Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wujud Taman Balekambang di Kota Solo usai Revitalisasi, Makin Indah

KOMPAS.com - Taman Balekambang Solo yang berada di Jalan Balekambang, Manahan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah, telah menyelesaikan proses revitalisasi dengan renovasi besar-besaran senilai Rp 154,7 miliar. 

Proses ini mempertahankan keberadaan pohon-pohon besar dan tua untuk mempertahankan daya tarik alaminya. Konsep botanical garden dengan material batuan alam menjadikan Taman Balekambang sebagai Taman Ekologi Budaya Jawa.

Dilansir dari laman Pemerintah Kota Surakarta, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta Aryo Widyandoko mengatakan bahwa pembangunan gedung kesenian dan penataan kolam telah selesai.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka juga mengatakan, proyek ini berjalan sesuai rencana meskipun ada beberapa perbaikan yang diperlukan.

Diharapkan taman ini menjadi destinasi wisata unggulan bagi masyarakat lokal dan wisatawan di Kota Surakarta.

Dengan beragam peningkatan fasilitas dan keunikan yang ditawarkan, Taman Balekambang Solo menjadi tempat yang patut dikunjungi bagi penggemar alam dan hiburan.

Saat ini, Taman Balekambang masih belum dibuka untuk umum karena proses revitalisasi masih berlangsung

Taman Balekambang dibangun pada tahun 1921 oleh raja KGPAA Mangkunegara VII. Sekarang, taman ini dibagi menjadi Partini Tuin dan Partinah Bosch.

Partini Tuin memiliki kolam resapan dan permainan wisata air, sementara Partinah Bosch adalah hutan dengan pohon-pohon langka.

https://travel.kompas.com/read/2024/03/16/130100527/wujud-taman-balekambang-di-kota-solo-usai-revitalisasi-makin-indah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke