Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sepekan Setelah Diguncang Gempa, Maroko Mulai Didatangi Turis

KOMPAS.com - Kota kuno Marrakech atau Marrakesh di Maroko, Afrika Utara mulai menyambut kembali para turis, setelah diguncang gempa pada 8 September lalu.

Adapun gempa berkekuatan 7 skala richter tersebut menyebabkan sekitar 3.000 orang meninggal dunia dan 6.125 orang luka-luka, serta menimbulkan kerusakan pada situs wisaga dan sejarah di situs Warisan Dunia UNESCO ini.

Salah satu destinasi yang mengalami kerusakan adalah kawasan kota tua Madinah, yang dikenal dengan tembok-tembok kuno dan gang sempit, serta alun-alum dan psar Jemaa el-Fna yang populer.

Menurut Institut Geofisika Nasional Maroko, gempa tersebut adalah gempa terkuat yang melanda Maroko dalam satu abad terakhirm

Kini, sejumlah turis mulai kembali berkunjung. 

"Wisatawan dalam jumlah besar saat ini mengunjungi sebagian besar monumen bersejarah kota dalam jumlah besar," ujar pemandu wisata Mohammad al-Rouweisi kepada Anadolu, seperti dikutip Kompas.com, Jumat (22/9/2023).

Sebagai langkah keamanan bagi penduduk dan turis, para pasukan keamanan memasang pembatas di sekitar bangunan dan tembok-tembok yang rusak.

Menurut al-Rouweisi, ini adalah waktu yang tepat bagi Kota Merah untuk mendapatkan momentum pemulihan. 

"Alun-alun Jemaa el-Fna telah kembali beraktivitas setelah sempat terhenti akibat gempa," ucapnya. 

Sementara itu, hal serupa diungkapkan oleh Menteri Pariwisata Maroko, Fatim-Zahra Ammor.

Ammor mengunjungi Marrakesh dan wilayah Al Haouz untuk meninjau situasi fasilitas dan atraksi wisata yang terdampak gempa.

Ia menegaskan bahwa aktivitas wisata di sana telah kembali ke ritme normal, seperti dikutip dari Morroco World News. 

Ketika mengunjungi beberapa tempat wisata di dua tempat tersebut, ia menunjukkan bahwa sebagian besar tempat menunjukkan ketahanan yang baik dalam menghadapi situasi gempa, meskipun beberapa di antaranya mengalami kerusakan yang memerlukan perbaikan.

Saat bertemu dengan penduduk, ia mengaku menyaksikan optimisme mereka untuk kembali pulih. 

"Madinah tetap mempesona seperti biasanya, kehidupan telah kembali normal, dan para turis berjalan-jalan di jalan-jalan Kota Merah," ucapnya dalam sebuah unggahan di Instagram. 

https://travel.kompas.com/read/2023/09/22/140236027/sepekan-setelah-diguncang-gempa-maroko-mulai-didatangi-turis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke