Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pameran Jejak Memori: Hikayat Tarekat Mason Bebas di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran Jejak Memori bertajuk "Hikayat Tarekat Mason Bebas Di Indonesia" digelar di Museum Taman Prasasti, Jakarta Pusat, hingga Selasa (7/11/2023).

Hadirnya pameran ini berangkat dari banyaknya masyarakat yang kembali menelusuri jejak sejarah keberadaan Tarekat Mason Bebas (Freemason) di Indonesia.

Dalam hal ini, Museum Taman Prasasti menjadi salah satu yang merasakan perkembangannya.

"Banyak pengunjung yang mulai mencari jejak Freemason maka dari itu melalui pameran ini ingin mengenalkan kepada pengunjung bahwa di antara banyaknya makam yang ada di Taman Prasasti, beberapa di antaranya merupakan makam anggota Freemason," kata pemandu Museum Taman Prasasti, Yudi kepada Kompas.com, Rabu (1/11/2023).

Sebagai infomasi, Freemason ialah sebuah organisasi persaudaraan yang identitasnya bersifat rahasia. Organisasi ini diyakini menjunjung tinggi persamaan untuk semua orang, serta memperhatikan aspek kesejahteraan.

Di samping itu, kata Yudi, bukan rahasia umum bahwa identitas anggota Freemason kerap dikaitkan dengan stigma negatif oleh masyarakat.

Terlepas dari hal itu, kata Yudi, pameran ini hadir bukan bertujuan untuk membuktikan kebenaran stigma Freemason, melainkan ingin mengenalkan secara singkat kepada masyarakat mengenai organisasi Freemason, dan keberadaan makam anggota Freemason di Museum Taman Prasasti.

"Kebenaran mengenai stigma Freemason, itu tergantung kepada sudut pandang pengunjung. Bagaimana kaca mata pengunjung dalam melihat sejarah," kata Yudi.

Pada pameran ini, pengunjung nantinya akan diceritakan mengenai sejarah Freemason di Indonesia dari masa VOC hingga Indonesia merdeka, serta aktivitas sosial yang tercatat oleh sejarah.

Tidak hanya itu, ada juga informasi mengenai tokoh-tokoh nasional yang disinyalir menjadi anggota Freemason.

"Keberadaan makam anggota Freemason di sini (Museum Taman Prasasti) dibuktikan dengan lambang Freemason yang tertera di batu nisan," tutur Yudi.

  • 11 Koleksi Budaya Pemakaman di Indonesia di Museum Taman Prasasti
  • Pengalaman Jelajah Malam di Museum Taman Prasasti, Lihat Makam Kuno

Masyarakat yang ingin mengetahui lebih detail mengenai keberadaan Freemason di Indonesia, bisa langsung datang ke Museum Taman Prasasti Jakarta.

Museum ini beralamat di Jalan Tanah Abang I Nomor 1, Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat. Jaraknya sekitar 700 meter dari Halte Monas.

Museum Taman Prasasti Jakarta buka setiap Selasa sampai Minggu, mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB.

Tiket masuk pameran sudah termasuk tiket masuk museum. Pengunjung dewasa tarif tiketnya mulai dari Rp 5.000 per orang, pengunjung mahasiswa tarif tiketnya mulai dari Rp 3.000, dan pengunjung anak-anak tarif tiketnya Rp 2.000 per orang.

https://travel.kompas.com/read/2023/11/01/190900327/pameran-jejak-memori-hikayat-tarekat-mason-bebas-di-indonesia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke