Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

600.000 Orang Wisata ke Jabar Selama Lebaran, Terbanyak ke Pangandaran

BANDUNG, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat mencatat setidaknya ada 600.000 orang yang mengunjungi obyek wisata di Jawa Barat selama libur lebaran 2023.

Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Disparbud Jabar Ani Widiani mengatakan, rata-rata kapasitas kunjungan objek wisata di Jabar mencapar 70 persen.

"Total ada 600.000-an warga yang melakukan kunjungan destinasi wisata di Jabar. Dari sisi kapasitas 70 persen dari setiap destinasi wisata dan ada yang melonjak," ujar Ani, di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (3/5/2023).

  • 7 Restoran Keluarga di Bandung dengan View Alam, Bisa Naik Perahu
  • 11 Desa Wisata di Bandung, Bisa Bertani hingga Glamping Tradisional

Obyek wisata yang paling banyak dikunjungi masih di seputar Pantai Pangandaran, serta destinasi di wilayah Bandung Raya dan Bogor Raya.

Menurut Ani, pangandaran masih jadi primadona kunjungan wisata lantaran lokasinya berada di perbatasan Jabar dan Jawa Tengah.

"Paling banyak dikunjungi adalah Pantai Pangandaran, berdasarkan data yang masuk Pantai Pangandaran ini dikunjungi sebanyak 118.670 orang," ucapnya.

Tak hanya Pangandaran, obyek wisata di Bogor Raya pun cukup diminati. Disparbud mencatat, kunjungan ke Kebun Raya Bogor, misalnya, mencapai 46.000 orang selama libur Lebaran.

"Kebun Raya Bogor 46.000 orang, Sari Ater di Kabupaten Subang 40.000 orang, Pantai Batu Karas, ini masih wilayah Pangandaran, ya, 31.000 orang, kemudian Taman Safari di Kabupaten Bogor 23.000 orang," papar Ani. 

  • 20 Tempat Wisata di Pangandaran, Pantai hingga Akuarium Raksasa 
  • 8 Vila di Pangandaran, Ada Fasilitas Kolam Renang 

Kawasan wisata di Kabupaten Bandung Barat juga digemari wisatawan untuk memanfaatkan waktu liburan. Salah satunya adalah Floating Market Lembang.

"Floating market ini juga masih banyak ternyata, ada 16.000 orang. Hasil pemantauan kami (obyek wisata lain) di wilayah Lembang sekitar 15.000 orang jadi lumayan banyak ternyata yang melakukan aktivitas wisata di masa libur lebaran," ucapnya. 

"Wisatawan utamanya dari DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan lokal di Jawa Barat," jelasnya.

https://travel.kompas.com/read/2023/05/03/150700927/600.000-orang-wisata-ke-jabar-selama-lebaran-terbanyak-ke-pangandaran

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke