Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Manfaat Liburan untuk Kesehatan Mental?

KOMPAS.com - Manfaat melakukan sebuah perjalanan untuk liburan dan bertemu orang baru dapat berdampak positif pada kesejahteraan emosional.

Mengubah rutinitas harian pada akhir pekan dapat membantu mengubah pola pikir dan meringankan stress dari kesibukan sehari-hari.

Misalnya melihat pemandangan dan menghirup udara segar pegunungan bisa membuat pikiran menjadi relax. 

Simak manfaat liburan untuk kesehatan mental berikut ini, dikutip dari Lonely Planet.

Berenang di laut, menaiki gunung, lebih dekat dengan alam akan meningkatkan suasana hati. Terhubung dengan alam adalah kunci mengurangi gejala stres, kecemasan, dan depresi.

Aktivitas wisata ini dapat dilakukan di kota sendiri tanpa harus ke luar kota, masukkan perjalanan ekoterapi ini saat liburan.

2. Keluar dari zona nyaman

Menjelajahi kota sendiri, luar kota, bahkan luar negeri, beristirahat dari rutinitas dapat membantu memutus siklus negatif, membantu keluar dari kebiasaan dan melihat dunia luar atau keluar dari zona nyaman.

3. Memberikan perspektif berbeda

Mengalami budaya berbeda dapat membuka mata terhadap cara hidup baru. Sesuatu yang sederhana seperti mempelajari hal baru atau mengubah cara menghabiskan waktus senggang dapat memiliki efek dramatis dalam kesejahteraanmu.

Traveling dapat membawa pemikiran baru, berpotensi menginspirasi untuk membuat perubahan positif.

4. Meningkatkan kreativitas

Terbukti secara ilmiah bahwa pengalaman baru terutama memungkinkan untuk belajar kebudayaan yang berbeda akan meningkatkan neuroplastisitas otak, dan meningkatkan kreativitas dalam prosesnya.

5. Menurunkan tingkat stress

Terkadang yang dibutuhkan tubuh dan pikiran adalah istirahat, bersantai duduk-duduk berjemur di matahari pagi dapat menghilangkan stres.

Vitamin D dapat meningkatkan suasana hati dan meningkatkan pelepasan serotonin otak yang disebut 'hormon bahagia'.

Meninggalkan stres kerja dan rutinitas sehari-hari dengan tidur siang, berjalan-jalan santai, membuat kesehatan mental menjadi baik.

Menghabiskan waktu jauh dengan teman dan orang yang dicintai dapat menambah perasaan baik, sementara perjalanan solo dapat menyegarkan rasa kemandirian.

6. Meningkatkan kepercayaan diri

Liburan menantang tidak hanya melewati penjelajahan alam, tetapi bisa juga dengan tantangan kendala bahasa, tersesat atau perbedaan budaya membuat kita mau tidak mau mengatasinya, menumbuhkan kepercayaan diri dan mengelola rasa cemas.

7. Tindakan merawat diri

Ketika merasa sedih, mudah untuk merasa bersalah atau tidak layak mendapatkan hal baik, kamu bisa melakukan perjalanan dan memanjakan diri seperti staycation atau liburan.

Selain fokus dan kegembiraan merencanakan perjalanan, dapat memberikan kebebasan untuk melakukan apa yang kita sukai, dan meluangkan waktu untuk beristirahat.

Traveling bukan hanya hobi menyenangkan tetapi merupakan bagian penting dari menumbuhkan pola pikir sehat dan positif.


https://travel.kompas.com/read/2024/03/20/190500627/apa-manfaat-liburan-untuk-kesehatan-mental-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke