Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Agenda TMII Hari Ini: Atraksi Bakar Batu Papua dan Air Mancur Menari Spesial

KOMPAS.com - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) bisa jadi tempat wisata untuk menghabiskan sisa libur Lebaran 2024. Apalagi TMII menyelenggarakan program dan atraksi menarik pada Minggu (14/4/2024). 

Dikutip dari Instagram resmi TMII, berikut berbagai acara di TMII yang digelar Minggu (1/4/2024). Simak detail waktu dan lokasinya, serta cara menuju TMII dengan transportasi umum. 

  • Libur Lebaran 2024, TMII di Jakarta Akan Gelar 8 Program
  • 10 Hotel Dekat TMII untuk Staycation Saat Libur Lebaran

1.Bakar batu khas Papua

Bakar batu khas Papua adalah cara memasak tradisonal menggunakan batu yang dibakar sebelumnya. 

Tradisi bakar batu merupakan tradisi penting yang dilakukan oleh orang Papua, bersama-sama sebagai ungkapan rasa syukur, silaturahmi, dan acara adat lainnya.

Acara ini diselenggarakan pada pukul 13.00 WIB di Plaza Lokomotif, seberang Contempory Art Galery.  

Bazar makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia, yang diselenggarakan di Sasono Manganti.

Jangan khawatir hujan, karena bazar diselengagrakan di dalam dan luar ruang. Acara ini digelar pukul 08.00-20.00 WIB. 

3. Pameran Varna Aksara dan workshop melukis

Pameran seni ini digelar di Contemporary Art Gallery (CAG) dari pujul 08.00-17.00 WIB.  

Khusus pada 14 dan 21 April, CAG memberi promo setiap pembelian tiket CAG, baik yang reguler atau bundling  akan mendapatkan gratis melukis diatas media Paper Cup.

Satu tiket masuk CAG berlaku untuk satu paper cup dan usia tidak dibatasi. 

4. Pertunjukan tarian tradisional

Anjungan Lampung, Jakarta, dan Sumatera Barat menggelar pertunjukan tari budaya bertema Soul of Youth Ragam Budaya Nusantara yang diselenggarakan pukul 16.00 WIB di depan Museum Indonesia. 

Jangan lupa hadir bersama anak-anak untuk melihat keindahan budaya seni Indonesia. 

Ada beberapa jadwal pagelaran air mancur menari di TMII pada Minggu (14/4/2024). Air Mancur Tirta Menari di gelar di Plaza Promenade (depan anjungan Yogyakarta) pukul 10.00, 13.00, dan 16.00 WIB. 

Air Mancur Tirta Renjana di selenggarakan di tempat yang sama pada pukul 18.30-18.45 WIB dan Air Mancur Tirta Cerita pada pukul 18.45 WIB. Dua air mancur menari ini adalah pertunjukan sepsial khusus Lebaran, dengan tambahan drone dan lebih megah.

Harga tiket masuk TMII


Timet masuk TMII selama periode Lebaran 2024 sebesar Rp 35.000 per orang. Pintu gerbang TMII akan buka pukul 06.00-19.00  WIB. 

Cara menuju TMII dengan TransJakarta dan LRT

TMII dapat ditempuh dengan kendaraan umum yaitu Bus TransJakarta 7D rute Kampung Rambutan-Pancoran Tugu yang berhenti di Halte TMII Pintu 3

Transjakarta nomor 7D bisa diakses dari Halte Kampung Rambutan, Masjid At-Tin, seberang Rumah Sakit Moh. Ridwan Meuraksa, Tamini Square 1, dan Pondok Gede Raya. 

Kemudian bisa juga naik dari Halte Dukuh 5, Halte Cawang UKI, Halte BNN, Halte Cawang Ciliwung, Halte Cikoko Stasiun Cawang, dan Halte Pancoran Tugu.

Supaya tidak repot naik turun bus, wisatawan bisa naik Transjakarta dari Halte Cikoko Stasiun Cawang. Lokasinya berada tepat di seberang Stasiun Cawang.

Alternatif lain, bisa menumpang LRT berhenti di Stasiun LRT TMII. Dari sana ada shuttle bus yang tersedia dari pukul 07.00-19.00 WIB dan sebaliknya 09.00-20.00 WIB. 

https://travel.kompas.com/read/2024/04/14/111828927/5-agenda-tmii-hari-ini-atraksi-bakar-batu-papua-dan-air-mancur-menarispesial

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke