Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Aktivitas di Taman Situ Lembang, Main Bareng Anak dan Baca Gratis

KOMPAS.com - Bila mencari tempat healing di ruang terbuka hijau yang gratis maka berkunjung ke Taman Situ Lembang, Jakarta Pusat, bisa jadi opsi.

Menariknya, taman dengan danau di tengahnya ini merupakan salah satu Ruang Terbuka Biru (RTB) di Ibu Kota, yang sudah ada sejak zaman Belanda.

  • Melepas Penat Sejenak di Taman Situ Lembang Jakarta, Asri dan Tenang
  • Cara ke Taman Situ Lembang Jakarta Naik KRL dan TransJakarta

"Sebenarnya ini salah satu waduk Belanda. Waktu mau masuk ke taman, kan sedikit cekung karena kawasan ini memang untuk menampung mata air dan kawasan irigasi," ucap Koordinator Jakarta Green Tour bernama Bela di lokasi, Sabtu (6/5/2023).

Lokasinya pun strategis dan mudah dicapai dengan transportasi umum. Alamatnya di Jalan Lembang Terusan Nomor D-59, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Bagi yang menggunakan bus TransJakarta, bisa naik nomor 4C (Bundaran Senayan-TU Gas) dan turun di Halte Taman Suropati, lalu lanjut berjalan kaki menuju taman sekitar 600 meter. 

Pengunjung yang naik KRL Commuterline, bisa turun di Stasiun Cikini, lalu lanjut berjalan kaki ke taman sekitar satu kilometer.

Kamu bisa berkunjung ke taman ini setiap hari, mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Aktivitas di Taman Situ Lembang

Berikut sejumlah aktivitas yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Taman Situ Lembang:

Di sebelah jalur masuk kawasan Taman Sittu Lembang, terdapat dua rak Bookhive berisi aneka buku yang bisa dibaca secara gratis di area taman.

"Ini adalah perpustakaan terbuka. Jadi buku di sini adalah bagian dari sumbangan, orang yang mau donasi bisa langsung ditaruh di raknya, dan kalau mau membaca buku harap ditaruh kembali," ucap Eco-Travel Coordinator Sebumi, Dwinda Nafisah dalam kesempatan serupa.

Bagi yang ingin mengawali hari dengan kegiatan produktif bisa berolahraga ringan, misalnya jalan santai atau joging, di Taman Situ Lembang.

Taman ini punya jogging track yang mengitari danau di tengah taman. Ditambah lagi, aneka tumbuhan hijau yang ada di Taman Situ Lembang turut memberi kesejukan, dan membuat aktivitas olahraga bisa kian menyenangkan.

Sejuknya semilir angin di Taman Situ Lembang bisa memberi kenyamanan bagi siapa saja, khususnya jika ingin beristirahat sembari duduk santai di kursi taman. 

Sembari menghirup udara segar, kamu akan ditemani kicauan burung dan suara soang yang saling bersahutan. Suasananya pun pas untuk melepas penat.

Bila sudah berkeluarga, sesekali ajaklah anak bermain di ruang terbuka, salah satunya di Taman Situ Lembang.

Selain membaca gratis, taman ini terbilang luas sehingga pas dikunjungi oleh si kecil.

Taman Situ Lembang juga punya sejumlah wahana permainan, seperti panjat besi mini dan ayunan kaki yang bisa digunakan oleh anak.

https://travel.kompas.com/read/2023/05/24/212433127/4-aktivitas-di-taman-situ-lembang-main-bareng-anak-dan-baca-gratis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke