Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ancol Jadi Favorit Saat Libur Sekolah, Banyak yang dari Luar Kota

KOMPAS.com - Ancol Taman Impian di Jakarta Utara menjadi salah satu tempat wisata favorit pengunjung saat libur panjang sekolah atau pada Juni-Juli tahun ini. 

Dari pantauan Kompas.com di lapangan, Selasa (27/6/2023) siang, suasana di beberapa unit rekreasi Ancol cukup ramai. Pengunjung didominasi oleh keluarga dengan anak-anak, salah satunya adalah Angga dari Pulau Kalimantan.

  • Daftar Harga Tiket Masuk Ancol Saat Libur Sekolah 2023, Ada Promo
  • Ancol Buka Lebih Lama Selama Liburan Sekolah, Catat Jam dan Agendanya

"Karena school holiday (libur sekolah), anak-anak libur jadi pada ngajakin jalan. Anak saya yang pertama di Yogyakarta kelas 5 SD. Sekarang sama istri, anak kedua kelas 2 SD, satu lagi masih setahun," kata Angga kepada Kompas.com, Selas (27/6/2023).

Laki-laki berusia 35 tahun itu mengatakan, keluarganya sengaja melakukan perjalanan keliling Pulau Jawa sembari menikmati momen libur panjang sekolah.

Ia melanjutkan, sebelumnya rencana tersebut sudah dibuat sejak pandemi Covid-19, namun baru terealisasi saat ini. Aangga dan keluarganya sudah menyiapkan rencana perjalanan ke sejumlah tempat di Pulau Jawa. 

"Saya di Jawa sekitar 10 hari karena tur Jawa. Kemarin dari Bogor, dari Minggu 25 Juni sampai 15 juli. Sudah dari Taman Safari Bogor, hari ini ke Ancol, besok Taman Mini, lusanya ke Monas, Kota Tua dan sekitarnya," terang dia. 

Setelah dari Jakarta, ia akan melanjutkan perjalanan ke Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang, lalu kembali ke Kalimantan. 

Banyak rombongan sekolah

Tidak hanya keluarga yang berlibur ke Ancol, sejumlah rombongan murid sekolah juga terlihat memadati kawasan tempat rekreasi tersebut. Salah satunya adalah Ayi.

"Saya dari Subang, datang sama rombongan dari SD. Kami datang dari subuh, seharian saja di Ancol, enggak menginap," ujar Ayi. 

Ia menjelaskan, dirinya datang dengan enam bus rombongan SDN 4 Sagalaherang dari Subang, Jawa Barat. Mereka mengunjungi dua unit rekreasi yaitu Ocean Dream Samudra dan Sea World, serta terakhir ke Pantai Ancol. 

"Sudah ke Ocean Dream Samudra, habis ini mau ke Sea World tapi menunggu rombongan. Kami datang enam bus. Satu kelas tapi sebagian ada yang nyampur, kelas 1 sampai kelas 6," kata dia.

Terlihat datang bersama beberapa ibu dan guru yang lain, mereka mengenakan seragam sekolah berwarna senada. Anak-anak tampak berlarian sambil digandeng oleh ibu atau guru mereka. 

Menurut Angga dan keluarga, Ancol menjadi salah satu tujuan rekreasi yang dipilih karena dianggap cocok bagi pengunjung keluarga. 

"Cocok buat anak-anak wisata keluarga ya, suasananya memang buat liburan keluarga banget. (Di) Ancol kami mau coba semua (unit rekreasi), kecuali Atlantis (Water Adventure) kami enggak mau berenang," ujar Angga. 

  • Apakah Boleh Membawa Makanan ke Ancol?
  • Jangan Bawa Hewan Peliharaan ke Dufan Ancol, Ini Alasannya

Senada, Ayi juga menyebut bahwa Ancol menjadi tempat wisata yang diminati anak-anak sekolah serta para wali. 

"Terakhir lima tahun yang lalu saya ke sini. Enggak kapok sih tapi, pas buat anak, kalau ada rezeki mau ke sini lagi," ujarnya. 

Adapun untuk tempat yang paling disukai, Ayi mengaku menikmati Sea World. Sebab, selain edukatif untuk anak-anak, tempatnya juga berada di dalam ruangan sehingga sejuk dan nyaman bagi yang membawa anak kecil. 

https://travel.kompas.com/read/2023/06/29/121453227/ancol-jadi-favorit-saat-libur-sekolah-banyak-yang-dari-luar-kota

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke