Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Tempat Wisata di Bandung untuk Anak, Cocok Saat Libur Lebaran

KOMPAS.com - Bandung merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, terutama bagi keluarga yang ingin merayakan Lebaran dengan suasana berbeda. 

Kota Bandung juga pas dikunjungi bersama keluarga, terutama yang membawa anak. Ada banyak tempat wisata yang pas untuk anak-anak.

Berikut beberapa tempat wisata di Bandung yang dapat dikunjungi selama liburan Lebaran, yang dikutip dari Kompas.com dan Tribunews.com, Senin (1/04/2024).

1. Dago Dreampark

Dago Dreampark di Bandung adalah sebuah tempat wisata keluarga yang menawarkan beragam wahana dan aktivitas rekreasi. 

Pengunjung dapat menikmati berbagai wahana seperti flying fox dan ATV dengan pemandangan alam yang indah.

Selain wahana rekreasi, Dago Dreampark juga memiliki area taman yang luas dan hijau, serta spot-spot menarik untuk berfoto. 

Dikutip dari Kompas.com, Senin (1/04/2024) Tiket masuk Dago Dreampark mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 35.000. 

Tarif ini belum termasuk wahana yang ingin dicoba. Harga tiap wahana di Dago Dreampark berbeda-beda, mulai Rp 20.000 hingga Rp 100.000, tetapi ada juga yang gratis, seperti Kampung Dayang Sumbi dan Anti-Gravity.

Dago Dreampark berlokasi di Jalan Dago Giri Nomor km 2,2, Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Tempat wisata keluarga ini buka Senin-Jumat pukul 09.00-17.00 WIB dan Sabtu-Minggu atau tanggal merah pukul 08.00-18.00 WIB.

2. Farm House Susu Lembang

Farm House Susu Lembang di Bandung adalah sebuah destinasi wisata yang menawarkan pengalaman peternakan ala Eropa. 

Pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang indah sambil menikmati suasana pedesaan dengan bangunan-bangunan bergaya Belanda.

Di sini, pengunjung dapat berinteraksi dengan hewan-hewan ternak seperti domba dan kambing, serta menikmati suasana pedesaan yang tenang.

Harga tiket masuk ke Farmhouse Susu Lembang sekitar Rp 35.000 per orang dan berlaku pada saat weekday serta weekend.

Tempat wisata ini buka mulai pukul 09.00 sampai 18.00 WIB pada saat weekday dan pukul 08.00 sampai 19.00 WIB pada saat weekend


3. Fairy garden

Fairy Garden by The Lodge adalah wisata di Bandung yang cocok untuk keluarga dan anak-anak. Pengunjung dapat menikmati pemandangan berbagai bangunan dengan tema dunia peri.

Program eduwisata Fairy Garden mencakup kegiatan berkebun, adventure hunt, melukis, panahan, berkuda, trampoline, dan sepeda listrik. 

Harga tiket masuk untuk satu wahana dimulai dari Rp 25.000, dan tersedia juga paket wisata dengan harga berkisar antara Rp 85.000 hingga Rp 145.000. Fairy Garden buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

Terletak di Jalan Maribaya Timur 1, Cibodas, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat, Fairy Garden adalah pilihan yang bagus untuk liburan keluarga.

4. Kota mini lembang

Keluarga dapat menikmati beragam wahana di Kota Mini Lembang, terutama anak-anak yang dapat mencoba berbagai profesi menarik. 

Wahana-wahana tersebut antara lain police, choco train, barista bar, cooking class, art corner, dan outbound dengan harga tiket mulai dari Rp 25.000. 

Kota Mini Lembang terletak di Jalan Grand Hotel Nomor 33E, Lembang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Tempat wisata ini buka setiap Senin-Jumat dari pukul 09.00 hingga 18.00 WIB. Sabtu-Minggu, buka dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.


5. Taman Hutan Babakan Siliwangi

Jika Anda mencari tempat wisata alam di Bandung yang berlokasi dekat pusat kota, Hutan Kota Babakan Siliwangi bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Terletak di Jalan Tamansari nomor 90, Kecamatan Coblong, Bandung, hutan ini dekat dengan kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Simpang Dago.

Babakan Siliwangi buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Tidak ada tiket masuk yang harus dibayar untuk menjelajahi kawasan ini, sehingga pengunjung dapat masuk secara gratis.

Hutan Kota Babakan Siliwangi memiliki jalur khusus pejalan kaki di tengah hutan yang dikenal sebagai forest walk, membentang sepanjang dua kilometer.

Jalur ini terbuat dari kayu dan mengelilingi Babakan Siliwangi, sehingga pengunjung dapat bersantai menikmati udara segar di tengah hutan atau menggunakan jalur tersebut untuk berolahraga.

6. Lembang Park and Zoo

Lembang Park and Zoo terletak di Jalan Kolonel Masturi Nomor 171, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.

Tempat ini memiliki koleksi binatang yang berjumlah sekitar 350 ekor, termasuk berbagai jenis unggas, mamalia, primata, dan reptil. 

Dengan harga tiket sebesar Rp 50.000 pada hari kerja dan Rp 70.000 pada akhir pekan, pengunjung dapat menikmati seluruh koleksi binatang.

Selain melihat binatang, pengunjung juga dapat merasakan pengalaman menunggang kuda, memanah, naik perahu, dan bermain di mini waterpark. 

Lembang Park & Zoo buka pada hari biasa dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB, sedangkan pada Sabtu dan Minggu buka dari pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.


7. Saung Angklung Udjo

Jika ingin mengajarkan anak-anak tentang alat musik tradisional Jawa Barat, mengajak mereka berkunjung ke Saung Angklung Udjo bisa menjadi pilihan tepat.

Menurut informasi dari laman resminya, anak-anak dapat belajar banyak tentang alat musik angklung dan menonton pertunjukan musik.

Lokasinya berada di Jalan Padasuka Nomor 118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat. 

Pengunjung domestik dapat menikmati berbagai keseruan ini dengan membayar tiket masuk seharga Rp 60.000 per orang. Sementara turis asing, tiket masuknya Rp 100.000 per orang. 

Jam operasionalnya cukup fleksibel karena Saung Angklung Udjo buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

8. Taman Hutan Raya Ir H Djuanda

Taman Hutan Raya Ir H Djuanda, yang juga dikenal sebagai Tahura Djuanda, terletak di Kompleks Tahura Jalan Ir H Juanda nomor 99, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Kawasan ini merupakan kawasan konservasi alam sekunder yang asri dengan berbagai jenis tanaman dan pohon pinus. Selain itu, terdapat beragam objek wisata di area ini.

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda terletak di Sub-Daerah Aliran Sungai Cikapundung dan DAS Citarum yang membentang dari Curug Dago, Dago Pakar, hingga Curug Maribaya.

Untuk masuk ke Taman Hutan Raya Ir H Djuanda, wisatawan nusantara akan dikenai biaya tiket sebesar Rp 15.000, sementara wisatawan mancanegara akan dikenakan biaya sebesar Rp 55.000. 

Pengunjung yang membawa kendaraan akan dikenakan biaya parkir, yaitu Rp 12.000 untuk roda empat dan Rp 6.000 untuk roda dua. Taman Hutan Raya Ir H Djuanda buka mulai pukul 07.30 hingga 17.00 WIB.

https://travel.kompas.com/read/2024/04/02/090900627/8-tempat-wisata-di-bandung-untuk-anak-cocok-saat-libur-lebaran

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke