Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Aktivitas di Mikie Funland, Taman Bermain Terbesar di Sumatera Utara

KOMPAS.com - Mikie Funland Medan merupakan taman bermain atau theme park pertama dan terbesar di Sumatera Utara. Ada beragam aktivitas di Mikie Funland yang dapat dilakukan wisatawan saat berkunjung ke obyek wisata ini.

Lokasinya berada di Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Dari Kota Medan, Mikie Funland berjarak sekitar 61 kilometer (km), atau 2 jam berkendara.

  • Mikie Funland, Taman Bermain Terbesar di Sumatera Utara Punya Lebih dari 35 Wahana
  • Harga Tiket Masuk Mikie Funland Medan, Ada Jalur VIP 

Sales & Promotion Manager Mikie Funland, Simon Barus mengatakan, theme park ini memiliki luas mencapai 12 hektar dan berada di dataran tinggi sehingga memiliki udara sejuk. Sebab, obyek wisata ini berada di ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut (mdpl).

“Kalau di Jakarta mau jalan-jalan ke Puncak itu perginya ke Bogor. Nah, kalau di Medan mau jalan-jalan ke Puncak itu perginya ke Berastagi,” ujarnya kepada Kompas.com, Senin (17/7/2023). 

Simon menuturkan, Mikie Funland masih berada dalam satu manajemen dengan Mikie Holiday Resort. Jadi, para tamu yang menginap di Mikie Holiday Resort pada saat akhir pekan (weekend) akan mendapatkan akses ke Mikie Funland, dengan sejumlah syarat dan ketentuan yang berlaku.

“Kami berdampingan langsung dengan hotel, jadi tidak susah untuk cari penginapan,” katanya.

Harga tiket masuk Mikie Fundland terbagi menjadi tiket reguler dan VIP. Harga tiket masuk Mikie Funland reguler adalah Rp 105.000 per orang. Dengan tarif itu, pengunjung bisa naik semua wahana yang tersedia.

“Harga tiket masuk Mikie Funland Rp 105.000 per orang, sudah bebas main semua wahana. Jadi, kalau sudah beli tiket itu di dalam tinggal antri di wahana, tapi tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di setiap wahana,” jelas Simon.

  • 10 Tempat Wisata Sejarah di Medan untuk Liburan Sekolah 
  • Pos Bloc Medan, Pusat Kesenian dan Kuliner di Gedung Bekas Kantor Pos

Sedangkan, harga tiket VIP adalah Rp 200.000 per orang. Keuntungan tiket VIP adalah mendapatkan antrian jalur khusus atau jalur prioritas, terpisah dengan pengunjung yang membeli tiket reguler.

Simon menuturkan, kuota tiket VIP terbatas setiap harinya, hanya sekitar 100 tiket per hari. Jadi, proses antrinya jauh lebih cepat dibandingkan tiket reguler.

Aktivitas di Mikie Funland 

Berikut sejumlah aktivitas wisata di Mikie Funland yang bisa dilakukan pengunjung, seperti dihimpun Kompas.com. 

Pengunjung bisa menjumpai lebih dari 35 wahana permainan di Mikie Holiday, yang terbagi menjadi kategori anak-anak hingga dewasa. Ada banyak wahana permainan yang menguji adrenalin, maupun wahana ramah anak.

Dari semua wahana tersebut, sejumlah wahana populer di kalangan wisatawan antara lain Bon Voyage, Dolphin Bay, Tsunami, Buzz Coaster, Jelly Swing, Sea Battle, Sea Monster, The Falls, dan The Wave.

Sementara, wahana signature Miki Funland, salah satunya yakni Tsunami yakni berupa gondola yang dapat berputar 360 derajat.

“Ada istilah, main ke Mikie Fundland belum sah, kalau belum main Tsunami. Di samping itu masih ada wahana signature lain seperti Jurassic Tree, Dino Vs Dino, dan Dolphin Bay,” tutur Simon.

2. Foto di spot Instagramable 

Sembari naik wahana, pengunjung bisa hunting foto di berbagai spot Instagramable termasuk di wahana. Beragam ekspresi saat naik wahana bisa menjadi foto kenang-kenangan saat liburan.

Selain itu, wahana-wahana di Mikie Funland memiliki bentuk dan warna-warni unik yang bisa menjadi latar belakang foto.

Bagi pengunjung yang ingin berkeliling area Mikie Funland, tersedia sepeda listrik dan skuter. Bagi pengunjung yang ingin keliling area Mikie Funland bisa menyewa sepeda listrik atau skuter dengan tarif terpisah dari harga tiket masuk.

  • 6 Wisata Budaya Medan, Ada Istana hingga Pecinan
  • 7 Wisata Alam di Medan, Ada Penangkaran Buaya Terbesar di Asia Tenggara

4. Nongkrong di restoran dan kafe

Setelah puas naik wahana dan keliling area Mikie Funland, pengunjung bisa nongkrong di restoran dan kafe yang tersedia.

Ada beragam outlet makanan di Mikie Funland, antara lain Frisbee, Jungle Resto, Pirate Cafe, Bumper Bonanza, Snack Bar, Delight Gourment, dan Athena.

“Kami juga menyediakan restoran dan foodcourt yang tersebar di beberapa tempat. Jadi, kalau untuk makanan tersedia cukup banyak,” jelas Simon.

5. Duduk santai di gezebo 

Mikie Funland juga menyediakan gazebo sebagai tempat bersantai para wisatawan. Sembari duduk, pengunjung bisa menikmati panorama dari ketinggian serta udara yang sejuk.

Mikie Funland juga mempunyai sejumlah fasilitas lain seperti area parkir yang luas, toilet, klinik kesehatan, taman, shuttle bus, mesin ATM, dan pusat informasi.

https://travel.kompas.com/read/2023/07/18/164500327/5-aktivitas-di-mikie-funland-taman-bermain-terbesar-di-sumatera-utara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke