Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

15 Wisata di Semarang Dekat Gerbang Tol, Bisa Mampir Saat Mudik 

KOMPAS.com - Semarang merupakan salah satu wilayah yang dilalui pemudik khususnya yang melewati jalur Pantai Utara (Pantura). Untuk menghilangkan penat, pemudik bisa singgah ke tempat wisata di Semarang dekat gerbang tol.

Dengan kehadiran jalan tol, akses ke sejumlah tempat wisata di Semarang semakin mudah.

Tempat wisata di Semarang dekat gerbang tol tersebut ramah keluarga sehingga cocok bagi pemudik yang mengajak serta anak-anak.

Tempat wisata di Semarang dekat gerbang tol

Berikut sejumlah tempat wisata di Semarang dekat gerbang tol seperti dihimpun Kompas.com, meliputi Kota Semarang dan Kabupaten Semarang.

Istirahat sejenak dari teriknya jalan tol, pemudik bisa mampir ke Kampoeng Kopi Banaran. Obyek wisata ini bisa diakses dari Gerbang Tol (GT) Bawen, dengan jarak 2,2 kilometer (km) atau 3 menit berkendara.

Lokasinya cukup strategis di pinggir Jalan Raya Semarang-Solo Km 35.

Wisatawan bisa menikmati panorama alam, menjelajah kebun kopi, menikmati kegiatan outdoor, makan di restoran, dan camping.  Mengutip Kompas.com (08/04/2022), tempat wisata ini dikelilingi panorama tujuh gunung. Ada Gunung Merbabu, Sindoro, Sumbing, Andong, Ungaran, Telomoyo, dan Ungaran. 

Kampoeng Kopi Banaran menawarkan fasilitas lengkap, mulai dari kebun kopi, penginapan, restoran, fasilitas pertemuan, camping, arena bermain anak, jogging track, kolam renang, gazebo, mushala, offroad, kereta wisata, dan lainnya.

Saat melintasi Semarang, pemudik bisa mampir ke taman rekreasi terbesar di Jawa Tengah, yakni Saloka Theme Park.

Lokasinya berada di Jalan  Fatmawati Nomor 154, Tuntang, Semarang. Dari GT Bawan, jaraknya sekitar 6,1 km dengan waktu tempuh 6 menit berkendara.

Taman rekreasi ini memiliki 25 wahana permainan yang terbagi dalam lima zona. Salah satu ikon taman bermain ini adalah wahana Cakrawal yakni kincir dengan tinggi 33 meter dan 22 gondola. 

Eling Bening merupakan taman rekreasi bertema alam. Mengutip Kompas.com (17/10/2020), Eling Bening menawarkan pemandangan Gunung Merbabu, Andong, Telomoyo, Danau Rawa Pening, dan hamparan sawah hijau.

Selain panorama alam, obyek wisata ini memiliki sejumlah fasilitas antara lain kolam renang, kafe, restoran, outbound, camping ground, dan ruang pertemuan.

Lokasinya berada di Jalan Sarjono, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang. Eling Bening dapat diakses dari GT Bawen dengan jarak 3,4 km atau 7 menit berkendara.

Jika melintasi Semarang, jangan lupa mampir ke obyek wisata ikonik Rawa Pening. Dari GT Bawen, Rawa Pening bisa dijangkau dalam 10 menit dengan jarak 5,8 km.

Rawa Pening adalah danau alami yang memiliki luas sekitar 2.670 hektar. Mengutip Kompas.com (27/12/2021), dari lokasi danau, wisatawan bisa menikmati pemandangan Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran. 

Selain itu, Rawa Pening memiliki banyak spot foto Instagramable, antara lain jembatan panjang di atas rawa dan patung naga besar. Patung naga berukuran besar itu, menggambarkan wujud naga dalam legenda asal usul Rawa Pening, yakni Baru Klinthing.

Bukit Cinta Rawa Pening merupakan alternatif lokasi lain untuk menikmati panorama Rawa Pening. Lokasinya tidak jauh dari Rawa Pening.

Mengutip Kompas.com (6/9/2020), wisatawa yang berkunjung bisa melakukan berbgaai kegiatan seperti foto di spot Instagramable, duduk di taman atau pendopo estetik, dan naik perahu berkeliling danau. 

Bukit Cinta Rawa Pening menawarkan pemandangan danau dengan latar belakang gunung dan perbukitan. Untuk harga tiket masuk wisata, pengunjung akan dikenakan harga sebesar Rp 10.000 jika datang di hari kerja, dan Rp 15.000 untuk hari libur dan akhir pekan

Saat berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa, pengunjung bisa menjajal naik kereta uap kuno berkeliling area sekitar, termasuk melintasi tepi Rawa Pening.

Museum ini bisa diakses dari GT Bawen selama 13 menit dengan jarak 7,5 km. Dulunya, Museum Kereta Api Ambarawa adalah stasiun kereta api yang beralih fungsi menjadi museum. 

Pengunjung dapat menjumpai aneka kereta uap zaman dahulu lengkap dengan informasi sejarahnya. Museum ini terletak di Jalan Stasiun, Panjang Kidul, Panjang, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Obyek wisata satu ini sangat populer di kalangan wisatawan. Lokasinya berada di Jalan Soekarno - Hatta Nomor 49, Bawen, Kabupaten Semarang.

Pemudik bisa mengakses obyek wisata ini dari GT Bawen dengan jarak 2,7 km atau 5 menit berkendara.

Mengutip Kompas.com (1/5/2022), ada beragam wahana permainan di Dusun Semilir untuk anak-anak hingga dewasa, seperti panahan, ATV, sepeda listrik, playground, dan lainnya.

Salah satu wahana permainan favorit pengunjung adalah perosotan warna-warni berukuran raksasa dengan tinggi 40 meter dan panjang lintasan 120 meter.

Jika panas terik, pengunjung bisa memasuki wahana Dusun Salju yang merupakan wahana baru di Dusun Semilir. Seperti namanya, wahana yang dibuka sejak Juli 2022 itu menawarkan sensasi bermain salju untuk semua usia dan kalangan.

Obyek wisata ini dulunya bernama Cimory on The Valley. Lokasinya berada di Jalan Soekarno Hatta, Begojuh, Jatijajar, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang.

Jaraknya 7 km dengan waktu tempuh 11 menit berkendara dari GT Bawen.

Dairyland on The Valley adalah wisata ramah anak dan keluarga. Ada berbagai aktivitas seru bersama anak, meliputi menunggang kuda, memerah susu sapi, memberi makanan ternak, berfoto di spot Instagramable, dan lainnya.

The Wujil Aqua Park adalah wahana air yang berada dalam area The Wujil Resort & Conventions di Kabupaten Semarang. Meskipun berada dalam area resort, water park atau aqua park ini terbuka untuk umum.

Wahana utama The Wujil Aqua Park adalah balon terapung yang terinspirasi dari reality show asal Jepang, Benteng Takeshi.

Selain wahana air, The Wujil Aqua Park menyajikan aneka atraksi wisata lainnya seperti rumah kelinci, rumah burung, panahan, taman bermain atau playground, kafe, dan restoran.

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang berada di  Kota Semarang. Tepatnya di Jalan Gajah Raya, Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang.

Adapun pintu tol terdekat untuk akses ke Masjid Agung Jawa Tengah adalah GT Gayamsari. Jaraknya sekitar 2,4 km atau 9 menit berkendara.

Selain bangunan yang megah, Masjid Agung Jawa Tengah adalah salah satu masjid terbesar di Indonesia. Ikon masjid ini adalah payung hidrolik raksasa seperti di Masjid Nabawi, Madinah.

Adapula Menara Asma’ul Husna setinggi 99 meter, yang disebut sebagai Al Husna Tower.

Menara yang berada di pojok barat daya masjid ini, juga berfungsi sebagai menara pandang sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan Kota Semarang dan Pelabuhan Tanjung Emas.

Lawang Sewu merupakan museum perkeretaapian yang berada di Kota Semarang. Obyek wisata ikonik ini bisa diakses dari GT Gayamsari dengan jarak 5,7 km atau 19 menit berkendara.

Dalam bahasa Jawa, lawang berarti pintu, sedangkan sewu ialah seribu. Lawang Sewu dibangun secara bertahap di lahan seluas 18.232 meter persegi.

Awalnya, Lawang Sewu digunakan sebagai kantor pusat perusahaan kereta api swasta, Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NISM). Namun, kini cagar budaya itu sudah berubah fungsi menjadi museum.

12. Tugu Muda 

Tepat di seberang Lawang Sewu, wisatawan bisa menemui ikon Kota Semarang selanjutnya yakni Tugu Muda.

Tepatnya di persimpangan lima jalan utama, yaitu Jalan Pandanaran, Jalan Mgr. Sugiopranoto, Jalan Imam Bonjol, Jalan Pemuda, dan Jalan dr. Sutomo

Mengutip Kompas.com (10/2/2022), Tugu Muda merupakan monumen peringatan peristiwa sejarah, yakni Pertempuran Lima Hari Semarang.

Kawasan Simpang Lima merupakan salah satu ikon Kota Semarang. Pengunjung tidak dipungut biaya saat berkeliling di kawasan Simpang Lima.

Akses terdekat menuju ikon Kota Semarang ini adalah GT Gayamsari dengan jarak 3,8 km atau 11 menit berkendara.

Mengutip Kompas.com (25/4/2022), kawasan Simpang Lima terkenal dengan becak lampu berwarna warni. Namun, jika hendak naik becak lampung pengunjung harus membayar biaya sewa berkisar dari Rp 35.000 sampai dengan Rp 60.000, untuk dua kali keliling. 

14. Sam Poo Kong 

Kelenteng Sam Poo Kong merupakan salah satu obyek wisata religi dan sejarah di Semarang. Kelenteng Sam Poo Kong merupakan simbol akulturasi budaya China dengan adat Jawa. 

Pengunjung bisa menyaksikan beberapa bangunan dengan arsitektur khas China yang identik dengan warna merah.

Kelenteng ini merupakan bukti perjalanan Laksamana Cheng Ho ketika pertama kali menginjakkan kaki ke Pulau Jawa.

Lokasinya berada di Jalan Simongan No.129, Bongsari, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang.

Tak lengkap rasanya berwisata ke Semarang tanpa mengunjungi kawasan Kota Lama. Wisatawan bisa menuju ke kawasan Kota Lama melalui GT Gayamsari dengan jarak 8,1 km atau 13 menit berkendara.

Mengutip situs Visit Jawa Tengah, wisatawan yang berkunjung di Kota Lama dapat menyaksikan  gedung-gedung tua peninggalan Hindia Belanda yang usianya ratusan tahun. 

Beberapa spot yang menjadi favorit wisatawan adalah Gereja Blenduk, Taman Srigunting, Gedung Asuransi Jiwasraya, Gedung Bank Mandiri, Rumah Akar, Gedung Oudetrap, Semarang Art Gallery, De Spiegel, Marba, dan lainnya.

https://travel.kompas.com/read/2023/04/09/154700927/15-wisata-di-semarang-dekat-gerbang-tol-bisa-mampir-saat-mudik-

Terkini Lainnya

8 Penginapan di Ciwidey dengan Kolam Air Panas, Cocok untuk Relaksasi

8 Penginapan di Ciwidey dengan Kolam Air Panas, Cocok untuk Relaksasi

Hotel Story
Capaian Timnas U-23 di Piala Asia Bawa Dampak Pariwisata untuk Indonesia

Capaian Timnas U-23 di Piala Asia Bawa Dampak Pariwisata untuk Indonesia

Travel Update
Harga Tiket Masuk Taman Safari Prigen 2024 dan Cara Pesan via Online

Harga Tiket Masuk Taman Safari Prigen 2024 dan Cara Pesan via Online

Travel Tips
3 Promo BCA Australia Travel Fair 2024, Ada Cashback hingga Rp 2 Juta

3 Promo BCA Australia Travel Fair 2024, Ada Cashback hingga Rp 2 Juta

Travel Update
4 Promo Tiket Pesawat dan Tur BCA Australia Travel Fair, Rp 7 Juta ke Perth PP

4 Promo Tiket Pesawat dan Tur BCA Australia Travel Fair, Rp 7 Juta ke Perth PP

Travel Update
Hari Ini, BCA Australia Travel Fair 2024 Digelar di Gandaria City

Hari Ini, BCA Australia Travel Fair 2024 Digelar di Gandaria City

Travel Update
10 Tips Wisata Saat Cuaca Panas, Pakai Tabir Surya dan Bawa Topi

10 Tips Wisata Saat Cuaca Panas, Pakai Tabir Surya dan Bawa Topi

Travel Tips
5 Wisata di Palangka Raya, Ada Wisata Petik Buah

5 Wisata di Palangka Raya, Ada Wisata Petik Buah

Jalan Jalan
5 Tips ke Museum iMuseum IMERI FKUI di Jakarta, Reservasi Dulu

5 Tips ke Museum iMuseum IMERI FKUI di Jakarta, Reservasi Dulu

Travel Tips
Cara Menuju ke Bukit Tangkiling Kalimantan Tengah

Cara Menuju ke Bukit Tangkiling Kalimantan Tengah

Jalan Jalan
Bukit Tangkiling Palangka Raya untuk Pencinta Alam dan Petualangan

Bukit Tangkiling Palangka Raya untuk Pencinta Alam dan Petualangan

Jalan Jalan
Rute Menuju ke Jungwok Blue Ocean Gunungkidul, Yogyakarta

Rute Menuju ke Jungwok Blue Ocean Gunungkidul, Yogyakarta

Jalan Jalan
Segara Kerthi Diperkenalkan ke Delegasi World Water Forum di Bali, Apa Itu?

Segara Kerthi Diperkenalkan ke Delegasi World Water Forum di Bali, Apa Itu?

Travel Update
Sederet Aktivitas Seru di Jungwok Blue Ocean, Tak Hanya Bisa Foto

Sederet Aktivitas Seru di Jungwok Blue Ocean, Tak Hanya Bisa Foto

Jalan Jalan
Kering sejak Maret 2024, Waduk Rajui Jadi Spot Instagramable di Aceh

Kering sejak Maret 2024, Waduk Rajui Jadi Spot Instagramable di Aceh

Travel Update
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke