Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendaki Gede-Pangrango

Kompas.com - 21/05/2010, 04:45 WIB

Kami, angkatan 2 Kompas Muda Creativity dan tim Universitas Bina Nusantara, Jakarta, mengisi liburan dengan mendaki Gunung Gede-Pangrango, Jawa Barat. Tepatnya pada 30 April-2 Mei 2010.

Gunung Gede itu salah satu tempat pendakian favorit. Hampir setiap pekan, ada pencinta alam yang mendaki puncak Gunung Gede setinggi 2.958 meter (m) dari permukaan laut (dpl).

Dengan persiapan matang, kami meluncur ke tempat pertemuan, menumpang busway ke Terminal Kampung Rambutan, lanjut ke arah Cibodas. Tengah malam, kami tiba di Gunung Putri, starting naik Gunung Gede.

Perjalanan pun dimulai, dan 30 menit kemudian, kami tiba di pos Gunung Putri untuk registrasi agar diketahui siapa saja yang masuk wilayah Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango.

Trek Gunung Putri lurus langsung ke atas, jalannya terjal. Kami istirahat di pos pertama, shalat subuh sambil menghangatkan badan. mengumpulkan tenaga. Sayup-sayup terdengar kicauan burung, dan matahari menembus celah-celah hutan.

Tujuan pertama kami Surya Kencana, dataran seluas 50 hektar yang ditutupi bunga edelweiss di ketinggian 2.750 m dpl. Perjalanan ke Surya Kencana menghabiskan sekitar 4 jam.

Menikmati pemandangan Surya Kencana adalah sajian yang diberikan alam. Makin lengkap dengan hamparan bintang dan terang bulan pada malam hari.

Esoknya, saat mentari pagi menjelang, kami bersiap ke puncak Gunung Gede. Sayang, indahnya pemandangan dari puncak gunung ini berkurang karena kabut turun. Namun, semangat kami untuk menjadi sahabat bumi tetap membara.

(MuDA Creativity 2:Tasya Inanda)

Greenm For Future

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com