Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga Tiket dan Jam Buka Kano Mangrove Baros Yogyakarta, Gratis Pemandu

KOMPAS.com  - Menyusuri sungai naik kano menjadi salah satu aktivitas wisata yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Yogyakarta. Salah satunya adalah Wisata Kano Mangrove Baros.

Ketua Pengelola Wisata Kano Mangrove Baros, Ari Saputro mengatakan, wisatawan akan diajak menyusuri Sungai Baros selama 30 menit hingga satu jam, menggunakan kano.

“Konsep Wisata Kano Mangrove Baros adalah wisata susur sungai dan edukasi alam,” ujar Ari saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (25/11/2023).

  • Kano Mangrove Baros Yogyakarta, Susur Sungai Sambil Lihat Sunset 
  • Rebranding Destinasi Wisata Kotabaru di Yogyakarta Ditargetkan Selesai 5 Tahun Lagi

Meskipun baru buka pada 7 Agustus 2022 lalu, Wisata Kano Mangrove Baros sangat viral di media sosial. Jika kamu penasaran, lokasinya berada di Kalurahan Tirtohargo, Kretek, Bantul, Yogyakarta.

“Lokasi kami ada di sebelah barat Jembatan Kretek 2, sekitar 300 meter, tepat di penggir jalan lintas selatan,” tutur Ari.

Menariknya, sepanjang perjalanan wisatawan bisa menjumpai hutan mangrove, pohon cemara, tanaman herbal, pohon pandan, bangunan irigasi peninggalan Belanda, dan panorama matahari terbenam (sunset).

“Wisatawan juga bisa melihat hewan liar, karena kawasan ini adalah area konservasi, jadi hewan dan tumbuhan benar-benar dijaga,” jelasnya.

Bagi wisatawan yang tidak bisa berenang, Ari mengimbau tidak perlu khawatir karena akan disediakan perlengkapan keamanan, seperti helm, pelampung, dan sepatu. Selain itu, wisatawan akan ditemani pemandu selama perjalanan.

“Jangan khawatir tidak bisa kano atau tidak bisa berenang, karena ada pemandu yang siap mendampingi, mengajari, dan mengawasi. Bahkan, kalau wisatawan tidak kuat, pemandu siap menarik, untuk rescue (penyelamatan),” tuturnya.

Sebelum menjajal keseruan naik kano menyusuri Sungai Baros, simak dulu informasi harga tiket dan jam buka Wisata Kano Mangrove Baros, sebagai berikut. 

Harga tiket Wisata Kano Mangrove Baros 

Harga tiket Wisata Kano Mangrove Baros dibagi menjadi dua kategori, yakni paket Rp 25.000 dan Rp 50.000 per orang.

Untuk paket senilai Rp 25.000, wisatawan akan diajak menyusuri Sungai Baros selama 30 menit. Selain itu, wisatawan mendapatkan fasilitas kano, dayung, pelampung, helm, sepatu, dan pemandu. 

Sepanjang perjalanan, wisatawan bisa menyaksikan pemandangan pohon cemara.

  • Libur Akhir Tahun, Yogyakarta Diprediksi Kedatangan 1 Juta Wisatawan
  • 6 Aktivitas Wisata di Agrowisata Bhumi Merapi Yogyakarta

Sementara itu, paket senilai Rp 50.000 mencakup perjalanan menyusuri Sungai Baros selama satu jam. Serupa, wisatawan mendapatkan fasilitas kano, dayung, pelampung, helm, sepatu, dan pemandu, ditambah dengan gratis air mineral dan mi instan.

Bedanya, wisatawan bisa menyaksikan lebih banyak panorama, meliputi pohon cemara, banguanan irigasi peninggalan Belanda, kawasan hutan mangrove, tumbuhan herbal, pohon pandan, dan panorama sunset.

Ari mengimbau wisatawan yang ingin menjajal Wisata Kano Mangrove Baros, wajib melakukan reservasi lewat nomor kontak yang tertera di akun Instagram, @kano.mangrove. Pembayaran tiket dilakukan langsung saat hendak naik kano di hari H, tanpa uang muka (down payment/DP).

 “Untuk reservasi Sabtu- Minggu, kami sarankan H-5 atau H-5 sudah reservasi, karena biasanya H-4 saja sudah penuh untuk akhir pekan,” katanya.

Ari menuturkan, jika kondisi Sungai Baros tidak memungkinkan untuk naik kano, maka pihak pengelola akan membatalkan reservasi demi faktor keamanan. Wisatawan akan diinfokan mengenai pembatalan H-1 sebelum jadwal susur sungai. 

Obyek wisata ini buka setiap hari. Jam buka Wisata Kano Mangrove Baros dari mulai pukul 08.00 WIB sampai 15.00 WIB.

“Pukul 15.00 WIB waktu untuk start terakhir,  karena kalau start terlalu sore maka selesainya bisa malam. Kalau start terakhir pukul 15.00 WIB bisa selesai 17.00 WIB,” jelas Ari.

Menurutnya, pihak pengelola tidak kaku dalam mematok waktu 30 menit atau satu jam lantaran menyesuaikan fisik wisatawan.

“Fisik setiap orang beda-beda, kalau matok durasi satu jam harus kembali lagi, biasanya wisatawan enggak mampu fisiknya, jadi risikonya malah tinggi,” tuturnya.

https://travel.kompas.com/read/2023/11/25/224747627/harga-tiket-dan-jam-buka-kano-mangrove-baros-yogyakarta-gratis-pemandu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke