Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bandara Soekarno-Hatta Masuk Daftar Paling Terkoneksi di Dunia, Pertama di ASEAN

KOMPAS.com - Bandara Soekarno-Hatta masuk dalam daftar bandara megahub atau bandara paling terkoneksi di dunia versi lembaga analisis penerbangan yang berbasis di Inggris, Official Airlines Guide (OAG).

Adapun OAG menempatkan Bandara Soekarno-Hatta di peringkat keenam daftar Top 25 Low-cost Carrier (LCC) Airport Megahub 2022.

Peringkat ini naik dibanding tahun 2019 di mana Bandara Soekarno-Hatta menempati posisi kedelapan.

Selain itu, OAG juga menetapkan Bandara Soekarno-Hatta berada dalam peringkat 21 dalam daftar Top 50 International Airport Megahub.

"Di dalam Top 25 LCC Megahub 2022, posisi Bandara Soekarno-Hatta melebihi 2019 saat belum ada pandemi Covid-19," kata President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dikutip Kompas.com dari laman resmi BUMN, Jumat (10/3/2023).

Adapun peringkat pertama dan kedua dalam Top 25 LCC Airport Megahub 2022 ditempati bandara di India, sedangkan peringkat ketiga hingga kelima ditempati bandara di Amerika Serikat.

Paling Tinggi se-ASEAN

Awaluddin mengatakan, peringkat Bandara Soekarno-Hatta adalah yang paling tinggi di antara negara-negara lain di ASEAN.

Sementara di kawasan Asia, Bandara Soekarno-Hatta menempati peringkat ketiga.

Sebagai informasi, dalam menetapkan daftar Megahub 2022, OAG menggunakan indeks konektivitas yang mengukur efektivitas bandara-bandara internasional di dunia.

Bandara ini dianggap sebagai poin penghubung baik secara global dan regional, serta pintu gerbang ke dalam pasar domestik.

Adapun maskapai LCC yang beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta antara lain Citilink, Lion Air, AirAsia Indonesia, dan Super Air Jet. Semua maskapai itu tersebut melayani rute domestik Jakarta-Bali.

Adapun rute Jakarta-Bali pada 2022 masuk dalam daftar rute domestik tersibuk di dunia.

Tepatnya di peringkat kesembilan dalam daftar yang dirilis OAG dengan kapasitas penerbangan mencapai 6,74 juta kursi.

https://travel.kompas.com/read/2023/03/10/151300927/bandara-soekarno-hatta-masuk-daftar-paling-terkoneksi-di-dunia-pertama-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke