Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Rekomendasi Wisata di Probolinggo, Ada Museum dan Gereja Merah

KOMPAS.com - Kota Probolinggo, Jawa Timur, dikenal sebagai kota transit karena lokasinya strategis dan kerap dilalui oleh wisatawan yang hendak ke Bromo atau ke Banyuwangi.

"Kota Probolinggo sekarang menjadi kota transit karena ada pelabuhan juga, jadi sentranya di sana," kata Walikota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin dalam Program Nusaraya di Gedung Kompas Gramedia, Jakarta Pusat, Rabu (30/8/2023).

  • Tarif Terbaru Jip Wisata Gunung Bromo dari Pintu Masuk Probolinggo
  • Wisata Mangrove di Probolinggo, Healing Sambil Berburu Foto

Habib, begitu sapaan akrabnya, mengatakan bahwa Probolinggo merupakan daerah yang cocok didatangi oleh wisatawan kalangan keluarga.

"Di Probolinggo itu ada wisata alam dan wisata religinya. Ada air terjun, arung jeram, dan wisata Bromo," katanya.

Selain wisata Bromo yang sudah cukup dikenal oleh masyarakat luas, Habib memaparkan beberapa tempat wisata lainnya di Probolinggo yang bisa dikunjungi.

Rekomendasi tempat wisata di Probolinggo

1. Sumber Mata Air Sentong

Sumber Mata Air Sentong ialah sumber mata air yang kerap dikunjungi oleh wisatawan jika sedang berada di Kota Probolinggo.

Sumber mata air ini menarik lantaran tidak pernah kering meski sedang musim kemarau panjang.

Dilansir dari laman Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Probolinggo, di tempat ini wisatawan bisa belajar cara memancing ikan atau sekadar duduk santai di tepi sumber mata air.

Wisatawan yang tertarik dengan wisata sejarah bisa datang ke Museum Probolinggo. Lokasinya ada di Jalan Suroyo Nomor 25, Tisnonegaran, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo, Jawa Timur.

Museum Probolinggo menyimpan peninggalan masa lalu Probolinggo berupa artefak, uang kertas, replika patung, dan benda pusaka. 

Habib mengatakan, di Probolinggo ada tempat wisata religi yang hanya ada dua di dunia. Namanya Gereja Merah.

"Gereja Merah ini hanya ada dua di dunia, satu di Belanda, dan satu lagi di Probolinggo," katanya.

Di Probolinggo, Gereja Merah beralamat di Jalan Suroyo Nomor 32, Tisnonegaran, Kecamata Kanigaran, Kota Probolinggo, Jawa Timur.

Gereja peninggalan Belanda ini dibangun oleh Pendeta Pati Rajawane pada 1862, dilansir dari laman resmi Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo.

Sementara itu, gereja serupa yang ada di Den Haag, Belanda, saat ini telah beralih fungsi menjadi bar.

Pantai Bentar, Probolinggo, Jawa Timur punya daya tarik dari segi ombak yang relatif tenang, serta hamparan pasir halus yang luas.

Di pantai ini wisatawan dapat menyusuri jembatan kayu yang panjang berada di atas air laut.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Sabtu (29/10/2022), beeberapa aktivitas di Pantai Bentar yang bisa dicoba, seperti bermain air, berkemah, serta kulineran di sekitar pantai.

Tidak hanya itu, Pantai Bentar juga punya pemandangan sunset (matahari terbenam) dan sunrise (matahari terbit) yang bagus. Maka dari itu, jangan lewatkan mengabadikan momen di tempat ini jika berkunjung ke Probolinggo.

https://travel.kompas.com/read/2023/09/01/204700727/4-rekomendasi-wisata-di-probolinggo-ada-museum-dan-gereja-merah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke