Menjaga Tradisi di Bantaran Cisadane

Kompas.com - 16/07/2011, 08:16 WIB
EditorI Made Asdhiana

PERAYAAN Pecun di Tangerang, Banten, diperkirakan sudah berlangsung sejak 1910. Pecun berarti upaya pencarian dengan menggunakan perahu. Perayaan ini dikaitkan dengan penghormatan terhadap jasad seorang menteri yang sangat jujur dan setia bernama Cu Yuan, yang menjatuhkan diri ke dalam sungai. Cara itu dilakukan setelah ia mendengar berita hancurnya ibu kota Cho, tempat bio (kelenteng) leluhurnya hancur lebur diserbu orang Chien.

Pecun yang merupakan salah satu tradisi warga Tionghoa, jatuh setiap tanggal 5 bulan 5 penanggalan Imlek, yang pada tahun ini jatuh pada 6 Juni 2011. Perayaan Pecun yang diselenggarakan oleh perkumpulan Boen Tek Bio serta mendapat dukungan penuh dari pemerintah kota setempat ini mengangkat tema ”Keanekaragaman Cermin Persatuan” sebagai bentuk dari akulturasi kebudayaan Tionghoa Tangerang dengan penduduk setempat. Perayaan ini berlangsung di Jalan Kali Pasir dan Jalan Benteng tepat di bantaran Kali Cisadane.

Perayaan Pecun diisi dengan berbagai kegiatan, seperti lomba dayung perahu naga, atraksi barongsai dan liong, pertunjukan gambang kromong, mendirikan telur, serta upacara persembahyangan Twang Yang dan pelepasan bebek ke Sungai Cisadane dengan maksud membuat hidup orang terbebas dari kesialan serta dapat melanjutkan kehidupan dengan damai dan tenteram.

Tak dapat dipungkiri kemeriahan perayaan Pecun jauh berkurang apabila dibandingkan dengan masa-masa sebelumnya. Meskipun demikian, patut diapresiasi upaya yang dirintis kembali oleh Perkumpulan Boen Tek Bio dan Pemerintah Kota Tangerang. Upaya pelestarian budaya Tionghoa serta mengembalikan ruh kemeriahan Pecun yang dikemas dalam Festival Cisadane ini diharapkan mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan dalam dan luar negeri. (PRIYOMBODO)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X