Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

15 Kapal Pesiar dari Luar Negeri Angkut 11.912 Pengunjung ke TN Komodo, Januari-Maret 2024

LABUAN BAJO KOMPAS.com - Kantor Imigrasi Labuan Bajo melayani kedatangan 15 kapal pesiar yang bersandar di Pulau Komodo dan Pulau Rinca, Taman Nasional (TN) Komodo, selama periode bulan Januari hingga Maret 2024.

Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian Oktavianus Malisan menjelaskan, 15 kapal pesaiar tersebut tercatat membawa 11.912 turis asing dan 6.865 awak kapal.

“15 kapal pesiar ini kebanyakan datang dari negara Australia diukuti dengan Timor-timur, Papua Niugini, dan Malaysia,” jelas Pktavianus dalam keterangan tertulis, Selasa (26/3/2024).

Ia melanjutkan, kapal-kapal pesiar tersebut datang lalu bersandar di Pulau Komodo dan Pulau Rinca.

Pemeriksaan di atas kapal

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Labuan Bajo, Jaya Mahendra menambahkan, Kantor Imigrasi Labuan Bajo memiliki TPI Laut.

Fungsinya adalah, melaksanakan proses pemeriksaan keimigrasian atau immigration clearance terhadap seluruh penumpang dan awak kapal pesiar yang datang di Labuan Bajo.

“Untuk semakin memudahkan penumpang kapal pesiar yang berlabuh di Labuan Bajo, Kantor Imigrasi Labuan Bajo juga melakukan pemeriksaan langsung diatas kapal," sambung Mahendra.

Ia melanjutkan, program itu bernama Immigration on Shipping yang mempersingkat waktu dan memangkas antrean kedatangan pelabuhan.

Ia mengatakan, kedatangan kapal pesiar di Labuan Bajo tentunya menjadi kebahagiaan tersendiri bagi warga lokal pulau Komodo dan Rinca, sebab berdampak langsung terhadap ekonomi warga sekitar.

https://travel.kompas.com/read/2024/03/26/160400827/15-kapal-pesiar-dari-luar-negeri-angkut-11.912-pengunjung-ke-tn-komodo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke