol Purbaleunyi KM 149 melalui kawasan Summarecon.

Kedua, dari Exit Tol KM 149 diarahkan menuju Jalan Cimincrang yang berada di bawah kewenangan Pemerintah Kota Bandung. Namun, akses ini membutuhkan pelebaran Jalan Cimincrang.

Ketiga,akses dari Jalan Soekarno Hatta atau Exit Tol KM 149 melalui Jalan Gedebage Selatan. Namun, pembukaan akses ini masih membutuhkan pelebaran Jalan Gedebage Selatan sekitar enam meter

Selain itu, tengah dibangun Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Tegalluar.

Sedangkan untuk transportasi umum terdekat adalah Stasiun Gedebage dan Stasiun Cimekar. Jarak Stasiun Gedebage ke Masjid Al Jabbar sekitar 3 km, dengan waktu tempuh 9 menit.

Sedangkan, jarak Stasiun Cimekar menuju Masjid Al Jabbar sekitar 5 km, dengan waktu tempuh 15 menit.

https://travel.kompas.com/read/2022/12/26/114500427/masjid-terbesar-di-jawa-barat-al-jabbar-segera-diresmikan-di-mana-lokasinya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke