Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perpustakaan Rimba Baca: Jam Buka, Lokasi, dan Cara Jadi Anggota

KOMPAS.com - Menghabiskan waktu di akhir pekan bisa dengan wisata edukasi ke berbagai perpustakaan di Jakarta, salah satunya Rimba Baca. 

Rimba Baca merupakan perpustakaan milik pribadi yang lebih berfokus ke koleksi untuk anak-anak, meski tersedia juga area dan koleksi buku untuk orang dewasa atau pendamping. 

  • Asyiknya Berkunjung ke Rimba Baca di Jakarta Selatan, Bisa Buat Anak dan Dewasa
  • Cara ke Perpustakaan Rimba Baca Naik KRL, MRT, dan Transjakarta

Pemilik Rimba Baca, Fitriyana mengatakan bahwa awalnya perpustakaan ini didirikan untuk menciptakan ruang yang nyaman bagi anak-anak dalam hal literasi. 

"Sudah buka sejak 2011. Konsep awal kami memang mau menciptakan tempat yang nyaman untuk anak-anak membaca," ujar Fitriyana kepada Kompas.com, Minggu (2/7/2023). 

Menurutnya, anak-anak akan bisa senang membaca jika berada di tempat yang nyaman, serta diberikan buku yang menarik dan sesuai umurnya, dengan topik yang mereka sukai. 

Jika tertarik untuk berkunjung, simak informasi seputar jam buka, lokasi, dan sistem keanggotaan Rimba Baca berikut ini. 

Jam buka dan lokasi Rimba Baca

Rimba Baca berada di kompleks perumahan, tepatnya di Jalan Intan RSPP Utara Nomor 21B, Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan.

Ada beberapa transportasi umum terdekat, seperti MRT dan bus Transjakarta, yang bisa dinaiki untuk menjangkau Rimba Baca. Namun, pengunjung masih harus lanjut jalan kaki, naik angkutan umum, atau ojek online (daring) untuk tiba di lokasi. 

"Kami buka setiap hari kecuali hari libur nasional. Mulai jam 10 pagi sampai 5 sore," ujar Fitriyana. 

Jam operasional Rimba Baca adalah setiap hari Senin-Minggu, pukul 10.00 WIB-17.00 WIB. Tempat ini hanya tutup saat hari libur nasional atau tanggal merah.

Untuk datang dan membaca buku di Rimba Baca, pengunjung dikenakan tarif tertentu. Sebab, perpustakaan ini merupakan milik pribadi yang operasionalnya juga dari perseorangan. 

Bagi yang tidak ingin menjadi anggota akan dikenakan biaya satu kali kunjungan mulai Rp 45.000 per anak, tanpa batas waktu.

Adapun pendamping atau orang dewasanya dikenakan biaya mulai Rp 15.000, namun tidak bisa meminjam buku untuk dibawa pulang. 

  • Buat Kartu Anggota Perpustakaan Erasmus Huis, Harus Bayar Berapa?
  • Perpustakaan Erasmus Huis: Jam Buka dan Tarif Keanggotaan

"Misalnya tidak mau jadi member, mau baca saja bisa bayar per kedatangan, bisa seharian di sini. Tapi bukunya tidak bisa dibawa pulang," kata Fitriyana. 

Bagi yang ingin meminjam buku, bisa mendaftarkan diri sebagai anggota perpustakaan Rimba Baca. 

"Kalau jadi member sistemnya bayar tahunan, bukunya bisa dibawa pulang," tuturnya.

Berikut informasi sistem keanggotaan di Rimba Baca:

Sebagai informasi, terdapat denda yang harus dibayarkan jika terdapat kerusakan pada buku atau ada keterlambatan pengembalian. 

"Jadi bisa buku pinjam seminggu, boleh perpanjang lewat telepon untuk dua minggu, nanti kembalikan dulu setelah dua minggu, kami cek. Baru setelahnya kalau mau pinjam lagi boleh," terang Fitriyana. 

Adapun registrasi bisa dilakukan langsung di tempat, menggunakan uang tunai atau non-tunai. Pengunjung juga bisa langsung datang tanpa registrasi online sebelumnya. 

https://travel.kompas.com/read/2023/07/03/170800327/perpustakaan-rimba-baca--jam-buka-lokasi-dan-cara-jadi-anggota

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke