Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lisa Blackpink Kunjungi Ayutthaya di Thailand, Catat 3 Lokasinya

KOMPAS.com - Lalisa "Lisa" Manoban, salah seorang anggota grup K-Pop Blackpink, mengunggah sejumlah foto saat ia berkunjung ke Ayutthaya, Thailand, pada Senin (5/6/2023).

Di foto tersebut, ia terlihat berpose di depan reruntuhan dan kuil yang ada di Ibu Kota Kerajaan Siam zaman dahulu (1350-1767) ini. Ia juga memakai pakaian tradisional Thailand, salah satunya kain tenun dari Kota Udon Thani.

  • Korean Air Lucurkan Pesawat Khusus Livery Personel Blackpink
  • Tempat Lahir Lisa Blackpink, Mari Mengenal Buriram

Menurut Deputi Gubernur untuk Pemasaran Internasional di Tourism Authority Thailand (TAT), Thapanee Kiatpaiboon, tindakan Lisa akan menginspirasi para penggemarnya untuk mengunjungi lokasi yang sama dan memakai pakaian tradisional.

"Perjalanannya ke Ayutthaya akan berefek positif terhadap industri pariwisata dan membantu perekonomian bisnis-bisnis setempat," ujar Kiatpaiboon, dikutip dari Bangkok Post, Rabu (7/6/2023).

Kiatpaiboon pun menyebutkan sejumlah lokasi yang didatangi Lisa. Berikut beberapa di antaranya:

Wat Mahathat atau Wat Phra Mahathat diyakini sebagai salah satu kuil tertua di Ayutthaya lantaran kemungkinan dibangun oleh Raja Boromaraja I (1370-1388).

Adapun Wat Phra Mahathat, dilansir dari laman TAT, dulunya merupakan Kuil Kerajaan Ayutthaya sekaligus rumah dari relik suci Buddha. Banyak upacara kerajaan penting yang diadakan di kuil tersebut.

Saat Kerajaan Ayutthaya mengalami keruntuhan pada tahun 1767, kuil ini rusak berat akibat api dan sempat ditinggalkan.

Salah satu daya tarik Wat Phra Mahathat yang populer adalah patung kepala Buddha yang hampir diselimuti akar pohon. 

Wat Mae Nang Pleum dikenal sebagai biara tua yang didirikan pada masa Kerajaan Ayutthaya.

Dikutip dari laman resmi TAT, konon bangunan ini berkaitan dengan kisah Mae Pleum.

Pada waktu itu, Raja Naresuan tengah berlayar di sungai, namun terjebak badai sehingga tidak bisa kembali ke kerajaan. Sang raja pun mengunjungi sebuah rumah kecil nan sederhana yang dihuni perempuan tua bernama Mae Pleum. 

Mae Pleum sangat baik hati, bahkan memberi sang raja minuman dan mengizinkannya berlindung sementara waktu tanpa mengetahui bahwa sosok tersebut adalah Raja Naresuan.

Sekembalinya ke kerajaan, sang raja membalas kebaikan Mae Pleum dengan mengadakan perayaan. Saat Mae Pleum meninggal, sang raja mengurus pemakamannya dan membangun kuil bernama "Mae Pleum".

Pada waktu yang sama, Lisa juga terlihat mengunjungi Restoran Kaow Laor di Ayutthaya. Akun Instagram resmi restoran tersebut bahkan mengunggah foto Lisa dan mengucapkan terima kasih atas kunjungannya.

Menawarkan interior berwarna putih dengan panorama taman dan sungai, Kaow Laor masuk daftar Michelin Guidebook to Phra Nakhon Si Ayutthaya.

Restoran ini menyajikan hidangan khas Thailand, mulai dari udang hingga menu lainnya yang berbahan dasar ikan di sungai setempat, dikutip dari laman Michelin Guide.

https://travel.kompas.com/read/2023/06/07/170945227/lisa-blackpink-kunjungi-ayutthaya-di-thailand-catat-3-lokasinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke