Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tips Naik LRT Jabodebek yang Baru Beroperasi, Naik Transportasi Umum

KOMPAS.com- Light Rail Transit (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek) atau LRT Jabodebek yang telah beroperasi sejak Senin (28/8/2023) cukup menarik perhatian masyarakat. 

Dari pantauan di media sosial dan pengalaman Kompas.com saat menjajal transportasi massa ini, Rabu (30/8/2023), kondisi LRT Jabodebek nyaris tidak pernah sepi.

  • Naik LRT Jabodebek ke Stasiun Gambir dan Pasarsenen, Bisa Lanjut TransJakarta
  • Rute LRT Jabodebek dan Tarifnya, Masyarakat Bisa Naik Mulai Hari Ini 

Baik pagi, siang, maupun sore, masyarakat dari berbagai kalangan seperti anak kecil hingga orang lanjut usia (lansia) tampak meramaikan LRT Jabodebek. 

Rute LRT Jabodebek terbagi menjadi dua line yakni Cibubur Line (blue line) dan Bekasi Line (green line).

Terdapat 12 stasiun LRT Jabodebek yang melayani Cibubur Line mulai dari Stasiun LRT Dukuh sampai Harjamukti. Adapun stasiun LRT Jabodebek Bekasi Line melayani 14 stasiun, mulai dari Stasiun LRT Dukuh Atas sampai Jatimulya.

Tips naik LRT Jabodebek

Jika tertarik, berikut beberapa tips untuk naik LRT Jabodebek, berdasarkan pengalaman dan pengamatan Kompas.com saat menjajal transportasi ini, Rabu (30/8/2023) lalu. 

Pertama, yang sebaiknya dilakukan adalah mencari tahu rute dan jadwal kereta LRT yang akan kamu naiki. Informasi resmi bisa dilihat dari media sosial LRT atau papan informasi di stasiun. 

Setelah mengetahui jadwal dan rute keberangkatan atau ketibaan, kamu sebaiknya memfoto atau mencatat informasi tersebut melalui ponselmu sebagai acuan, yang akan mempermudah jika ke depannya naik LRT lagi. 

Apalagi, informasi yang tertera pada papan pengumuman termasuk cukup lengkap. Misalnya transportasi yang terintegrasi dengan stasiun, denah stasiun LRT, dan jam operasional LRT.

Dengan demikian, kamu akan tahu informasi bahwa sejak diresmikan hingga satu bulan ke depan tepatnya akhir September, waktu operasional LRT Jabodebek baru sampai pukul 20.00 WIB.

Jika masih bingung atau ingin memastikan hal terkait LRT lainnya, jangan segan-segan bertanya kepada petugas yang ada di lokasi. Mereka cukup ramah dan akan membantu menjawab pertanyaanmu. 

Hingga akhir September 2023, tepatnya Sabtu (30/9/2023), penumpang LRT Jabodebek bisa membayar tiket sebesar Rp 5.000 untuk seluruh lintas pelayanan.

Sementara itu, tarif promo yang diberikan mulai Oktober 2023 hingga 29 Februari 2024 adalah maksimal Rp 20.000 untuk jarak terjauh.

Adapun pembayaran hanya bisa dilakukan dengan cara non-tunai, seperti dengan kartu uang elektronik (e-money) perbankan BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, BCA, dan Bank DKI Jakarta. Atau dengan kartu multitrip (KMT) KAI Commuter, serta memindai QRIS Link Aja dan KAI PAY.

Pastikan kamu membawa uang non-tunai dengan saldo yang cukup baik di kartu ataupun di aplikasi yang kamu miliki.

Saldo yang cukup akan memudahkanmu sehingga kamu tidak perlu mengantre ke loket penjualan kartu uang elektronik di setiap stasiun.

Sebab, dari pantauan Kompas.com per Rabu (30/8/2023), mesin tiket yang ada di Stasiun LRT Dukuh Atas belum bisa digunakan. Penumpang yang ingin top up atau membeli kartu harus mengantre di loket. 

Jika ingin berangkat ke stasiun LRT terdekat, sebaiknya gunakan transportasi umum yang terintegrasi seperti KRL atau TransJakarta, atau bisa juga jalan kaki. 

Dikutip dari video Kompas.com, Jumat (28/8/2023), terdapat sekitar 10 lokasi parkir LRT Jabodebek yaitu di Stasiun Dukuh Atas, Rasuna Said, Cikoko, Jatibening Baru, Cikunir II, Bekasi Barat, Jati Mulya, Kampung Rambutan, Ciracas, dan Harjamukti.

Namun, karena masih baru dibuka dan masih dalam tahap uji coba, dari pantauan Kompas.com di lapangan, Rabu (30/8/2023), beberapa area parkir masih bersifat temporer atau belum benar-benar dioperasikan.

Misalnya di kantong parkir Stasiun LRT Dukuh Atas, belum ada area parkir resmi dengan karcis kendaraan yang tersedia. Kantong parkir ini nantinya akan berlokasi di basement Landmark Centre yang sudah bekerja sama dengan LRT. 

Oleh karena itu, untuk berjaga-jaga sebelum naik LRT Jabodebek, sebaiknya datang menggunakan transportasi umum yang sudah terintegrasi, agar tidak repot mencari parkir.

Beberapa waktu terakhir, sejumlah penumpang yang telah naik LRT Jabodebek menyampaikan keluhan, mulai dari tidak tepatnya waktu keberangkatan, jadwal tidak pas, hingga persoalan lain yang menyebabkan keterlambatan pekerja kantoran.

Adapun saat Kompas.com menaiki LRT Jabodebek rute Dukuh Atas-TMII, Rabu (30/8/2023) siang, sebenarnya perjalanan termasuk cukup lancar. 

Oleh karena kendala teknis tidak dapat diprediksi, penumpang diharapkan dapat sabar dan lebih baik tidak sedang terburu-buru saat menaiki LRT Jabodebek, dalam waktu dekat ini. 

Setidaknya, dengan menaiki LRT Jabodebek saat sedang memiliki waktu senggang atau tidak diburu-buru, kamu akan lebih santai dan mengurangi kepanikan yang mungkin muncul. 

https://travel.kompas.com/read/2023/08/31/184444927/4-tips-naik-lrt-jabodebek-yang-baru-beroperasi-naik-transportasi-umum

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke