Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tempat Wisata di Brebes Dekat Gerbang Tol, Bisa Mampir Saat Mudik 

KOMPAS.com - Brebes merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat. Berada di jalur Pantai Utara (Pantura), Brebes merupakan salah satu jalur utama saat mudik.

Kamu bisa mampir ke salah satu tempat wisata di Brebes saat mudik. Terlebih, ada fasilitas Gerbang Tol (GT) yang memudahkan akses pemudik dari arah barat menuju Kota Brebes.

Jika berangkat dari arah barat, pemudik bisa keluar dari Gerbang Tol (GT) Pejagan, GT Brebes Barat, atau GT Brebes Timur.

Berikut sejumlah tempat wisata di Brebes yang bisa dikunjungi saat mudik. Lokasinya tidak jauh dari pintu tol sehingga memudahkan para pemudik.

Tempat wisata di Brebes 

Berikut sejumlah tempat wisata di Brebes yang bisa dikunjungi saat mudik melalui jalur Pantura, seperti dihimpun Kompas.com. 

Rest area ini berada di ruas tol Pejagan-Pemalang, Kabupaten Brebes. Mengutip Kompas.com (10/2/2022), selain istirahat ada sejumlah kegiatan lainnya yang bisa dilakukan oleh pengunjung.

Rest area ini merupakan bekas Pabrik Gula Banjaratma yang dibangun era kolonial, sehingga memiliki sejumlah spot foto Instagramable. Selain itu, ada fasilitas bermain, salah satu yang paling favorit adalah seluncuran atau perosotan panjang warna pelangi bernama Srodotan Donat.

Fasilitas di Rest Area KM 260B juga terbilang lengkap, seperti seperti toilet, toilet berbayar, masjid, area parkir, tempat belanja oleh-oleh, dan sebagainya. Tak heran, banyak pemudik yang berhenti sejenak di rest area ini untuk melepas lelah dan wisata. 

2. Waterpark Dewi Shinta

Tempat bermain air ini berada di Jalan Pabrik Gula Banjaratma, Pebatan Barat, Wanasari, Brebes.

Akses paling dekat menuju Waterpark Dewi Shinta adalah melalui GT Brebes Timur yang berjarak 9,1 km atau 16 menit berkendara.

Waterpark ini dilengkapi aneka wahana permainan untuk anak-anak hingga dewasa. Adapun tiket masuknya terbilang ramah kantong yakni Rp 20.000 per orang.

Sembari melepas penat, pemudik bisa berwisata religi ke Masjid Agung Brebes. Lokasinya berada di Jalan Ustad Abas Nomor 7, Kauman, Brebes. 

Pemudik bisa mengakses lokasi masjid dari GT Brebes Timur yang berjarak 5,6 km atau 11 menit berkendara.

Mengutip Dunia Masjid Jakarta Islamic Centre, Masjid Agung Brebes berada di sebelah barat Alun-alun Kota Brebes. Masjid bersejarah ini, dibangun pada 1836 di masa pemerintahan Bupati Raden Adipati Arya Singasari Pranatayuda 1.

Bangunan masjid bergaya perpaduan arsitektur Jawa kuno dan Persia, dengan kubah berbentuk limas. Masjid yang mampu menampung hingga 3.000 jamaah ini lekat dengan sejarah  bedug kembar yang konon terbuat dari kayu sawo raksasa.

Namun, bedug kembar bersejarah itu kini tinggal satu lantaran sudah disumbangkan untuk sebuah masjid di kawasan Jatibarang.

4. Alun-alun Brebes 

Lokasi Alun-alun Brebes bisa diakses melalui GT Brebes Timur yang berjarak 5,7 km atau 12 menit berkendara.

Ada sejumlah aktivitas yang dapat dilakukan pemudik di Alun-alun Brebes. Sembari istirahat, pemudik bisa mencicipi aneka kuliner lokal, mengajak anak-anak bermain di playground, atau wisata religi di Masjid Agung Brebes yang berada di seberangnya.

Ruang publik ini dilengkapi dengan sejumla fasilitas seperti toilet, area parkir, tempat duduk, dan lainnya.

Saat melintasi Kota Brebes, pemudik bisa melepas lelah sejenak sembari menikmati panorama Pantai Randusanga Indah.

Lokasi pantai bisa diakses dari GT Brebes Timur dengan jarak 9,9 km atau 20 menit berkendara. Pantai ini menawarkan keindahan panorama laut Jawa dengan ombak yang tenang.

Selain menikmati panorama matahari terbenam, pengunjung dapat berwisata naik perahu mengelilingi pantai atau berwisata kuliner. Pantai Randusanga Indah merupakan salah satu destinasi wisata favorit masyarakat Kota Brebes.

Ciblon Waterboom merupakan salah satu tempat wisata di Brebes favorit yang selalu ramai pengunjung. Lokasinya berada di Jalan Yos Sudarso, Pasar Batang, Brebes.

Lokasi taman bermain air ini bisa diakses melalui GT Brebes Timur dengan jarak 5,1 km atau 10 menit berkendara. Mengutip laman Direktorat Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan, pengunjung dapat menikmati berbagai macam wahana permainan, seperti kolam renang, ember tumpah, seluncuran, dan silinder setinggi 12 meter.

Tempat wisata di Brebes ini menyediakan fasilitas yang relatif lengkap seperti area parkir, toilet, mushola, dan tempat kuliner. Harga tiketnya cukup ramah kantong yakni Rp 13.000 per orang.

Telur asin merupakan salah satu oleh-oleh khas Brebes. Pemudik yang ingin membeli telur asin untuk buah tangan bisa mampir ke toko oleh-oleh Telur Asin Yes Aja Klalen.

Lokasinya berada di Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 31, Pebatan Timur, Wanasari, Kabupaten Brebes. Dari GT Brebes Timur jaraknya sekitar 6 km atau 11 menit berkendara.

Selain berbagai varian telur asin, pemudik bisa menemukan beragam oleh-oleh lainnya seperti bawang goreng, kerupuk, olahan sambal, dan sebagainya

https://travel.kompas.com/read/2023/04/08/170200727/7-tempat-wisata-di-brebes-dekat-gerbang-tol-bisa-mampir-saat-mudik-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke