Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Stasiun dengan Jalur Terbanyak di Indonesia, Bukan Manggarai 

KOMPAS.com - Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, merupakan stasiun paling sibuk di Indonesia. Meskipun jadi stasiun paling sibuk, stasiun kereta api yang berada di Manggarai ini bukan stasiun dengan jalur terbanyak di Indonesia.

Ternyata, stasiun dengan jalur terbanyak di Indonesia adalah Stasiun Sidotopo, Jalan Sidotopo Wetan, Simokerto, Surabaya. Stasiun Sidotopo memiliki 17 jalur kereta.

  • Cara ke Jember dari Jakarta, Bisa Naik Kereta Api Tanpa Transit
  • Kereta Api Sulawesi Selatan Jadi Sasaran Obyek Libur Sekolah

Sebagai perbandingan, Stasiun Manggarai sebagai stasiun paling sibuk di Indonesia mempunyai 14 jalur kereta. Informasi tersebut disampaikan oleh PT KAI (Persero) lewat akun Instagram resminya,@kai121_. 

“Ternyata, stasiun pemegang rekor dengan jumlah jalur kereta terbanyak bukan di Manggarai, bestie! Tapi justru ada di Surabaya, tepatnya di Stasiun Sidotopo,” tulis KAI dikutip Kompas.com, Rabu (12/7/2023).

Berbeda dari stasiun kereta api pada umumnya, Stasiun Sidotopo tidak melayani naik turun penumpang. Stasiun Sidotopo adalah depo lokomotif, atau tempat penyimpanan dan bengkel lokomotif-lokomotif milik Daerah Operasi VIII Surabaya dan daerah operasi lainnya di Jawa. 

Selain itu, terdapat pula depo kereta dan gerbong. Bahkan, Stasiun Sidotop adalah depo lokomotif terluas di Pulau Jawa sehingga tidak heran jika stasiun ini memiliki 17 jalur kereta api.

“Stasiun Sidotopo menjadi 'rumah peristirahatan' bagi lokomotif, gerbong, dan kereta yang sudah pensiun,” imbuh KAI.

Oleh sebab itu, sebagian masyarakat menyebut Stasiun Sidotopo sebagai “kuburan” kereta.

Sebab, bukannya menjumpai kereta eksekutif atau ekonomi yang berangkat ke berbagai kota, pengunjung justru akan melihat berbagai bekas lokomotif usang, bekas, dan tidak digunakan lagi.

Selain itu, Stasiun Sidotopo juga digunakan untuk memperbaiki lokomotif yang rusak.

  • Naik Kereta Api Jarak Jauh Kini Tidak Wajib Pakai Masker
  • 7 Perubahan Perjalanan Kereta Api per 1 Juni Berdasarkan Gapeka 2023

Walaupun terkesan agak menyeramkan, pengunjung bisa mendapatkan foto Instagramable dengan latar belakang berbagai deretan lokomotif usang, dikutip dari laman Direktori Pariwisata.

Jika ingin berkunjung ke Stasiun Sidotopo, jaraknya sekitar 3 kilometer (km) atau 12 menit berkendara dari Kota Surabaya.

https://travel.kompas.com/read/2023/07/12/114000727/stasiun-dengan-jalur-terbanyak-di-indonesia-bukan-manggarai

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke