Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Wisata yang Wajib Dikunjungi di Tanah Laut, Ada Pantai Batakan Baru

KOMPAS.com - Kabupaten Tanah Laut di Provinsi Kalimantan Selatan punya beragam destinasi wisata menarik. Mulai dari pantai, air terjun, bukit, hingga wisata buatan seperti taman. 

Jika berkunjung ke Tanah Laut, berikut beberapa tempat wisata yang direkomendasikan oleh Bupati Tanah Laut Sukamta. 

"Pantai Takisung atau Pantai Batakan Baru yang dekat (dari ibukota Tanah laut atau dari Banjarbaru), Air Terjun Bajuin, ruang publik kami juga ada namanya Taman Permana," ujarnya saat ditemui di Bentara Budaya Jakarta, Jumat (28/7/2023).

 

Selain itu, Sukamta juga menyarankan desa produksi batik seperti sasirangan, atau Desa Tanjung Dewa yang juga memiliki pantai untuk menikmati aneka kuliner khas Pelaihari, ibukota Kabupaten Tanah Laut. 

Rekomendasi wisata Tanah Laut

Berikut ini Kompas.com rangkum rekomendasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Kabupaten Tanah Laut:

1. Air Terjun Bajuin

Dilansir dari laman Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Laut, Air Terjun Bajuin terletak di Desa Sungai Bakar, Kecamatan Bajuin, dengan jarak sekitar 10 km dari kota Pelaihari. Untuk menuju wisata ini, bisa naik mobil dan sepeda motor.

Air ini cukup indah, berada di atas pegunungan yang masih di tumbuhi oleh pohon-pohon yang rindang, sejuk dan dengan panorama alam yang sangat indah.

Terdapat tiga buah obyek wisata di Air Terjun Bajuin yang bisa dinikmati oleh para wisatawan, yaitu air terjun 1 berjarak 750 meter, air terjun 2 berjarak 1.200 meter dan air terjun 3 berjarak 1800 meter dari Terminal.

Air Terjun Bajuin sudah dilengkapi fasilitas seperti toilet, tempat istirahat, warung, musholla, dan juga ada silter untuk bersantai.

2. Pantai Takisung

Pantai Takisung adalah merupakan obyek wisata pantai dengan aktivitas jual beli ikan segar maupun ikan kering langsung dari nelayan.

Pasar-pasar di sana juga menjual jajanan khas pantai, mulai dari ikan asin, hiasan kerang, udang, ikan, sampai terumbu karang. 

Pantai Takisung terletak di desa Takisung, Kecamatan Takisung, yaitu sebelah barat wilayah Kabupaten Tanah Laut. Jaraknya kurang lebih 22 km dari kota Pelaihari atau kurang lebih 87 km dari ibu kota Kalimantan Selatan yaitu Banjarmasin.

Meskipun Pantai Takisung merupakan Laut Jawa, namun ombaknya tidak besar seperti halnya pantai selatan pulau Jawa. Sehingga aman untuk wisata maupun menjadi pemukiman.


3. Pantai Batakan Baru

Pantai Batakan merupakan obyek wisata bahari dengan panorama alam pegunungan. Pantai ini terletak di kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut, atau sekitar 40 kilometer dari Pelaihari. 

Untuk mencapai lokasi Pantai Batakan, dari Kota Banjarbaru relatif mudah. Kondisi jalannya cukup baik, berkelak-kelok, dan turun-naik menyajikan pemandangan alam berupa barisan perbukitan, hamparan sawah, dan perkampungan nelayan di tepi pantai.

Pengunjung dapat mengelilingi pantai sambil menggunakan kuda sewaan, bersantai di bawah pohon cemara sambil menikmati keindahan pantai, atau menyaksikan matahari terbenam (sunset).

Di lepas pantai Batakan juga dapat dijumpai Pulau Datu yang merupakan obyek wisata ziarah makam.

Fasilitas Pantai Batakan, seperti kamar mandi untuk bilas, masjid, panggung hiburan, cottage, restourant, penginapan, playground, hingga area parkir kendaraan tersedia.

4. Taman Permana

Taman Permana adalah sebuah taman hijau yang berada di Desa Bekatung, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut.

Jarak tempuh dari Kota Banjarbaru adalah sekitar 56 km dalam waktu 1 jam 10 menit, dan dari Kota Pelaihari sekitar 4,8 km saja dalam waktu sekitar 10 menit.

Lahan pribadi milik salah satu warga ini menawarkan pemandangan yang cukup asri dengan bukit-bukit kecil dan hamparan rumput yang hijau, serta pepohonan yang membuat tempat ini semakin rindang.

Di sana juga terdapat gazebo-gazebo untuk berteduh dan banyak spot foto yang instagramable. Tempat ini menjadi rekomendasi bagi yang ingin liburan bersama keluarga, karena bisa juga untuk camp atau bermalam. 

5. Desa dan Pantai Tanjung Dewa

Saat berkunjung ke Tanjung Dewa, ada desa sekaligus pantai yang bisa dikunjungi. Desa Tanjung Dewa menjadi salah satu lumbung ikan laut di Tanah Laut. 

Pengunjung yang datang ke desa bisa menikmati kuliner khas seperti ikan laut telang, ikan jenis otek, serta beberapa jenis ikan kecil lainnya, dikutip dari Tribunnews.com. 

Tanjung Dewa juga memiliki potensi dijadikan desa wisata karena dinilai punya kelebihan dengan suasana yang teduh, damai, dan aman. Sejauh mata memandang dapat terlihat pohon-pohon kelapa di pesisir pantai.

Adapun Pantai Tanjung Dewa berada di Desa Tanjung Dewa, Kecamatan Panyipatan, sekitar 40 km dari kota Pelaihari. Pantai ini cukup menarik untuk dikunjungi karena pantainya terjal bebatuan, dengan Pulau Datuk berada di seberangnya.

Di pulau tersebut, bermakam seorang ulama yang selama hidupnya sering menangkap burung dengan menggunakan perekat dari karet di pulau tersebut.

https://travel.kompas.com/read/2023/07/31/101000427/5-wisata-yang-wajib-dikunjungi-di-tanah-laut-ada-pantai-batakan-baru

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke