Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tiket Pesawat Mahal, Wisatawan Bisa Manfaatkan Promo

KOMPAS.com - Menyikapi mahalnya harga tiket pesawat rute domestik saat ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong masyarakat Indonesia, khususnya wisatawan untuk memaksimalkan promo dari agen perjalanan.

"(Mahalnya tiket pesawat) masih (menjadi isu), tolong didalami beberapa fasilitas promo yang sudah dijalankan oleh agen perjalanan online, tur operator, dan para penyedia layanan," kata Sandiaga saat ditemui di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (11/12/2023).

Ia melanjutkan, apabila promo tersebut lebih didalami, terdapat banyak penawaran tiket pesawat yang masih terjangkau.

Sandi mengakui bahwa tiket pesawat untuk rute-rute tertentu seperti tujuan Bali dan Indonesia bagian timur masih tergolong mahal.

Akan tambah jumlah penerbangan

Maka dari itu, sebagai upaya mengatasi mahalnya harga tiket pesawat, Sandiaga menyebutkan bahwa pihaknya akan menambah jumlah penerbangan.

Diberitakan oleh Kompas.com (2/11/2023), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut faktor terbesar penyebab mahalnya harga tiket pesawat yakni karena naiknya harga bahan bakar avtur.

Selain itu, industri penerbangan yang saat ini belum pulih sepenuhnya pascapandemi Covid-19 juga turut mempengaruhi harga tiket pesawat.

Dalam kesempatan yang sama, juga disampaikan bahwa mahalnya harga tiket pesawat rute domestik tidak berpengaruh terhadap jumlah pergerakan wisatawan nusantara.

"Tidak (berpengaruh), karena mayoritas dari pergerakan wisatawan nusantara lebih dari 80 persen melalui jalur darat," katanya.

Dilansir dari data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pergerakan wisnus hingga September 2023 mencapai angka 626 juta pergerakan.

Angka tersebut terpantau masih jauh dari target total 1,2 sampai 1,4 miliar pergerakan wisnus pada 2023.

Menparekraf menargetkan bisa memaksimalkan pergerakan wisnus pada momen Natal dan Tahun Baru (Nataru), dengan total target mencapai angka 200 hingga 250 juta pergerakan.

https://travel.kompas.com/read/2023/12/12/150300927/tiket-pesawat-mahal-wisatawan-bisa-manfaatkan-promo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke