Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Desa Wisata Bowele, Punya Spot Surfing dan Snorkeling di Malang

KOMPAS.com - Desa Wisata Bowele di Kabupaten Malang, Jawa Timur, menawarkan sejumlah pantai untuk dijadikan spot surfing (berselancar) dan spot snorkeling.

Desa ini pun masuk peringkat 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

  • 75 Besar ADWI 2023, Jatim Sumbang 8 Wakil
  • 32 Tempat Wisata Malang Raya, Banyak Tempat Bernuansa Alam

"Tiga tahun berturut-turut Kabupaten Malang menghadirkan juara-juara nasional. Dan tahun ini Desa Wisata Bowele masuk ke dalam 75 Desa Wisata Terbaik ADWI 2023," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno lewat keterangan resmi yang Kompas.com terima, Senin (17/4/2023).

Sebagai informasi, nama Bowele merupakan akronim dari tiga nama pantai utama di desa wisata tersebut yaitu Pantai Bolu-bolu, Pantai Wediawu, dan Pantai Lenggoksono. 

Di Desa Wisata Bowele, terdapat dua pantai yang jadi spot favorit untuk berselancar yaitu Pantai Wediawu dan Pantai Lenggoksono.

Dilansir dari laman Jadesta, terdapat paket belajar berselancar (surf school) dan paket berkemah bagi peselancar di Joni Surf Camp yang bisa dicoba.

  • 7 Tempat Wisata Malang Dekat Stasiun, Bisa Jalan Kaki
  • Itinerary Wisata Malang 2 Hari 1 Malam, Menikmati Sunset dan Kuliner

Jika tidak ingin berselancar, di kedua pantai tersebut juga ada perahu-perahu yang bisa disewa untuk snorkeling, memancing, dan berlayar mengelilingi pantai.

Ada juga paket naik perahu yang bisa dicoba bertajuk Tour Naik Prahu 3 Pantai. Paket ini terdiri dari wisata ke Pantai Banyuanjlok, snorkeling di Teluk Kletaan, dan wisata ke Pantai Bolu-bolu.

Desa Wisata Bowele juga punya tempat wisata alam yang unik yakni Air Terjun Banyuanjlok lantaran letaknya persis di tepi pantai.

Selain itu, di air terjun tersebut juga terdapat gua dan kolam alami di atasnya.

Bila wisatawan ingin menghabiskan waktu lebih lama di desa wisata ini, bisa menginap di sejumlah homestay.

Beberapa homestay yang tersedia di desa tersebut, di antaranya Banyuanjlok Homestay, Kamar Cengkih, dan Revalina Homestay seharga mulai dari Rp 150.000. 

Selama berada di desa wisata tersebut, jangan lupa menyantap aneka kuliner olahan lobster dan ikan. Ada pula keripik pisang dan kopi dengan cita rasa cengkih bernama kopi ceng.

Untuk diketahui, Desa Wisata Bowele beralamat di Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Dari pusat Kota Malang, wisatawan harus menempuh perjalanan selama kira-kira tiga jam agar bisa sampai di desa wisata ini.

https://travel.kompas.com/read/2023/04/17/194809227/desa-wisata-bowele-punya-spot-surfing-dan-snorkeling-di-malang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke