Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biksu-biksu Thailand Batal ke Borobudur

Kompas.com - 24/05/2010, 19:38 WIB

BOROBUDUR, KOMPAS.com — Konflik politik di negeri gajah Thailand ternyata berdampak pada kunjungan para biksu ke Candi Borobudur untuk merayakan Waisak.

"Hanya sekitar 30 persen dari 150 biksu Thailand yang setiap tahun rutin merayakan Waisak di Borobudur yang akan hadir pada Waisak tahun ini," kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Jawa Tengah David Hermanjaya seusai prosesi persemayaman air suci Waisak di altar utama pelataran Candi Borobudur, di Borobudur, Senin (24/5/2010).

Ia mengatakan, jam malam masih diberlakukan oleh Pemerintah Thailand sehingga sebagian besar biksu tidak bisa melakukan perjalanan ke Indonesia untuk merayakan Waisak di Candi Borobudur.

Puncak perayaan Waisak akan jatuh pada Jumat (28/5/2010), ditandai dengan meditasi detik-detik Waisak 2010 pada pukul 06.07.03 WIB oleh umat Buddha.

Hari Waisak merupakan perayaan tiga peristiwa suci bagi umat Buddha, yakni kelahiran Sidharta Gautama, pencapaian penerangan sempurna Buddha Gautama, dan mangkatnya Sang Buddha.

Ia mengatakan, sekitar 10.000 umat Buddha akan merayakan Waisak 2010 di candi Buddha terbesar di dunia yang juga warisan peradaban dunia itu. Mereka berasal dari sejumlah daerah di Indonesia dan negara-negara yang mayoritas penduduknya beragama Buddha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com