Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BERITA FOTO: Mengecap Pesona Miao dan Dong di Hong Kong

Kompas.com - 03/12/2009, 12:44 WIB

HONG KONG, KOMPAS.com - Enam gadis dari etnis Miao dan Dong melantunkan lagu-lagu tradisional dari kedua etnis tersebut dalam rangkaian acara World SME Expo dan Inno Design Tech Expo di Hong Kong Convention and Exhibition Centre, Kamis (3/12).

Kesan oriental sangat terasa ketika mereka menyanyikannya diiringi dengan alat musik petik tradisional yang sering disebut sanxian. Etnis Miao dan Dong adalah etnis asli Cina yang berasal dari provinsi Guizhou di barat daya Republik Rakyat Cina (RRC).

Miao dan Dong merupakan dua dari sekitar 11 etnis minoritas di Cina. Perempuan Dong yang direpresentasikan dua pasang gadis di kiri dan kanan biasa mengenakan celana panjang dan rok pendek tradisional dengan pita yang melilit betis hingga pergelangan kaki. Mereka juga terbiasa menggulung rambut mereka hingga ke atas dan mengenakan kain kepala atau memasang sejumlah ornamen perak di atas gulungannya.

Sementara itu, perempuan Miao (dua gadis di tengah) biasa menggunakan rok berlipit dengan motif yang khas. Panjangnya rok tergantung pada area tempat tinggal mereka. Pada acara-acara tertentu mereka menggunakan hiasan rambut seperti mahkota besar dan kalung bulat besar dari perak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com