Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Turis Asing Diduga Bikin Sekte Sesat di Bali, Sandiaga: Sedang Ditelusuri

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, ramai beredar di media sosial sebuah video menampilkan sejumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang diduga membuat sekte sesat di Bali.

Berdasarkan video unggahan akun Instagram @pichrich_ yang kemudian diunggah ulang oleh aktivis sosial sekaligus desainer asal Bali, Ni Luh Djelantik melalui akun instagram pribadinya @niluhdjelantik, Sabtu (11/5/2024), tampak sejumlah wisman melakukan kegiatan tidak senonoh.

Menanggapi hal ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan bahwa kasus ini sedang ditelusuri.

"Baru kali ini (kasus tersebut terjadi), sekarang kita telusuri dan kita akan tegas untuk menindak, karena ini memberikan citra yang tidak baik terhadap pariwisata Bali dan Indonesia," kata Sandiaga saat ditemui di Gedung Sasono Utomo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, Selasa (14/5/2024).

Lebih lanjut disampaikan bahwa proses penelusuran informasi masih dilakukan, sekaligus melakukan koordinasi bersama pihak kepolisian.

Menparekraf mengatakan, pihaknya juga melakukan penelusuran data beberapa figur yang terekam dalam video melalui fitur pindai wajah atau facial recognition dengan pihak imigrasi.

"Harus ada asas praduga tak bersalah karena sistem OSS (Online Single Submission) yang langsung menerbitkan beberapa izin ini, desa-desa wisata, para pemuka adat, tidak memiliki informasi terkini," ucapnya.

Ke depannya, tutur Menparekraf, pihaknya akan memberikan masukan agar kegiatan pariwisata yang dilakukan harus dikoordinasikan dengan perangkat desa adat pemuka agama, khususnya dengan penglingsir puri yang ada di Ubud.

Hal itu diharapkan dapat mewujudkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan.

Sebagai informasi, dalam video di akun Instagram Ni Luh Djelantik, terlihat banyak wisman berkumpul. Ada yang meraba dan berpelukan, ada yang mencakupkan kedua tangan di dada sembari memejamkan mata.

Beberapa wisman di video tersebut juga terlihat memejamkan mata seolah tidak sadarkan diri.

"Selama saya bertugas empat tahun (menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) ini baru pertama kali lihat, karena kita lihatnya kegiatan wisata spiritual ini sangat diminati dan selama ini tidak ada masalah," tutup Sandiaga.

https://travel.kompas.com/read/2024/05/15/191500527/turis-asing-diduga-bikin-sekte-sesat-di-bali-sandiaga--sedang-ditelusuri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke