Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayam Goreng Kalasan Ny Winarsi

Kompas.com - 25/01/2011, 07:46 WIB

KOMPAS.com - Ayam Goreng Kalasan Ny. Winarsi? Hmmm... sering dengar tapi belum pernah mencoba. Makanya kali ini kami sengaja datang ke daerah Jatinegara untuk makan ayam goreng Kalasan ala Ny. Winarsi yang sudah memulai bisnis kulinernya sejak tahun 1998.

Tempatnya tidak susah kok dicari, ada di Jalan Raya Jatinegara Timur. Sepanjang jalan ini banyak sekali rumah makan. Begitu sampai, kami langsung duduk dan pesan, dan tak lama kemudian Tante Winarsi menghampiri kami menawarkan menu andalan beliau, yaitu ayam goreng kalasan, soto betawi, dan sayur asem. Nasinya pun ada dua pilihan, nasi uduk dan nasi putih. Kami pilih yang paket, isinya satu ayam, nasi uduk/putih, tahu dan tempe goreng. Kemudian kami juga pesan soto betawi. Kemudian minumnya kami pesan es cendol.

Yang pertama datang adalah sotonya dulu, langsung kami cicipi. Rasanya... gurih dan lezat. Enak lho. Kalau Anda kesini mesti cobain soto betawinya. Daging sapi di sotonya empuk, tidak keras. Dan rasa ayam goreng kalasannya tidak kalah enaknya. Ayamnya ayam kampung, rasanya gurih dan ada sedikit rasa manisnya.

Daging ayamnya juga empuk... enak banget. Nah yang unik lagi es cendolnya, karena cendolnya berwarna cokelat bukan hijau seperti pada umumnya, kemudian cendolnya di campur dengan tape ketan hitam dan gula jawa cair... hmmm... enakk, segar dan manisnya pas. Soal harga juga standar kok, tidak mahal.

He-he... tidak rugi jauh-jauh datang ke Jatinegara untuk berwisata kuliner di Ayam Goreng Kalasan Ny Winarsi. (Ita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com