Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tempat Lihat Hewan di Bandung untuk Wisata Anak

KOMPAS.com - Bandung merupakan destinasi wisata yang menawarkan berbagai kegiatan menarik untuk keluarga, terutama anak-anak. 

Salah satu kegiatan yang dapat dinikmati adalah melihat hewan-hewan yang menarik di beberapa tempat wisata di Bandung. 

Berikut adalah 5 tempat di Bandung yang dapat dikunjungi untuk melihat hewan dan memberikan pengalaman wisata yang menyenangkan bagi anak-anak.

1. Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung, atau Bandung Zoological Garden, menawarkan pengalaman unik bertemu dengan berbagai jenis satwa. Pengunjung dapat melihat jerapah, gajah, berang-berang cakar kecil, zebra, singa, binturong, dan harimau di tempat wisata ini. 

Selain itu, terdapat beragam zona yang bisa disinggahi pengunjung serta kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan sejumlah satwa. Fasilitas pendukung seperti wahana tunggang, taman bermain anak, dan perahu kayuh juga tersedia.

Kebun Binatang Bandung terletak di Jalan Tamansari Nomor 17, Lebak Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. 

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB. Pengunjung dapat membeli tiket masuk langsung di loket hingga pukul 15.30 WIB.

Harga tiket masuk Kebun Binatang Bandung mulai Rp 50.000 per orang untuk hari Senin-Jumat, dan Rp 60.000 per orang untuk Sabtu-Minggu. 

Tarif masuk tersebut berlaku untuk orang dewasa maupun anak-anak dengan tinggi badan di atas 80 sentimeter. Selain itu, harga tiket sudah termasuk fasilitas menonton pertunjukan satwa atau animal show di dalam kebun binatang.


2. Lembang Park and Zoo

Lembang Park & Zoo adalah tempat wisata edukasi yang menggabungkan konsep kebun binatang dan taman bermain modern. 

Dengan luas area mencapai 25 hektar, pengunjung dapat melihat sekitar 600 satwa yang ada di sana. Pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan satwa tersebut.

Lokasi Lembang Park & Zoo berada di Jalan Kolonel Masturi Nomor 171, Sukajaya, Lembang, Bandung Barat.

Untuk masuk ke Lembang Park & Zoo, harga tiketnya adalah Rp 50.000 per orang pada hari kerja dan Rp 70.000 pada akhir pekan dan hari libur nasional. 

Dengan harga tiket tersebut, pengunjung dapat menikmati semua koleksi satwa yang ada. Namun, pengunjung perlu membeli tiket tambahan untuk menikmati wahana-wahana tertentu dan memberi makan hewan. 

Anak-anak dengan tinggi di bawah 80 cm dapat masuk secara gratis. Perlu diperhatikan bahwa harga tiket masuk Lembang Park & Zoo dapat berubah sewaktu-waktu.

3. Zoomanji Bandung

Zoomanji Bandung merupakan destinasi wisata yang terletak di Kawasan Dago Dreampark, tepatnya di Jl. Dago Giri KM 2.2 Mekarwangi Lembang Bandung. 

Dengan jam operasional pada hari kerja mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore, dan pada akhir pekan mulai pukul 8 pagi hingga 6 sore, Zoomanji menawarkan pengalaman berinteraksi dengan berbagai jenis hewan yang menarik.

Salah satu keuntungan mengunjungi Zoomanji adalah pemberian pakan kepada hewan-hewan tersebut sudah termasuk dalam harga tiket masuk. Dan saat ini, Zoomanji sedang mengadakan promo tiket masuk seharga Rp 35.000 per orang.


4. Farmhouse Lembang

Farmhouse Lembang, yang terletak di Jalan Raya Lembang Nomor 108, Gudangkahuripan, Lembang, Bandung Barat, merupakan salah satu destinasi wisata populer di kawasan tersebut. 

Dikenal dengan beragam aktivitas wisata yang ramah keluarga, Farmhouse Lembang menjadi incaran wisatawan saat berkunjung ke Lembang.

Harga tiket masuk Farmhouse Lembang adalah Rp 35.000 per orang, berlaku baik pada weekday maupun weekend. 

Tiket tersebut dapat ditukar dengan susu murni di pintu masuk, dan berlaku untuk anak usia di atas dua tahun. Namun, tidak termasuk akses ke sejumlah wahana berbayar di dalam area wisata.

Farmhouse Lembang buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 18.00 WIB. Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan hewan-hewan di sana, serta memberi makan kepada mereka.

Aktivitas ini sangat cocok untuk edukasi anak-anak agar lebih dekat dengan alam. Selain itu, terdapat juga mini zoo dengan beragam koleksi hewan seperti domba, kelinci, sapi, burung hantu, burung merpati, iguana.

Untuk memberi makan hewan-hewan tersebut, pengunjung dapat membeli pakan dengan harga Rp 15.000 hingga Rp 20.000.

5. Ranca Upas

Bagi Anda yang ingin menghabiskan libur akhir pekan di Bandung dan sekitarnya, Ranca Upas bisa menjadi pilihan destinasi wisata alam yang menarik. 

Lokasi wana wisata ini berada di Jalan Raya Ciwidey-Patengan Nomor 946, Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Wana Wisata Ranca Upas buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Beberapa aktivitas wisata di sini memiliki waktu operasional tertentu, seperti wahana kolam renang yang buka setiap hari kecuali Senin dan Jumat, serta aktivitas berkemah yang bisa diakses selama 24 jam.

Tiket kunjungan ke Wana Wisata Ranca Upas untuk wisatawan yang hanya ingin berkunjung dikenakan tarif sebesar Rp 25.000 per orang. 

Selain itu, tersedia pula beragam aktivitas menarik seperti panahan, berkuda, ATV, Paint Ball, Flying Fox, dan kolam renang dengan tarif tiket yang bervariasi.

Selain itu, Ranca Upas juga menawarkan pengalaman unik berupa penangkaran rusa di tengah lapangan hijau. 

Rusa-rusa yang ada di kawasan ini sudah jinak, sehingga wisatawan dapat memberi makan dan berfoto bersama dengan mereka. 

https://travel.kompas.com/read/2024/06/17/070500127/5-tempat-lihat-hewan-di-bandung-untuk-wisata-anak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke