Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Perbedaan Bandara Juanda Terminal 1 dan 2? Penumpang Wajib Tahu 

KOMPAS.com - Bandara Internasional Juanda merupakan salah satu pintu gerbang menuju Kota Surabaya dan Provinsi Jawa Timur. Lokasinya berada di Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, atau sekitar 26 kilometer (45 menit hingga 1 jam berkendara) dari Kota Surabaya.

Sebagai bandara bertaraf internasional, tidak heran jika Bandara Juanda selalu dipadati penumpang setiap harinya. Bandara Juanda memiliki dua terminal, yakni Terminal 1 dan Terminal 2.

  • 4 Transportasi ke Bandara Juanda dari Surabaya 
  • Penumpang Bandara Juanda Naik 83 Persen pada 2022, Capai 10,7 Juta

Jarak kedua terminal cukup jauh, sekitar 15 menit berkendara. Namun, pihak pengelola Bandara Juanda telah menyediakan shuttle bus yang mengantarkan penumpang dari Terminal 1 ke Terminal 2 dan sebaliknya, secara gratis.

Lantas, apa perbedaan Bandara Juanda Terminal 1 dan 2? Simak ulasannya berikut ini.

Penumpang wajib mengetahui perbedaan Bandara Juanda Terminal 1 dan 2. Selain lokasi yang relatif jauh, kedua terminal tersebut melayani jenis penerbangan yang berbeda.  

Bandara Juanda Terminal 1 penerbangan apa? 

Bandara Juanda Terminal 1 merupakan bangunan yang pertama kali dibangun. Namun, lantaran penumpang yang melebihi kapasitas, sehingga pemerintah memutuskan membangun Terminal 2.

Lokasi Terminal 2 berada di lokasi lama terminal lama Bandara Juanda, dan resmi beroperasi pada Februari 2014, seperti dikutip dari website Juanda Airport.

Bandara Juanda Terminal 1 hanya melayani penerbangan domestik. Sejumlah maskapai penerbangan yang mendarat di Bandara Juanda Terminal 1 antara lain, Citilink, Sriwijaya Air, Batik Air, dan Lion Air.

  • Garuda Indonesia Layani Penerbangan Umrah Lewat Bandara Juanda
  • Bandara Juanda Buka Penerbangan Internasional, Begini Alurnya

Bandara Juanda Terminal 2 penerbangan apa? 

Sementara itu, Terminal 2 melayani penerbangan domestik dan penerbangan internasional.

Sejumlah maskapai penerbangan yang mendarat di Bandara Juanda Terminal 2 antara lain, Garuda Indonesia, AirAsia, Lion Air, China Airlines, Singapore Airlines, Eva Air, Cathay Pasific, dan Jetstar.

https://travel.kompas.com/read/2023/08/14/174000627/apa-perbedaan-bandara-juanda-terminal-1-dan-2-penumpang-wajib-tahu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke