Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata Gunung Bromo Buka Lagi 19 September 2023, Pendakian Semeru Masih Tutup

MALANG, KOMPAS.com - Pasca kebakaran hutan dan lahan seluas 504 hektar di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) selama 10 hari, kini jalur wisata di kawasan tersebut sudah dibuka per hari Selasa (19/9/2023) pukul 00.01 WIB.

Pembukaan itu, berlaku di semua jalur, baik dari melalui pintu masuk Coban Trisula Kabupaten Malang, Wonokitri Kabupaten Pasuruan, Cemorolawang Kabupaten Probolinggo, dan Senduro Kabupaten Lumajang.

Namun, tidak semua kawasan dibuka untuk wisata. Satu yang masih tutup adalah pendakian Gunung Semeru.

"Sedangkan untuk pendakian Gunung Semeru masih ditutup karena tingkat aktivitas gunung api masih pada Level III atau Siaga," terang Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar (BB) TNBTS, Septi Eka Wardhani melalui keterangan tertulisnya, Senin (18/9/2023).

Adapun penutupan pendakian gunung tertinggi di Pulau Jawa ini sudah berlangsung sejak 3 Juli 2021 karena pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat.

Penutupan berlanjut hingga sekarang karena aktivitas vulkanik yang meningkat dan belum mereda.

Mengenang pendakian Gunung Semeru

Saat masih dibuka untuk pendakian, para pendaki Gunung Semeru memulai perjalanan dari Ranu Pani di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Sepanjang perjalanan, pendaki akan disuguhi keindahan panorama alam, salah satunya adalah Ranu Kumbolo.

Danau di ketinggian 2.389 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini biasanya jadi tempat berkemah pendaki.

Biasanya, para pendaki akan menyambut datangnya sunrise atau matahari terbit di Ranu Kumbolo, sebelum melanjutkan perjalanan.

Selanjutnya, pendaki akan melalui Tanjakan Cinta, Oro-oro Ombo, Cemara Kandang, hingga camping ground terakhir di Pos Kalimati.

https://travel.kompas.com/read/2023/09/19/070700827/wisata-gunung-bromo-buka-lagi-19-september-2023-pendakian-semeru-masih-tutup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke